Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Biji Nangka yang Baik Untuk Kesehatanmu

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan badan dengan beberapa manfaat biji nangka yang penting.

Manfaat buah nangka untuk kesehatan mungkin sudah tidak asing lagi. Kandungan protein dan nutrisi lainnya seperti kalium dan vitamin B memang bagus untuk kesehatan. Akan tetapi, bagaimana dengan manfaat biji nangka yang selama ini masih belum banyak diketahui?

banner consideration shipping bg blue

Biji nangka terkenal sebagai biji yang kaya akan thiamin dan riboflavin. Kandungan tersebut bermanfaat mengubah makanan yang kamu konsumsi menjadi energi, menjaga kesehatan rambut, kulit dan mata. Biji buah nangka juga menyediakan sejumlah mineral seperti tembaga, kalium, seng, besi dan mineral. Kandungan senyawa di dalamnya yang memiliki efek antimikroba dapat membantu mencegah kontaminasi bakteri.

Sejak dahulu biji buah nangka banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk membantu masalah saluran pencernaan. Selain itu, biji tersebut memiliki manfaat lain yang jarang diketahui banyak orang. Nah, berikut adalah beberapa manfaatnya:

1. Mencegah Anemia


Konsumsi biji buah nangka ternyata dapat membantu meningkatkan nutrisi harian tubuh. Biji ini dapat dikatakan sebagai sumber zat besi yang merupakan komponen hemoglobin. Pola makan yang kaya akan zat besi dapat membantu mencegah risiko terjadinya anemia dan kelainan darah lainnya. Selain itu juga membantu menjaga otak dan jantung agar tetap sehat.

2. Dapat Memperkuat Imunitas Tubuh


Dalam biji buah nangka terdapat sejenis protein yang disebut Jacalin. Protein ini terbukti bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh bagi mereka yang terinfeksi HIV 1. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikannya dan telah diterbitkan dalam beberapa jurnal ilmiah.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang


Biji buah nangka juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang karena kandungan magnesium yang berfungsi membantu penyerapan kalsium lebih baik dalam tubuh. Magnesium ini akan bekerja sama dengan kalsium untuk memperkuat tulang dan terhindar dari berbagai masalah tulang, misalnya osteoporosis.

banner consideration promotion bg blue

4. Dapat Mencegah Kanker


Selanjutnya, biji buah nangka juga dapat membantu tubuh dari infeksi kanker. Dalam beberapa studi telah dibuktikan bahwa biji ini mengandung saponin, lignan, isoflavon dan fitonutrien. Kandungan tersebut terkenal membantu mencegah terkena penyakit kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Semakin buruknya kondisi lingkungan dan udara di sekitar, memang memaksa manusia untuk mencari hal yang dapat membantu melindungi kesehatan dengan baik. Selain dengan melakukan olahraga secara teratur, menjaga pola makan sehat, konsumsi biji buah nangka ini juga dapat dijadikan solusi paling mudah untuk terhindar dari kondisi kesehatan yang buruk.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan


Bagi yang menjalani diet, mengkonsumsi biji buah nangka juga baik. Konsumsi biji yang telah direbus sebagai camilan. Biji buah nangka dapat membantu mengontrol  nafsu makan dan perut akan terasa kenyang lebih lama. Otomatis berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Karena belum terdapat pengolahan biji buah nangka secara lanjut, konsumsi biji yang telah direbus memang masih jadi pilihan utama. Dijadikan cemilan saat pagi atau sore hari dengan minum teh pasti akan terasa menyenangkan.

6. Membantu Menurunkan Kolesterol


Manfaat biji nangka yang terakhir adalah untuk menurunkan kolesterol. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa biji buah nangka dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh karena kandungan serat dan antioksidannya yang tinggi. mengkonsumsi buah ini juga mampu menurunkan kolesterol LDL atau disebut juga kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah beberapa manfaat biji nangka yang jarang diketahui banyak orang. Dengan adanya paparan fakta diatas, kini buah nangka tidak hanya dimanfaatkan daging buahnya saja. Bahkan bijinya yang kerap dianggap sebelah mata dan sering dibuang ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.