Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Buah Kenari yang Perlu Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
14 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat buah kenari sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Buah kenari atau lebih dikenal luas dengan sebutan walnut merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi. Tentu di balik kandungannya tersebut, terdapat serangkaian manfaat buah kenari yang membawa dampak baik pada kesehatan kita. Berbagai manfaat ini tidak bisa terlepas dari berbagai kandungan yang ada di dalam buah kenari.


Dalam sekitar 30 gram walnut ini terkandung sederet nutrisi, seperti:

  • 200 kalori
  • 3.8 gram karbohidrat
  • 1 gram gula
  • 2 gram serat
  • 5 gram protein
  • 20 gram lemak
  • 20 mg kalsium

Di dalam buah yang memiliki nama latin Canarium Ovatum ini, juga terkandung nutrisi seperti mangan, tembaga, magnesium, fosfor, vitamin B6, zat besi, dan asam lemak omega-3. Dengan adanya berbagai kandungan tersebut, kenari memiliki segudang manfaat yang perlu kita ketahui, antara lain:

1. Baik untuk Kesehatan Otak


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah kenari baik untuk kesehatan otak. Terdapat penelitian yang dilakukan pada hewan dan menunjukkan bahwa dalam kenari terkandung lemak tak jenuh ganda, polifenol, dan vitamin E yang dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan pada otak. Sementara studi pengamatan lain pada manusia menyebutkan, lansia yang rutin makan walnut memiliki kemampuan berpikir dan mengingat yang lebih baik.

2. Mengurangi Peradangan


Manfaat kenari selanjutnya adalah untuk mengurangi peradangan. Adanya peradangan yang terjadi dalam tubuh dapat memicu stres oksidatif yang kemudian menyebabkan timbulnya berbagai masalah kesehatan lain, seperti gangguan pada sel dan jaringan.


Nah, dalam walnut ini terkandung ellagitannin, yang merupakan salah satu senyawa polifenol. Sehingga, yang terjadi adalah bakteri baik pada usus akan mengubah ellagitannin tersebut menjadi senyawa urolithin, dipercaya mampu melindungi tubuh terhadap peradangan dan stres oksidatif.


Selain itu, seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa dalam kacang kenari terkandung asam lemak omega-3 juga magnesium, beserta asam amino arginin yang dapat mengurangi peradangan.

3. Menurunkan Kolesterol


Asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda yang terkandung dalam kenari dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigeliserida. Dan penurunan lemak jahat dalam darah dalam jangka panjang tentu dapat  membantu kita terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya, seperti stroke, dan serangan jantung.

4. Menurunkan Tekanan Darah


Tak hanya menurunkan kolesterol, kacang kenari juga dapat membantu turunkan tekanan darah. Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, beberapa studi telah menyatakan bahwa kacang kenari dapat membantu proses penurunan tekanan darah yang tinggi.

5. Mengendalikan Gula Darah


Kacang kenari cocok untuk dijadikan salah satu alternatif cemilan sehat, bahkan untuk penderita diabetes tipe 2. Menurut penelitian, disebutkan bahwa gula darah orang dengan riwayat diabetes cenderung mengalami penurunan setelah rutin minum obat diabetes serta 1 sendok makan minyak kenari selama 3 bulan. Selain itu, mereka juga dapat mengalami penurunan hemoglobin A1C (kadar rata-rata gula darah selama 3 bulan) sebanyak 8%.

6. Mengendalikan Berat Badan


Beberapa orang beranggapan bahwa kacang merupakan salah satu makanan dengan lemak yang tinggi, namun kenari justru mengandung lemak sehat yang aman untuk berat badan kita. Bahkan, bila dikonsumsi dengan porsi yang tepat, kacang ini dapat membantu proses pengendalian berat badan. Studi mengemukakan bahwa kacang kenari dapat bantu menahan lapar serta menurunkan nafsu makan pada orang gemuk.


Itulah informasi mengenai manfaat buah kenari yang baik untuk kesehatan. Ternyata, buah yang satu ini memiliki segudang manfaat baik yang sayang untuk kamu lewatkan. Kamu bisa mengkonsumsi buah kenari sebagai cemilan sehat mulai sekarang. Selamat mencoba ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.