Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 6 Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani dengan Rutin

Rizki Indra
Rizki Indra
10 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat latihan kebugaran jasmani yang wajib diketahui.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Selain menerapkan pola makan sehat, harus dibarengi juga dengan olahraga secara rutin dan teratur. Banyak bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa dilakukan di tempat olahraga maupun di rumah. Seseorang yang memiliki kebugaran jasmani baik, semakin kuat juga daya tahan tubuhnya. Selain itu, manfaat latihan kebugaran jasmani secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit. Berikut manfaat selengkapnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Menjaga Berat Badan


Manfaat latihan kebugaran jasmani dapat membakar kalori dalam tubuhmu. Hal ini yang membuatnya dapat menjaga, bahkan menurunkan berat badan. Agar mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu tidak perlu secara khusus berlatih di pusat olahraga. Cukup konsisten bergerak secara aktif, seperti rajin berjalan kaki dan memilih naik tangga daripada elevator.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Berat


Melakukan kebugaran jasmani secara rutin dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit jantung, stroke, penyakit pencernaan, kanker dan arthritis. Serangan jantung sendiri dikenal sebagai silent killer yang seringkali tidak menunjukkan gejala apa pun.

Jika tidak ingin terkena penyakit ini di kemudian hari, melakukan kebugaran jasmani secara rutin agar otot jantung terlatih dan menjadi lebih kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung yang kuat akan mampu menjaga tekanan darah tetap stabil sehingga kamu terhindar dari risiko penyakit jantung.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi


Manfaat kebugaran jasmani dapat menurunkan kadar gula darah tinggi. Hal ini karena ketika berolahraga, sel-sel di tubuh menjadi mudah untuk mencerna gula dari dalam darah. Jika dilakukan secara rutin akan mampu mengontrol kadar gula dara menjadi lebih stabil. Membuat kamu memiliki risiko lebih rendah terjangkit diabetes tipe 2.

banner consideration promotion bg blue

4. Menjaga Kesehatan Tulang


Latihan kebugaran jasmani dapat memperkuat tulang dan memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Hal ini akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Ketika berolahraga, kamu akan terhindar dari penyakit tulang, seperti osteoporosis, terutama pada orang yang masih berusia 20–30 tahun. Bentuk latihan kebugaran jasmani yang bisa kamu lakukan untuk memperkuat tulang yaitu mendaki, naik turun tangga dan angkat beban.

5. Mengatasi Stres dan Depresi


Manfaat kebugaran jasmani bagi kesehatan mental dapat mengurangi stres yang diakibatkan depresi. Bahkan juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari sehingga menurunkan tingkat stres kamu di hari berikutnya.

Ketika berolahraga, kadar serotonin dalam darah akan meningkat yang umumnya menurun pada penderita depresi. Orang yang rutin berolahraga juga cenderung memiliki emosi dan kesehatan mental yang lebih baik sehingga terhindar dari risiko mengalami gangguan mental.

6. Memperbaiki Postur Tubuh


Bentuk latihan kebugaran jasmani yang dapat memperbaiki postur tubuh adalah back lift yang bermanfaat  untuk membentuk otot bagian punggung agar menjadi lebih kekar dan simetris.  Biasanya, latihan fisik ini dilakukan dengan skema badan menghadap ke lantai secara lurus, kemudian perlahan menggerakkan bagian kepala ke atas sampai maksimal.

Banyak manfaat dari jenis bentuk latihan kebugaran jasmani ini, yaitu meningkatkan kekuatan tubuh, menurunkan berat badan, mencegah cedera dan memperbaiki postur tubuh.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat latihan kebugaran jasmani  yang dilakukan secara rutin. Manfaat ini bisa diperoleh dengan rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari. Mengingat banyaknya manfaat latihan kebugaran jasmani, maka jangan sampai kamu tidak melakukan latihan ini ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.