Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Buah Bidara yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
09 May 2021
Clock Icon
3 menit
Sehatkan tubuh dengan mnfaat buah bidara.

Buah bidara merupakan buah kecil seukuran duku dengan bentuk yang sekilas mirip apel atau pir. Buah yang berasal dari Asia tengah ini memiliki rasa asam manis dan kandungan nutrisi yang cukup beragam. Kandungan didalamnya ini membuat manfaat buah bidara lebih dikenal dalam pengobatan tradisional. Bahkan seringkali digunakan dalam berbagai olahan makanan, mulai dari pasta, jus, sirup, hingga alkohol. Di Indonesia sendiri buah bidara biasanya dimasak sebagai sayuran. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:

1. Merawat Kulit


Manfaat buah bidara didapatkan dari kandungan vitamin C yang punya ciri antioksidan sebagai musuh radikal bebas. Ketika keberadaannya berlebih, radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh. Karenanya, vitamin C memiliki peran penting yang dapat membalikkan efek penuaan di kulit, merawat kulit agar sehat dan berkilau serta menekan datangnya jerawat.

2. Bagus Untuk Tulang


Buah bidara merupakan sumber yang baik bagi kalsium dan fosfor. Kedua mineral tersebut sangat membantu dalam perkembangan dan perlindungan kepadatan tulang sehingga buah ini cocok dikonsumsi bagi mereka yang menderita peradangan. Manfaat dalam memulihkan peradangan ini berasal dari sifat anti-inflamasinya yang meredakan dan mengurangi radang pada sendi.

3. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka


Saat kamu mengalami luka, maka tubuh perlu waktu untuk menyembuhkan. Kadang kamu butuh tambahan obat agar luka lebih cepat sembuh dan tidak menimbulkan infeksi. Bukan hanya dengan obat, hasil penelitian oleh International Journal of Research in Pharmaceutical Sciences mengamati khasiat buah bidara untuk penyembuhan luka. Kandungan flavonoid pada daging buah bidara ternyata memiliki manfaat untuk proses penyembuhan luka dari dalam tubuh.

4. Mencegah Penyakit Diabetes


Diabetes terjadi akibat tubuh kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darah dan membuat kadarnya jadi mudah melonjak naik dan merosot. Untuk mencegah penyakit ini kamu bisa lakukan dengan membatasi makanan tinggi gula dan aktif bergerak.

Kamu bisa mengakali pembatasan konsumsi coklat atau kue manis dengan konsumsi buah-buahan, seperti buah bidara. Hal ini karena buah bidara memiliki manfaat untuk menurunkan risiko diabetes karena memiliki senyawa aktif antidiabetes. Senyawa aktif tersebut dapat membantu sel memanfaatkan gula darah dengan benar sehingga mencegah terjadinya lonjakan gula darah secara tiba-tiba.

5. Menyehatkan Pencernaan


Buah bidara kaya akan serat yang baik untuk pencernaan dengan melembutkan feses sehingga lebih mudah melewati usus dan melancarkan sembelit (susah BAB). Selain itu, fungsi serat buah juga memberi makan pada bakteri sehat di usus. Hal ini akan membuat pertumbuhan bakteri baik terjaga dan bisa melawan bakteri nakal yang sering kali menyebabkan masalah pencernaan.

Hasil penelitian tahun 2015 oleh jurnal Food & function menunjukkan kandungan polisakarida jenis karbohidrat pada ekstrak buah bidara bisa memperkuat lapisan umum dari iritasi pada tikus dengan peradangan usus.

6. Membantu Memperlancar Aliran Darah


Buah bidara mengandung berbagai macam mineral yaitu kalium, fosfor, mangan, zat besi, dan zinc. Mineral ini sangat bermanfaat untuk memelihara kebaikan aliran darah dan kesehatan jantung. Salah satu mineral yang sangat diperlukan tubuh adalah zat besi. Zat ini berperan dalam membantu meningkatkan tingkat hemoglobin dengan membawa oksigen ke seluruh tubuh dan mengembalikan karbon dioksida kembali ke paru-paru. Ketika kamu kekurangan hemoglobin dapat berdampak pada kemungkinan terkena anemia.

Itulah manfaat buah bidara yang jarang diketahui. Ternyata, buah ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan ya Lemonizen? Mulai dari kesehatan tulang, kulit, diabetes, hingga memperlancar aliran darah. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kamu tentang buah bidara ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.