Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Buah Gandaria dengan Segudang Kelebihannya

Rizki Indra
Rizki Indra
09 May 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat buah gandaria sangat penting untuk tubuh setiap hari.

Buah Gandaria merupakan jenis buah-buahan yang hanya tumbuh di wilayah tropis di beberapa negara di Asia Tenggara yaitu Thailand, Laos, Malaysia, termasuk Indonesia. Selain memiliki rasa asam-manis yang menyegarkan, manfaat buah gandaria ternyata sangat banyak bagi kesehatan yang mungkin jarang diketahui orang.

banner consideration shipping bg blue

Manfaat tersebut didapat dari kandungan air, protein, lemak, karbohidrat, serat, hingga vitamin C yang terkandung di dalamnya sehingga membuatnya sangat baik apabila dikonsumsi secara rutin. Lantas apa saja manfaat tersebut? Berikut ulasannya:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Manfaat buah gandaria yang pertama adalah untuk daya tahan tubuh. Buah gandaria mengandung banyak air yang dapat membantu menjaga kelembaban kulit dan mempermudah penyerapan zat besi agar lebih efektif. Kandungan airnya yang banyak, ditambah kandungan zat besi dapat meningkatkan ketahanan tubuh terhadap berbagai infeksi kuman dan virus yang berpotensi menyerang tubuh. Kalau kamu mengkonsumsi buah gandaria secara rutin, manfaat buah gandaria secara tidak langsung dapat membuat tubuhmu lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit.

2. Mencegah Penyakit Kanker


Kandungan air yang cukup banyak di dalam buah gandaria dapat memperbaiki sistem pencernaan. Ditambah dengan kandungan seratnya yang cukup banyak juga membuat proses penyerapan menjadi lebih cepat dan lancar, bahkan dalam waktu yang singkat. Hal ini bermanfaat baik untuk mencegah terjadinya endapan yang menyebabkan kanker di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga dapat melindungi sel-sel tubuh dan menangkal berbagai macam efek radikal bebas yang bisa menghindari kemungkinan timbulnya kanker di dalam tubuh.

3. Obat Sariawan


Munculnya sariawan seringkali membuat aktivitas menjadi tidak nyaman dan terganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan. Nah, jika kamu termasuk orang yang sering sariawan, maka mengkonsumsi buah gandaria bisa jadi solusi masalah tersebut.

banner consideration promotion bg blue

Hal ini karena sariawan terjadi akibat kurangnya vitamin C yang masuk ke dalam tubuh, dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam buah gandaria bisa membantu mencegah sampai mengobati sariawan. Buah gandaria mengandung 100 mg vitamin C, lebih tinggi dari kebutuhan harian vitamin C untuk tubuh yang sebanyak 60 mg.

4. Mencegah Stroke


Stroke merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup berbahaya dan salah satu penyakit dengan penyebab kematian terbanyak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat dapat mengikat kolesterol dan membuangnya bersama dengan feses. Buah gandaria mengandung 150 mg serat yang dapat membantu dalam mengikat kolesterol agar lebih efektif. Hal ini akan membantu meminimalisir timbulnya kolesterol dan mengurangi terjadinya risiko penyakit stroke yang mengancam kesehatan tubuh.

5. Menjaga Fungsi Otak


Perlu kamu ketahui bahwa ternyata 70% otak kita terdiri dari air, maka untuk tetap menjaga dengan baik fungsi otak tersebut, kamu membutuhkan asupan air yang cukup. Mengonsumsi buah gandaria dapat menjaga fungsi otak agar tetap bisa berfungsi dengan baik karena Kandungan airnya yang banyak.

6. Menjaga Kesehatan Tulang


Manfaat buah gandaria yang terakhir adalah untuk kesehatan tulang. Banyak orang yang menganggap bahwa kalsium hanya terkandung di dalam susu dan dari produk lainnya, padahal buah gandaria juga mengandung kalsium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

Kandungan kalsium serta peran mineral di dalam buah gandaria mampu membantu dalam proses pembentukan tulang yang sangat vital, menyehatkan tulang dan membuatnya menjadi lebih kuat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat buah gandaria dengan segudang kelebihannya yang perlu kamu ketahui. Meski masih sangat asing, namun ternyata buah gandaria sangat bermanfaat untuk kesehatan ya. Mulai dari untuk daya tahan tubuh, mencegah stroke, hingga kesehatan tulang.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.