Inilah 6 Cara membersihkan Panci Gosong Dengan Mudah Langsung Bersih

02 Jul 2020 @ 16:03:36
Kecelakaan ketika memasak bisa terjadi kapan saja seperti halnya saat kamu lupa sedang memasak untuk menghangatkan sayur. Alhasil, sayur bukan menjadi hangat malah menjadi gosong dan meninggalkan jejak kerak di panci. Sayurnya mungkin bisa dibuat lagi, tapi panci yang gosong lumayan susah dibersihkan. Ketika panci kesayangan kamu jadi gosong. Kamu mungkin khawatir panci kamu tidak bisa digunakan lagi. Namun sekarang ada beberapa cara membersihkan panci gosong yang bisa kamu coba agar panci kembali kinclong. Berikut caranya!

1. Mengaliri Panci dengan Air Panas



Kalau kamu memiliki panci berbahan stainless kamu bisa menggunakan air panas untuk membantu menyingkirkan kerak gosong yang menempel pada panci. Caranya cukup mudah, panaskan panci yang gosong tersebut di atas kompor selama beberapa menit, lalu ketika panci sudah cukup panas, alirkan air panas ke permukaannya hingga terdengar suara air mendesis. Pada saat itulah, oleskan juga sedikit sabun cuci ke permukaan panci. Lalu gunakan sendok kayu untuk membuang noda kerak akibat terbakar. Cara ini tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket atau teflon.

2. Memanfaatkan Air Cuka 



Sama seperti cara di atas, panaskan panci dan ketika dirasa cukup panas, aliri permukaannya, terutama di bagian yang gosong dengan menggunakan semangkuk air cuka. Biarkan selama beberapa menit, kemudian gosok-gosok menggunakan spatula berbahan kayu untuk menyingkirkan area panci yang terkena kerak gosong. Namun, cara ini juga tidak bisa digunakan untuk wajan anti lengket.

3. Merendam Panci di Air Sabun



Caranya oleskan sabun cuci piring terlebih dahulu ke panci gosong untuk membantu proses pengangkatan noda lebih cepat. Kemudian rendam panci atau wajan yang gosong di dalam air mendidih selama beberapa jam bahkan semalam penuh. 
Setelah direndam, buang air rendaman tadi dan alirkan air hangat ke permukaan panci. Sikat panci yang gosong menggunakan scrub berbahan nilon untuk menghilangkan noda kerak yang membandel.

4. Menyikat Panci dengan Bantuan Baking Soda



Cara yang ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan noda gosong yang menempel pada panci kesayangan kamu. Buatlah gumpalan pasta dari baking soda yang telah dicampur dengan sedikit air hangat, lalu gunakan sikat untuk menyikat area panci yang gosong.

Sikat hingga noda gosong benar-benar bisa terkikis secara menyeluruh. Kemudian bilas dengan menggunakan hangat ketika noda telah hilang sempurna.

5. Menggunakan Dryer Sheet Sebagai Scrubber



Dryer sheet atau lembar pengering  juga bisa kamu gunakan untuk membuang noda kerak gosong yang menempel pada panci, atau wajan yang telah digunakan untuk memasak. Caranya sangat mudah, rendam panci menggunakan air hangat, lalu letakkan selembar dryer sheet hingga ke bagian dasar panci. Setelah itu, biarkan beberapa jam hingga lembar pengering ini melonggar dan bisa dijadikan sebagai scrub untuk membersihkan noda kerak.

6. Menggunakan Minuman Bersoda



Cara membersihkan panci gosong yang terakhir adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Untuk panci aluminium, kamu bisa menggunakan minuman bersoda seperti Fanta dan Coca Cola. Caranya tuangkan sedikit minuman bersoda ke dalam panci gosong. Kemudian, panaskan di kompor menggunakan api kecil. Setelah itu coba bersihkan pancinya dengan cara digosok-gosok menggunakan spatula.

Itulah 6 cara membersihkan panci gosong yang bisa kamu terapkan untuk membersihkan panci kesayangan kamu. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk kamu ya! Selamat mencoba! 

Artikel Terkait

4 Cara Mengolah Kacang Almond Jadi Cemilan Sehat dan Enak
Mulai dari kacang almond panggang, dicampur oatmeal, hingga diolah menjadi kue pai..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
6 Pilihan Tepung Bebas Gluten untuk Hasilkan Makanan Sehat dan Nikmat
Masing-masing tepung bebas gluten ini memiliki rasa, tekstur, dan kandungan nutrisi yang berbeda..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Nagita Slavina dan Chef Juna Masak Bareng? Ada Menu Apa Nih?
Pangsit goreng viral pakai mie instan Lemonilo!..
Shella Rafiqah Ully
09 September 2020