Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Inilah 6 Cara membersihkan Panci Gosong Dengan Mudah Langsung Bersih

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Jul 2020
Clock Icon
3 menit
cara membersihkan panci gosong
Kecelakaan ketika memasak bisa terjadi kapan saja seperti halnya saat kamu lupa sedang memasak untuk menghangatkan sayur. Alhasil, sayur bukan menjadi hangat malah menjadi gosong dan meninggalkan jejak kerak di panci. Sayurnya mungkin bisa dibuat lagi, tapi panci yang gosong lumayan susah dibersihkan. Ketika panci kesayangan kamu jadi gosong. Kamu mungkin khawatir panci kamu tidak bisa digunakan lagi. Namun sekarang ada beberapa cara membersihkan panci gosong yang bisa kamu coba agar panci kembali kinclong. Berikut caranya! banner consideration shipping bg blue

1. Mengaliri Panci dengan Air Panas



Kalau kamu memiliki panci berbahan stainless kamu bisa menggunakan air panas untuk membantu menyingkirkan kerak gosong yang menempel pada panci. Caranya cukup mudah, panaskan panci yang gosong tersebut di atas kompor selama beberapa menit, lalu ketika panci sudah cukup panas, alirkan air panas ke permukaannya hingga terdengar suara air mendesis. Pada saat itulah, oleskan juga sedikit sabun cuci ke permukaan panci. Lalu gunakan sendok kayu untuk membuang noda kerak akibat terbakar. Cara ini tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket atau teflon.

2. Memanfaatkan Air Cuka 



Sama seperti cara di atas, panaskan panci dan ketika dirasa cukup panas, aliri permukaannya, terutama di bagian yang gosong dengan menggunakan semangkuk air cuka. Biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok-gosok menggunakan spatula berbahan kayu untuk menyingkirkan area panci yang terkena kerak gosong. Namun, cara ini juga tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket.

3. Merendam Panci di Air Sabun



Caranya oleskan sabun cuci piring terlebih dahulu ke panci gosong untuk membantu proses pengangkatan noda lebih cepat. Kemudian rendam panci atau wajan yang gosong di dalam air mendidih selama beberapa jam bahkan semalam penuh. 
banner consideration promotion bg blue
Setelah direndam, buang air rendaman tadi dan alirkan air hangat ke permukaan panci. Sikat panci yang gosong menggunakan scrub berbahan nilon untuk menghilangkan noda kerak yang membandel.

4. Menyikat Panci dengan Bantuan Baking Soda



Cara yang ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda gosong yang menempel pada panci kesayangan kamu. Buatlah gumpalan pasta dari baking soda yang telah dicampur dengan sedikit air hangat, lalu gunakan sikat untuk menyikat area panci yang gosong.

Sikat hingga noda gosong benar-benar bisa terkikis secara menyeluruh. Kemudian bilas dengan menggunakan hangat ketika noda telah hilang sempurna.

5. Menggunakan Dryer Sheet Sebagai Scrubber



Dryer sheet atau lembar pengering  juga bisa kamu gunakan untuk membuang noda kerak gosong yang menempel pada panci, atau wajan yang telah digunakan untuk memasak. Caranya sangat mudah, rendam panci menggunakan air hangat, lalu letakkan selembar dryer sheet hingga ke bagian dasar panci. Setelah itu, biarkan beberapa jam hingga lembar pengering ini melonggar dan bisa dijadikan sebagai scrub untuk membersihkan noda kerak.

6. Menggunakan Minuman Bersoda



Cara membersihkan panci gosong yang terakhir adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Untuk panci aluminium, kamu bisa menggunakan minuman bersoda seperti Fanta dan Coca Cola. Caranya tuangkan sedikit minuman bersoda ke dalam panci gosong. Kemudian, panaskan di kompor menggunakan api kecil. Setelah itu coba bersihkan pancinya dengan cara digosok-gosok menggunakan spatula.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah 6 cara membersihkan panci gosong yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan panci kesayangan kamu. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kamu ya! Selamat mencoba! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.