Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Inilah 6 Cara Mencegah Tumbuh Jerawat pada Wajah

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Cegah jerawat dengan beberapa cara mencegah jerawat yang benar.

Informasi seputar cara mencegah jerawat sering kali dicari, terutama bagi kaum perempuan. Penyebab adanya jerawat memang agak mengganggu, khususnya dalam penampilan. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tips-tips agar jerawat tidak tumbuh. Dengan begitu, kenyamanan tidak terganggu dan kamu bisa tampil percaya diri.


Penyebab jerawat tumbuh biasanya adalah penyumbatan pori-pori kulit. Bisa karena minyak berlebih, sel kulit mati, maupun kotoran yang nantinya terinfeksi bakteri. Selain itu, pemicunya bisa karena peradangan jaringan kulit atau perubahan pada hormon. Inilah beberapa cara mencegah jerawat yang bisa kamu lakukan:

1. Rajin Mencuci Wajah


Jika ingin mencegah timbulnya jerawat, maka jangan malas untuk mencuci wajah. Pastikan melakukannya dengan cara yang benar pula, karena jika asal-asalan, kotoran tidak akan terangkat.


Belum lagi jika seharian menggunakan make up, maka tidak cukup hanya membersihkannya dengan cleanser. Wajah yang tidak memakai riasan pun, harus rajin mencuci wajah. Hal itu untuk membersihkan debu-debu yang kemungkinan menempel pada wajah. Ketika mencuci wajah, gunakan sabun yang lembut dan bisa dengan air hangat.


Ketika mengaplikasikan sabun ke wajah juga jangan terlalu kencang agar tidak terjadi iritasi. Jika sudah, seseorang harus mengeringkannya dengan bahan yang tidak kasar, seperti tisu atau handuk lembut.

2. Jangan Sembarangan Menyentuh Wajah


Cara mencegah jerawat selanjutnya adalah tidak menyentuh wajah sembarangan. Seseorang tidak boleh asal-asalan menyentuh wajah. Apalagi ketika tangan dalam keadaan kotor yang bisa menyebabkan debu menempel, bisa menjadi sarana timbulnya jerawat.


Hal ini memang tidak mudah dilakukan. Terutama bagi orang yang memang kurang memperhatikan atau terbiasa menyentuh wajah. Kebiasaan menyentuh wajah sembarangan perlu segera dihentikan. Sebab, bukan hanya membuat debu menempel, tetapi juga membuat kulit iritasi, sehingga jerawat pun akan bertambah banyak.

3. Batasi Penggunaan Make Up


Riasan wajah yang terlalu tebal juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, jangan berlebihan dalam memakainya dan wajib membersihkan wajah dengan baik setelahnya. Selain itu, jangan punya anggapan bahwa make up tebal bisa menutupi masalah di wajah. Padahal  hal itu akan semakin memperburuk, kulit bisa mengalami breakout.

4. Kelola Stres dengan Baik


Ketika seseorang mengalami stres, maka produksi hormon kortisol akan lebih banyak. Hormon tersebut mampu memicu minyak berlebih pada wajah. Maka dari itu, kelola stres dengan baik. Caranya dengan melakukan olahraga secara rutin, relaksasi, atau mengerjakan sesuatu yang disukai. Dengan begitu, pikiran akan lebih nyaman dan tenang, sehingga perasaan menjadi senang.

5. Minum Air Putih dengan Cukup


Munculnya jerawat bisa juga karena kulit yang dehidrasi. Jadi, sebaiknya konsumsi air putih dengan cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Idealnya adalah 8 gelas setiap harinya. Dengan begitu, kulit tidak akan kering dan selalu lembab. Selain itu, juga mampu menjaga kesehatan, baik pada kulit atau organ tubuh. Jadi, jangan malas untuk minum air putih dengan cukup.

6. Kurangi Konsumsi Makanan Pedas


Rasa pedas memang pelengkap makanan yang paling nikmat. Apalagi orang Indonesia yang memang menyukai makanan pedas. Rasanya belum lengkap jika menu harian tanpa sambal. Namun, bagi seseorang yang ingin mencegah timbulnya jerawat pada wajah, sebaiknya tahan dulu.


Batasi konsumsi makanan pedas, karena dapat memicu jerawat tumbuh. Apalagi seseorang yang sedang mengalami pertumbuhan jerawat dan ingin menyembuhkannya. Maka, sebaiknya hindari dulu makanan pedas agar pengobatan tidak sia-sia.


Demikianlah cara mencegah jerawat yang bisa dipraktikkan. Selain itu, ganti pola makan dengan yang lebih sehat. Misalnya, perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dengan begitu, tubuh kamu bisa menjadi lebih sehat sekaligus mencegah jerawat untuk timbul.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.