Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 6 Cara Mengatasi Mimisan pada Anak Bunda Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mengatasi mimisan pada anak yang mudah dilakukan.

Kondisi mimisan pada anak memang kerap kali membuat para orang tua merasa khawatir. Termasuk Bunda di rumah pasti merasakan kebingungan bagaimana cara mengatasi mimisan pada anak yang baik dan benar. Saat si kecil mimisan sebaiknya Bunda tidak panik dan tetap tenang, agar tidak salah mengambil langkah penanganan yang tepat.

banner consideration shipping bg blue

Mimisan memang sering kali terjadi terutama pada anak berusia 3 hingga 10 tahun. Mimisan sendiri bukanlah kondisi yang serius. Tapi jika terjadi dengan frekuensi yang sering dan sangat banyak. Bunda perlu waspada dan segera membawa si kecil ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Jika hanya sesekali saja, Bunda bisa menerapkan cara mengatasi mimisan pada anak berikut.

6 Cara Mengatasi Mimisan pada Anak

1. Jangan Panik dan Tetap Tenang Lalu Atur Posisi Duduk Si Kecil


Ketika si kecil mimisan, Bunda jangan buru-buru merasa panik. Usahakan tetap tenang dan pastikan agar si kecil tidak takut karena ada darah keluar dari hidungnya. Selanjutnya cara mengatasi mimisan pada anak yang harus Bunda lakukan ialah mengatur posisi duduk si kecil dengan benar.
 

Arahkan si kecil agar duduk dalam posisi tegak dan agak condong ke depan. Bunda sebaiknya tidak menyandarkan anak ke belakang atau membaringkannya di ranjang. Agar darah yang mengalir dari hidung tidak mengalir ke tenggorokan si kecil. Jika hal tersebut terjadi dapat membuat si kecil batuk atau muntah.

2. Menjepit Ujung Hidung Si Kecil


Ambillah beberapa helai tisu atau lap bersih. Lalu jepitlah ujung hidung si kecil dengan dua jari menggunakan tisu atau lap bersih. Arahkan si kecil agar bernapas melalui mulut dalam sementara waktu (sekitar 10 menit) hingga mimisan berhenti. Jika mimisan belum juga berhenti, maka ulangi sekali lagi. Bunda juga dapat melakukannya dengan mengoleskan es atau mengkompres pangkal hidung si kecil untuk mengurangi darah yang keluar.

3. Gunakan Uap Air Panas


Selain cara tadi, Bunda bisa melakukan cara mengatasi mimisan pada anak dengan menggunakan uap air panas. Caranya siapkan air panas dalam wadah berukuran lumayan besar. Lalu dekatkan kepala si kecil pada wadah air tersebut agar dia bisa menghirup uap air panas dalam beberapa menit. Setelah itu mimisan pada anak akan jauh lebih membaik dan berangsur-angsur berhenti.

banner consideration promotion bg blue

4. Jangan Menyumbat Hidung Si Kecil


Biasanya para orang tua kerap kali memasukkan kain kasa atau tisu ke dalam hidung anaknya. Cara tersebut sebaiknya tidak dilakukan karena bisa membuat darah yang keluar tertahan di dalam hidung. Hal tersebut dapat menyumbat hidung dan membuat si kecil kesulitan bernapas. Selain itu juga hindari menyemprotkan apapun ke hidung si kecil.

5. Pastikan Si Kecil Tidak Bersin Berlebihan


Jika darah mimisan sudah berhenti, pastikan agar si kecil tidak bersih secara berlebihan. Bunda perlu melakukan itu semua untuk menghindari terjadinya iritasi pada hidung si kecil. Jauhkan si kecil dari udara kotor yang berdebu agar tidak bersin-bersin.

6. Jangan Biarkan Si Kecil Menyentuh Hidungnya


Setelah mimisan si kecil berhenti, Bunda harus memastikan agar dia tidak mengorek bagian dalam hidungnya atau mengupil. Selain itu juga jangan biarkan anak meniup sesuatu. Pastikan si kecil tidak melakukan hal-hal tersebut dalam 24 jam.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bunda bisa melakukan cara mengatasi mimisan pada anak di atas. Semakin cepat Bunda menanganinya akan semakin cepat juga mimisan pada anak teratasi. Intinya, jangan panik dan tetap tenang agar mimisan bisa ditangani dengan baik ya Bunda.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.