Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Daun Bawang Selain Bikin Gurih Masakan

Rizki Indra
Rizki Indra
02 Dec 2020
Clock Icon
3 menit
Tingkatkan kesehatan dengan manfaat daun bawang.
Biasanya daun bawang sering dijadikan pelengkap akhir hidangan dan membuat warna pada makanan yang disajikan menjadi lebih menggugah selera. Manfaat daun bawang sekilas terlihat sepele dan hanya bikin gurih masakan saja. Padahal, siapa sangka, daun bawang yang umumnya dipotong-potong kecil ini sebenarnya memiliki segudang manfaat. Lantan apa saja manfaatnya ? Berikut ulasannya:
banner consideration shipping bg blue

1. Menjaga Kesehatan Mata



Manfaat daun bawang dapat menjaga kesehatan mata. Hal ini karena daun bawang mempunyai kandungan vitamin A dan karoten yang dapat menjaga kesehatan mata, dan membantu menjaga fungsi penglihatan kamu tetap tajam dan sehat. Selain itu, vitamin A bermanfaat untuk membantu perkembangan sel darah yang sehat, serta membantu untuk pertumbuhan sel darah merah baru yang mengangkut oksigen dan sel darah putih dalam melawan infeksi.

2. Baik Untuk Kesehatan Jantung



Daun bawang mengandung senyawa Cycloalliin yang bermanfaat untuk melindungi jantung kamu dari berbagai macam penyakit berbahaya. Selain itu, senyawa tersebut juga berfungsi untuk mengencerkan darah dan mengurangi dari terkena penyakit aterosklerosis.

Kandungan kaempferol dalam daun bawang juga sebagai sifat anti inflamasi yang berkaitan dengan risiko serangan jantung atau kematian karena penyakit jantung. Hal ini menjadikan daun bawang sebagai sumber tiosulfinat dan allicin yang berperan untuk senyawa sulfur dan bermanfaat untuk kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol, tekanan darah, dan pembentukan gumpalan darah.

3. Membantu Kesuburan Rambut



Bukan hanya baik untuk kesehatan organ dalam tubuh, manfaat daun bawang juga bisa kamu rasakan pada rambut. Kandungan mangan dan belerang yang terkandung di dalam daun bawang akan sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut kamu. Selain itu, kandungan zat besi yang tinggi pada daun bawang telah terbukti dapat membantu untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dengan baik sehingga rambut lebih subur.
banner consideration promotion bg blue

4. Membantu Menurunkan Berat Badan



Daun bawang selain digunakan untuk memberikan cita rasa tambahan dalam makanan, juga dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini didukung karena kandungan kalori rendah  yang dimiliki  daun bawang. Dari jumlah 100 gram daun bawang, ditemukan hanya mengandung 31 kalori saja.

Lebih dari itu, daun bawang juga mengandung air dan serat yang bermanfaat untuk mengatasi rasa lapar dan membuat kamu kenyang lebih lama. Tentunya manfaat ini akan membantu kamu yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

5. Menurunkan Tingkat Gula Darah



Senyawa belerang pada daun bawang bermanfaat untuk meningkatkan produksi insulin dalam tubuh sehingga secara tidak langsung manfaat daun bawang dapat mencegah diabetes. Selain itu, daun bawang juga memiliki kandungan phytochemical, yaitu zat allium dan alil disulfida yang mengandung sifat antidiabetes. Zat ini mampu mencegah terjadinya degradasi insulin di dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme glukosa di tubuh kamu.

6. Mengurangi Risiko Kanker



Daun bawang adalah salah satu sumber nutrisi belerang yang baik untuk kesehatan kamu. Hal ini karena daun bawang memiliki kombinasi kandungan senyawa, seperti allyl sulfida dan flavonoid yang dapat mencegah dan melawan enzim penyebab sel-sel penyakit kanker di dalam tubuh. Daun bawang dapat mencegah kamu dari terkena penyakit kanker karena mengandung senyawa kaempferol yang dapat menangkal sel kanker, mengurangi peradangan, dan mencegah penyebaran sel-sel jahat dalam tubuh.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 6 manfaat daun bawang selain membuat gurih masakan. Bagaimana? Sangat penting bukan? Semoga setelah mengetahui informasi ini kamu bisa mulai menambahkan daun bawang pada masakan kamu ya lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.