Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Nasi Jagung Sangat Cocok untuk Diet

Rizki Indra
Rizki Indra
13 Jul 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat nasi jagung untuk diet sangat penting diketahui.

Saat berdiet, nasi putih memang kurang disarankan untuk dikonsumsi. Sebagai gantinya, nasi merah dipilih karena memiliki sedikit kalori dengan kandungan serat yang tinggi. Namun sayangnya, nasi merah cukup sulit untuk ditemukan di beberapa daerah, harganya pun jauh lebih mahal dibanding nasi putih biasa. Sebagai solusinya, Anda bisa mengganti nasi merah menjadi nasi jagung. Sebab, manfaat nasi jagung tidak kalah dari jenis nasi lainnya.

banner consideration shipping bg blue

Nasi jagung berasal dari biji jagung tua yang diolah dengan cara ditumbuk kemudian dimasak seperti nasi pada umumnya. Tidak hanya lebih sehat, nasi jagung juga memiliki lebih banyak manfaat untuk tubuh. Simak 6 manfaat nasi jagung yang cocok untuk diet berikut ini.

1. Membantu Menyehatkan Mata


Nasi jagung dapat membantu membuat mata menjadi lebih sehat. Kandungan lutein dan zeaxanthin yang terdapat dalam nasi jagung dapat membantu meminimalisir risiko terkena katarak. Seperti yang diketahui, katarak adalah gangguan pada mata yang umumnya sering dialami oleh para lansia.

Lansia memiliki risiko tinggi terkena Age-related Macular Degeneration (AMD). Mengkonsumsi nasi jagung secara rutin dapat membantu menurunkan risiko terkena AMD hingga 43%. Hal ini tentunya tidak akan didapatkan jika hanya mengkonsumsi nasi putih biasa.

2. Mencegah Anemia


Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh. Nasi jagung memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Hal ini dapat membantu mencegah anemia atau kekurangan darah.

Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang terkena anemia adalah kurangnya asupan zat besi dan asam folat. Selain mengandung zat besi, nasi jagung juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Asam folat dalam nasi jagung dapat membantu membentuk sel darah merah dalam tubuh.

3. Memenuhi Asupan Serat


Nasi jagung dapat membantu memenuhi asupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal inilah yang membuat nasi jagung dipilih sebagai menu diet harian. Serat pada jagung dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Tidak hanya itu saja, nasi jagung juga dapat membantu meminimalisir penyakit jantung dan kanker.

banner consideration promotion bg blue

4. Membantu Mengontrol Gula Darah


Bagi penderita diabetes, nasi jagung bisa menjadi asupan karbohidrat yang mengenyangkan sekaligus menyehatkan. Nasi jagung dapat membantu mengontrol gula darah orang normal maupun penderita diabetes. Tidak hanya itu saja, nasi jagung juga dapat membantu menurunkan penyerapan kolesterol dan mengontrol insulin dalam tubuh.

5. Membantu Mencegah Peradangan


Peradangan merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup sering dialami. Tidak hanya radang tenggorokan, peradangan bisa berupa sembelit, radang sendi, asma, GERD, dermatitis, dan penyakit usus. Peradangan dapat membuat produktivitas harian menjadi terganggu. Nasi jagung dapat membantu mencegah peradangan. Nasi jagung memiliki kandungan protein dan fitokimia yang bermanfaat dalam mematikan virus penyebab peradangan.

6. Memperlancar Pencernaan


Kandungan serat tidak larut yang terdapat pada nasi jagung diketahui dapat membantu melancarkan pencernaan. Kendati termasuk dalam kategori serat tidak larut, asupan serat yang masuk akan tetap berada di saluran pencernaan setelah dikonsumsi.

Serat tidak larut akan membantu kotoran atau tinja untuk melewati sistem pencernaan dengan lancar. Apabila saluran cerna dalam keadaan sehat, gangguan pencernaan seperti wasir, sembelit, dan kanker usus pun tidak akan menyerang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar manfaat nasi jagung untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui. Saat ini nasi jagung sudah tersedia dalam versi instan yang lebih praktis dan terjangkau, jadi Anda tidak perlu repot-repot menumbuk jagung untuk membuat nasi jagung.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.