Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 6 Dampak Anak Sering Lihat HP yang Patut Diwaspadai

Rizki Indra
Rizki Indra
17 May 2021
Clock Icon
3 menit
Dampak anak sering lihat HP wajib diketahui ibu di rumah.

HP seringkali dijadikan cara ampuh para orangtua untuk membuat anak mereka tenang sekaligus betah di rumah. Sayangnya, jika hal ini terlalu sering dilakukan, justru akan menyebabkan si kecil kecanduan bermain HP. Kecanduan hp pada anak tidak boleh dianggap enteng. Kebiasaan bermain hp terus-terusan akan berdampak buruk pada kesehatan anak dalam jangka panjang, lho. Lantas, apa saja dampak anak sering lihat HP? Berikut ulasannya:

banner consideration shipping bg blue

1. Kurang Tidur


Agar mendukung pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuh, anak perlu mendapat waktu tidur yang cukup. Sayangnya, anak yang sering melihat HP bisa menyebabkan kurang tidur. Kondisi ini tidak boleh dianggap sepele, sebab kurang tidur bisa mengganggu aktivitas mereka, seperti terganggu proses belajar di sekolah dan membuat prestasinya menurun. Hal ini juga membuat perkembangan otak tidak optimal karena tidur dengan cukup adalah kunci untuk perkembangan otak yang lebih optimal.

2. Gangguan pada Mata


Anak-anak yang sering main hp akan rentan mengalami gangguan mata. Hal ini terjadi karena anak terlalu lama menatap layar HP sehingga memicu gangguan mata, seperti mata lelah, mata kering dan gangguan penglihatan. Untuk itu perlu untuk mengurangi penggunaan HP pada anak agar kesehatan mata terjaga.

3. Obesitas


Sering melihat HP akan membuat anak kamu rentan mengalami obesitas alias kelebihan berat badan. Asyik bermain HP bisa membuat anak kurang bergerak atau lebih sering duduk dan berbaring. Padahal, anak-anak seharusnya lebih aktif bermain bersama temannya di luar rumah. Meski begitu, obesitas tidak boleh dianggap sepele. Obesitas bisa meningkatkan risiko penyakit jangka panjang, seperti obesitas, stroke usia dini dan serangan jantung.

banner consideration promotion bg blue

4. Kesulitan Fokus Belajar


Dampak anak sering lihat HP lainnya adalah akan membuat anak jadi malas untuk belajar dan mudah lupa karena ingatannya hanya tertuju pada konten yang biasa ia lihat. Misalnya, kamu sering memberikan Si Kecil film kartun di HP nya. Akibatnya, dia akan lebih fokus saat melihat film tersebut sampai lupa pada kewajibannya untuk belajar. Selain itu dampak lainnya, anak juga akan jadi rewel saat kamu melarangnya menggunakan HP dan kamu akan kesulitan untuk mengajarkan hal-hal baru kepadanya karena dia terus terpaku pada HP.

5. Otot-Otot Jadi Lemah


Anak-anak yang sedang berusia di bawah 5 tahun umumnya memiliki antusiasme dan rasa ingin tahu yang besar. Hal ini membuat mereka seharusnya bergerak aktif, berlarian kesana-kemari dan tidak bisa diam.

Ketika kamu sering membiarkan anak bermain dengan HP, maka ia akan jadi malas untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya dan malah memuaskan rasa ingin tahunya hanya lewat gadget. Hal ini membuat otot-otot anak bisa melemah akibat kurang dilatih karena semua hal bisa diakses lewat HP-nya, maka anak akan merasa tidak perlu ke mana-mana.

6. Masalah Mental


Kecanduan HP dapat memicu dampak berbahaya bagi mental anak kamu, seperti meningkatkan risiko depresi, gangguan kecemasan, sulit fokus, kepribadian bipolar, psikosis dan bisa memicu sifat agresif anak. Selain itu, kecanduan HP juga bisa membuat anak kesulitan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan meningkatkan perasaan kesepian.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Maka dari itu, kamu perlu menerapkan batasan menggunakan HP sehingga risiko kecanduan gadget bisa dihindari dan membantu mengurangi risiko munculnya masalah pada kesehatan. 

Itulah dampak anak sering lihat hp yang patut diwaspadai. Mengingat betapa buruknya dampak sering melihat HP bagi anak, maka akan sangat dianjurkan bagi para orang tua supaya lebih bijaksana dalam memberikan akses HP kepada si kecil. Dengan begitu, kesehatan tubuh dan psikisnya bisa terjaga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.