Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Buah Duwet bagi Tubuh Jangan Sampai Terlewat

Rizki Indra
Rizki Indra
17 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat buah duwet untuk kesehatan tubuh.

Buah duwet alias jamblang ini merupakan buah yang hanya muncul musiman atau saat musim tertentu. Meskipun bentuknya menyerupai anggur, namun buah ini berbeda dari rasa dan manfaatnya. Rasa manisnya yang khas menjadikan manfaat buah duwet sangat beragam untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah ini juga sering digunakan sebagai selai roti, dan untuk membuat makanan khas Cirebon yang bernama nasi jamblang. Nah, lantas apa saja manfaat dari buah satu ini? Simak ulasan berikut:

banner consideration shipping bg blue

1. Meredakan Asma


Asma merupakan virus atau bakteri yang mengendap di dalam tubuh. Penyakit ini termasuk penyakit jangka panjang yang dapat menyebabkan nyeri dada dan batuk-batuk. Asma dapat dimiliki sejak kamu kecil atau ketika beranjak dewasa, dan bisa juga karena faktor genetik.

Meski mengobati asma bukan hal yang mudah dilakukan, kamu bisa coba mengatasinya dengan konsumsi buah duwet. Jika mengonsumsi secara rutin, perlahan penyakit asma akan sembuh.

2. Tingkatkan Sistem Imun


Daya tahan tubuh atau imunitas sangat penting untuk membantu kamu dalam menjaga tubuh hingga terjauh dari bakteri dan virus yang dapat menyerang kesehatan.

Salah satu cara untuk menjaga sistem imun adalah dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, yang bisa kamu dapatkan  dalam buah duwet. Tambahkan buah ini dalam asupan sehari-hari kamu agar tubuh selalu terjaga dari serangan penyakit.

3. Mengatasi Sembelit


Hampir setiap buah memiliki serat yang mampu mengatasi sembelit dan masalah pencernaan dalam tubuh. Buah duwet mengandung 0,9 gram serat dalam 100 gramnya dan mengandung astringent yang bersifat antibakteri.

banner consideration promotion bg blue

Hal ini membuat buah duwet dapat menghambat bakteri dan mengurangi selaput lendir dalam usus sehingga bisa mengatasi masalah pencernaan. Maka saat kamu mengalami sembelit, konsumsi buah duwet untuk mengatasinya.

4. Membantu Menurunkan Tekanan Darah


Buah duwet dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. Manfaat buah duwet ini didapat dari kandungan asam ellagic di dalam bijinya, salah satu jenis polifenol yang bersifat antioksidan.

Adanya antioksidan dapat mencegah stres oksidatif dengan memproduksi nitrit oksida dan meningkatkan fungsi pembuluh darah sehingga menurunkan tekanannya. Stres oksidatif sendiri disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang tidak seimbang sehingga memicu naiknya kolesterol LDL. Hal ini dapat berujung pada naiknya tekanan darah kamu.

Selain antioksidan, kandungan kalium dalam buah ini juga dapat membuat dinding pembuluh darah lebih rileks dan mencegah kamu mengalami kram otot.

5. Membantu Mengendalikan Diabetes


Penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, menyatakan potensi buah duwet dapat mengendalikan diabetes melitus karena kandungan mineralnya dapat membantu produksi insulin.

Penelitian lain yang dipublikasikan pada 2013, ekstrak dari biji buah ini juga memperlihatkan kinerja yang efektif dalam mencegah hiperglikemia dan komplikasi pada hewan-hewan yang memiliki diabetes.

Kamu bisa membuat buah ini menjadi kudapan untuk membantu mengendalikan gejala diabetes.

6. Mencegah Kanker


Buah duwet mengandung fenol atau polifenol yaitu senyawa yang secara teratur dianggap dapat meningkatkan pencernaan dan kesehatan otak, serta mencegah kanker tertentu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Penelitian yang dilakukan 2016 oleh Current Opinion in Food Science, menunjukkan bahwa polifenol memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi yang kuat, keduanya dapat bermanfaat untuk pencegahan kanker. Polifenol dapat berperan untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan berbagai sel kanker seperti kanker payudara dan prostat dalam tubuh.

Itulah manfaat buah duwet untuk tubuh kamu. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.