Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Ketan Hitam yang Baik untuk Kesehatan

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan tubuh dengan manfaat ketan hitam yang penting.

Bubur ketan hitam adalah salah satu sajian lezat yang disukai oleh banyak orang. Bahan baku utama dari bubur ini adalah ketan hitam. Ketan hitam sudah cukup fenomenal di Indonesia. Dibalik rasanya yang enak dan mengenyangkan, manfaat ketan hitam ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


banner consideration shipping bg blue

Selain itu, kalori yang terdapat dalam ketan hitam terbilang cukup rendah sehingga cocok untuk Anda yang ingin berdiet. Berikut manfaat ketan hitam yang wajib Anda ketahui:

1. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh


Ketan hitam dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kandungan antioksidan pada ketan hitam tergolong cukup tinggi. Antioksidan dan senyawa bioaktif dalam ketan hitam berperan sebagai penjaga daya tahan tubuh agar tetap stabil. Terdapat zat warna antosianin pada ketan hitam yang didapatkan dari sel kulit ari.

Sel kulit ari inilah yang membawa antosianin pada ketan hitam. Antosianin dapat dikelompokkan dalam flavonoid dan fenolik. Kandungan zat inilah yang membuat ketan hitam sebagai salah satu makanan menjaga daya tahan tubuh terbaik.

2. Mencegah Penyakit Kronis


Penyakit kronis dapat menyerang siapa saja. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terserang penyakit kronis. Antosianin yang terdapat dalam ketan hitam dapat membantu mencegah penyakit kronis dengan cara menjaga daya tahan atau kekebalan tubuh. Kandungan antosianin alami inilah yang akan meminimalisir penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas.

3. Membantu Mencegah Anemia


Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup umum terjadi. Ketan hitam memiliki kandungan zat besi yang dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah. Untuk mengembalikan sel darah merah yang ‘kurang’, Anda bisa mengkonsumsi ketan hitam 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

banner consideration promotion bg blue

Zat besi yang terdapat dalam ketan hitam dapat membantu memproduksi hemoglobin dalam darah. Dengan begitu, Anda tidak akan terkena anemia lagi karena jumlah hemoglobin dalam darah sudah terpenuhi.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Otak


Otak adalah salah satu organ tubuh yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi. Hal inilah yang membuat kesehatan otak harus dijaga dengan baik. Mengkonsumsi ketan hitam secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi otak, pertumbuhan kognitif, perkembangan otak, dan menjaganya tetap sehat.

Kesehatan otak perlu dijaga dengan baik agar tidak menimbulkan penyakit berbahaya seperti Alzheimer dan demensia. Dua penyakit berbahaya ini seringkali mengintai dengan otak sebagai bagian tubuh yang akan diserang. Salah satu faktor yang menyebabkan dua penyakit ini muncul kurangnya asupan fosfor. Kekurangan fosfor dapat menimbulkan masalah kognitif dan masalah neurologis pada otak.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi


Kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam ketan hitam dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dan fosfor berperan penting pembentukan tulang dan gigi. Tulang dan gigi akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah keropos. Apabila tubuh kekurangan kalsium dan fosfor, resiko terkena penyakit tulang seperti osteoporosis akan menjadi lebih besar.

6. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Manfaat ketan hitam yang terakhir adalah untuk kesehatan pencernaan. Perlu diketahui bahwa di dalam ketan hitam terdapat kandungan serat yang tinggi. Serat inilah yang berperan penting untuk menjaga kesehatan pencernaan manusia.

Kendati bertanggung jawab dalam menyerap nutrisi yang masuk, saluran pencernaan harus dijaga agar bisa berjalan dengan baik. Maka dari itu, penting untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi seperti ketan hitam.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar manfaat ketan hitam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Ketan hitam bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasaran. Selain dibuat bubur, ketan hitam juga bisa dijadikan makanan lain seperti tape dan kue.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.