Inilah 6 Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan Kamu

Ikan patin memiliki bentuk panjang dengan khas warna putih perak dan punggung berwarna kebiruan. Umumnya ikan ini dikonsumsi sebagai lauk pelengkap nasi dengan rasa gurih dan lembut. Bahkan, hampir seluruh bagian dari ikan patin dapat dikonsumsi. Manfaat ikan patin bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya yang dikenal memiliki kandungan vitamin, mineral dan protein yang melimpah dibandingkan dengan ikan tawar lainnya. Inilah manfaat ikan patin selengkapnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Ikan patin bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular. Hal ini karena kandungan lemak tak jenuh yang dimiliki ikan patin. Kandungan ini bahkan mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalamnya dan sebanyak 7,43% kandungan ini adalah asam oleat. Hal ini tentunya sangat baik untuk kamu yang sedang mengalami berbagai masalah pada jantung dan penyakit-penyakit kardiovaskular lainnya.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan lemak tak jenuh dalam patin ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Ini karena ikan patin merupakan jenis ikan yang rendah kolesterol dengan 100 gram ikan patin, hanya terdapat 21-30 gram kolesterol. Manfaat kesehatan satu ini juga bisa kamu dapatkan juga dari ikan lele.

3. Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi

Manfaat ikan patin juga baik untuk bayi dengan dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan. Ikan Patin dapat memenuhi nutrisi pertumbuhan janin selama masa kandungan. Hal ini karena adanya kandungan DHA dan EPA yang tinggi pada Ikan Patin. Meliputi asam lemak esensial atau dikenal dengan Omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan otak dan dipercaya mendukung kecerdasan anak dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

banner consideration promotion bg blue

Kadar DHA di dalam ikan ini patin mencapai 5,45 %, sedangkan kadar EPA mencapai 0,78 %. Dengan mengkonsumsi ikan patin pada masa kehamilan, dapat membantu menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan, menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal dan menjaga janin agar tetap sehat.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi pada ikan patin akan membantu memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Jika kamu mengonsumsi ikan patin bersama tulangnya, kamu akan mendapatkan kalsium dan fosfor yang baik untuk tulang.
Apalagi, jika mengalami kekurangan kalsium pada masa pertumbuhan akan bisa menghambat pertumbuhan tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor ini dapat berguna untuk membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, memperkuat tulang dan gigi hingga mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Cegah Jantung Koroner

Ikan patin dapat digunakan sebagai makanan pencegah jantung koroner. Manfaat ini sangat penting karena lemak tak jenuh tidak mengendap dan menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah. Sama halnya seperti kolesterol, lemak tak jenuh yang terkandung di dalam ikan patin akan membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung koroner.

6. Membantu Pembentukan Otot

Ikan patin bagi kesehatan juga sangat baik untuk membantu pembentukan otot tubuh kamu. Kandungan protein yang tinggi pada daging ikan patin bermanfaat untuk menambah massa otot, memperkuat otot, mengencangkan otot, menjaga daya tahan tubuh, imunitas tubuh hingga menambah kekuatan tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat ikan Patin untuk kesehatan kamu. Ikan patin sendiri bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan yang lezat. Contohnya adalah ikan patin goreng, ikan patin bakar, sup ikan patin dan sebagainya. Yuk, konsumsi ikan patin sekarang juga agar manfaatnya bisa kamu dapatkan!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami