Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 6 Cara Memasarkan Produk dengan Baik dan Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
24 May 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara memasarkan produk yang efektif.

Di masa pandemi ini banyak usaha yang harus gulung tikar karena lesunya pasar. Kalau ingin bertahan kamu harus tahu cara memasarkan produk yang efektif. Banyak cara yang masih bisa kamu lakukan kalau ingin usaha tersebut tetap berjalan.

banner consideration shipping bg blue

Kamu pasti ingat bagaimana susahnya saat memulai usaha tersebut. Belum lagi waktu dan tenaga yang harus kamu korbankan. Menyerah sekarang saat belum mencoba jalan lain secara maksimal bukanlah pilihan yang bijak.

Cara untuk Memasarkan Produk yang Efektif

Untuk bisa bertahan di tengah lesunya pasar seperti saat ini, kamu harus tahu trik dan tips pemasaran. Apa sajakah strategi pemasaran efektif yang bisa dilakukan? simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Kenali Siapa Pelanggan Kamu


Tips yang pertama adalah mengenali siapa pelanggan yang menjadi target penjualan usaha produk. Bagaimana produk yang dijual bisa laku kalau kamu menyasar pelanggan yang salah. Misalnya, produk kecantikan dan skincare paling tepat dipasarkan pada kelompok pelanggan wanita usia 20-45 tahun.


Sesuaikan juga dengan keunggulan dari produk tersebut. Contohnya skincare dengan kandungan kolagen lebih efektif dipasarkan pada wanita usia di atas 30 tahun. Semakin mengenali siapa pelanggan kamu maka akan lebih mudah memasarkan produk tersebut.

2. Bangun Usaha di Tempat yang Tepat


Lokasi dimana kamu membuka usaha juga sangat berpengaruh karena akan menentukan ramai tidaknya pelanggan. Pilih lokasi usaha yang strategis dan banyak dikunjungi ataupun dilewati orang. Contohnya seperti di jalan utama, dekat sekolah, kantor, pasar dan pusat keramaian lainnya.

3. Buat Anggaran yang Realistis


Membuat strategi pemasaran tidak bisa dilakukan secara gratis. Kamu harus menyiapkan anggarannya. Buat perhitungan anggaran untuk promosi tersebut dengan jumlah yang realistis jangan terlalu memaksakan diri. Jangan sampai karena terlalu bernafsu memasarkan produk, malah membuang uang percuma. Bukan menjadi bertahan, sebaliknya usaha kamu malah bisa tutup lebih awal.

banner consideration promotion bg blue

4. Lakukan Pemasaran yang Efektif


Jangan hanya berdiam diri saja menerima keadaan kalau ingin produk kamu laku dan laris dibeli orang. Lakukan beberapa metode pemasaran baik online maupun offline semaksimal mungkin. Kamu bisa menawarkan produk langsung kepada kenalan setiap kali bertemu dengan mereka.


Atau tawarkan produk dengan cara mempostingnya di WA grup, FB, Instagram dan lainnya. Dengan cara ini kamu sudah membuat orang lain mengenal produk tersebut dan mulai memikirkan untuk membelinya.

5. Memaksimalkan Media Sosial


Seperti yang dikatakan pada poin sebelumnya, kamu harus memaksimalkan cara pemasaran langsung dan tidak langsung kepada orang lain agar mereka mengenal produk. Saat ini kita berada di kehidupan digital dimana semua orang menggunakan media sosial dalam kehidupannya sehari-hari.


Gunakan media sosial tersebut sebagai cara untuk memasarkan produk. Buat akun di beberapa media sosial yang memiliki banyak pengguna seperti FB, Instagram dan Twitter. Posting produk secara intensif dalam media sosial tersebut.

6. Bangun Toko Online


Lengkapi usaha kamu dengan membangun toko online sendiri agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dimanapun. Agar lebih profesional, kamu bisa membuat blog atau website khusus toko online sebagai tempat memasarkan semua produk. Jangan lupa lengkapi dengan foto produk yang menarik dan sebagus mungkin.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa tips dan cara memasarkan produk yang cukup mudah kamu lakukan agar usaha dan produk yang ditawarkan bisa laku di pasaran. Dengan strategi yang tepat bukan tidak mungkin usaha kamu akan sukses kembali.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.