Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 6 Cara Menjadi Pengusaha Sukses Sejak Mahasiswa!

Rizki Indra
Rizki Indra
18 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa penting diketahui.

Kamu tidak harus menunggu sampai lulus kuliah untuk menjadi pengusaha. Sebab, ada beberapa cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa yang bisa kamu terapkan. Karena sebenarnya anak muda memiliki potensi yang lebih besar untuk sukses. Hal ini karena adanya semangat yang meluap dan kreativitas tinggi.


Semangat dan kreativitas memang modal penting. Namun, agar tidak berjalan tanpa arah, ada beberapa cara untuk sukses berbisnis sejak menjadi mahasiswa. Dengan melakukan beberapa langkah di bawah ini, yakinlah, sukses dari muda bukanlah hal yang mustahil. Inilah beberapa cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa:

1. Tentukan Pilihan Bisnis


Langkah pertama adalah menentukan jenis usahanya. Ada banyak pilihan jenis usaha yang bisa memulainya dari skala kecil. Misalnya online shop atau usaha kuliner. Kedua jenis usaha tersebut memang sedang menjadi incaran pemuda zaman sekarang. Buktinya, beragam jenis kuliner unik bermunculan berkat para pengusaha muda ini.


Hal yang perlu menjadi pertimbangan ketika akan memilih usaha adalah memperhatikan passion. Merintis usaha dari hobi atau kesukaan bisa membuat pebisnis muda lebih tangguh menghadapi tantangan. Ada rasa enjoy dalam menjalani usaha, sehingga selalu mampu menemukan solusi dari kendala yang muncul.

2. Jalin Jaringan Pertemanan yang Sehat


Anak muda biasanya memiliki banyak teman. Belum ada seleksi yang menciutkan jumlah teman, seperti yang terjadi pada orang dewasa. Jadi, memulai usaha sejak muda memang lebih menguntungkan. Caranya adalah memanfaatkan jaringan pertemanan yang sehat. Bertemanlah dengan banyak orang yang memberikan vibrasi positif.

3. Buat Perencanaan Bisnis yang Matang


Cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa selanjutnya adalah dengan membuat perencanaan bisnis. Memulai usaha secara spontan, cenderung lebih banyak terjadi pada kalangan muda. Namun, sebaiknya sebelum memulai buatlah perencanaan bisnis yang lebih matang dan mendetail. Tujuan dari perencanaan ini adalah menentukan kebutuhan sumber daya untuk memulai usaha.


Selain itu, perencanaan membuat bisnis tetap berjalan pada road map yang ada. Kalaupun terjadi kendala, akan mudah mengantisipasinya, karena semua sudah melalui pengukuran dan perhitungan matang. Manfaat lain dari rencana bisnis yang jelas adalah mudah untuk mencari investor.

4. Manfaatkan Media Sosial

Kaum muda dari kelompok mahasiswa pasti tidak asing dengan beragam media sosial. Jadi, mengapa tidak memanfaatkannya saja? Membangun branding melalui jalur ini telah terbukti lebih cepat. Buatlah konten yang menarik dan membuat orang lebih mengenal dan mengingat bisnis tersebut.


Tidak ada salahnya memanfaatkan media sosial untuk branding atau bahkan mempromosikan produk. Namun, tentu saja sebaiknya tidak selalu melakukannya secara terang-terangan (hard selling). Sebaiknya, selingi dengan konten berupa informasi, intermezzo, dan lainnya, agar friend list tidak bosan.

5. Lakukan Riset


Cara menjadi pebisnis dari muda ini sangat penting. Jangan melupakan riset. Baik itu riset pelanggan, maupun pesaing. Mengetahui kondisi pasar yang akan dimasuki membuat pebisnis muda lebih siap dalam menghadapi kendala yang nantinya pasti akan muncul.


Tanpa adanya riset, biasanya pebisnis pemula ini akan merasa kaget dan terlambat bereaksi, sehingga justru membuat usahanya mengalami goncangan. Riset juga bisa membantu menentukan produk yang memberikan manfaat besar bagi calon pelanggan, sehingga lebih mudah melakukan penetrasi pasar.

6. Mulai Dari Sekarang


Setelah melalui persiapan matang, hal yang perlu segera dilakukan adalah memulai. Jangan menunda lagi, sebab kesempatan itu milik banyak orang. Jadi, segera memulai membuka peluang untuk menjadi leader dalam pasar. Menunda suatu rencana bisnis, biasanya justru akan berakhir pada sekadar angan-angan semata.


Jadi, mulailah melakukan cara menjadi pengusaha muda sejak mahasiswa. Buatlah penyesuaian agar bisa pas dengan kondisi masing-masing. Jangan sepelekan kreativitas dan produktivitas yang kamu miliki di usia muda. Sudah banyak buktinya bahwa kreativitas mampu mengubah hal biasa menjadi sesuatu yang istimewa dan banyak penggemarnya. Selamat berbisnis!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.