Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 6 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi yang Lebih Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
19 May 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menaikkan berat badan bayi sangat mudah dilakukan.

Masalah berat badan bayi seringkali jadi kekhawatiran bagi para orangtua. Ibu akan merasa tidak tenang jika bayinya tampak kurus atau kecil, sehingga perlu mencari cara menaikkan berat badan bayi yang efektif. Namun, berat badan pada setiap bayi berbeda-beda. Bayi yang baru lahir juga bisa mengalami penurunan berat badan di minggu awal kelahiran mereka, sebelum akhirnya kembali ke berat lahirnya dalam 2 sampai 3 minggu. Bagi Lemomoms yang ingin tahu cara mengembalikan berat badan bayi, simak ulasan berikut:

banner consideration shipping bg blue

1. Aktif Menyusui


Aktif menyusui dapat membantu cara menaikkan berat badan bayi. Bila memungkinkan, Lemomoms bisa menyusui setiap 2-3 jam sekali dengan durasi 20 menit.

Ketika bayi terlihat mengantuk atau berhenti menyusui sebelum 20 menit, sebaiknya Lemomoms mengganti posisi menyusui. Hal ini untuk membantunya bersendawa terlebih dahulu, atau Lemomoms juga bisa menggelitik kaki bayi untuk membuatnya menyusui kembali.

2. Memberikannya Makanan Bergizi


Jika bayi Lemomoms sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI), Lemomoms bisa memberikannya makanan bergizi yang kaya akan kalori, protein, serat, dan lemak baik untuk menaikkan berat badan bayi. Misalnya minyak zaitun, pisang, alpukat, keju dan yoghurt.

Sebagai nutrisi tambahan, Lemomoms juga bisa memberikan susu formula.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi


Bila kurangnya berat badan bayi disebabkan oleh penurunan produksi ASI Lemomoms, maka konsumsilah beragam makanan bergizi. Terutama makanan yang dapat memperbanyak ASI, seperti gandum, bawang putih, sayuran hijau, wortel, stroberi dan lemon.

banner consideration promotion bg blue

Selain itu, usahakan untuk selalu cukup istirahat, mencukupi kebutuhan cairan tubuh, dan memijat payudara untuk meningkatkan produksi ASI Lemomoms.

4. Pijat Untuk Nafsu Makan Bayi


Memanggil pemijat khusus bayi sangat bermanfaat, lho. Pijat dapat membantu meningkatkan nafsu makan, melancarkan pencernaan, dan menjadi salah satu cara menaikan berat badan bayi Lemomoms.

Selain itu, Lemomoms perlu meningkatkan bonding dengan terus melakukan kontak dengan bayi, atau menggendongnya sebanyak mungkin.

Ketika Lemomoms menyusui, pastikan bayi menghisap satu payudara sampai habis, baru pindah ke payudara lain. Isyaratnya yaitu, bayi sendiri yang menarik diri dan puas, dengan berubah dari menghisap kencang menjadi lemah. Jangan khawatir saat bayi memang hanya sedang minum satu sisi.

5. Terapkan Posisi Menyusui yang Tepat


Cara menyusui yang benar dapat berpengaruh pada pertambahan berat badan bayi Lemomoms. Asupan nutrisi ASI bisa kurang maksimal  menyusui bayi dalam posisi yang tidak tepat.

Salah satu posisi menyusui bayi yang tepat adalah dengan cradle position, yaitu Lemomoms menopang tubuh bayi di sepanjang punggung dan leher. Kemudian tempatkan bayi di pelukan Lemomoms dengan metode skin to skin. Lemomoms dapat menggendong bayi sambil menyusui untuk membuatnya lebih nyaman.

6. Menemui Konsultan Laktasi


Jika cara diatas tidak berhasil, Lemomoms bisa berkonsultasi dengan dokter atau bidan yang merupakan konsultan laktasi. Lemomoms akan diajarkan cara-cara untuk meningkatkan produksi ASI, termasuk posisi yang nyaman dan tepat saat menyusui bayi.

Mempertimbangkan melakukan operasi untuk tongue-tie. Jika bayi Lemomoms mengalami tongue-tie, dokter biasanya akan menyarankan melakukan frenotomy, yaitu tindakan operasi untuk memotong jaringan tipis di bawah lidah agar lidah bayi bisa bergerak bebas dan mampu menghisap ASI dengan baik. Hal ini untuk membantu menaikkan berat badan bayi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara menaikkan berat badan bayi yang lebih efektif, tetapi perlu disesuaikan dengan masalah yang mendasarinya. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.