Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 6 Manfaat Protein yang Penting untuk Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat protein sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Protein ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Tanpa adanya protein, banyak gangguan kesehatan yang akan mengintai, mulai dari pembengkakan bagian tubuh dan suasana hati yang tak menentu hingga lesu. Mengetahui sederet manfaat protein ini akan membantu kamu untuk lebih semangat dalam mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi. Berikut manfaatnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Sebagai Sumber Energi


Energi merupakan komponen utama yang dibutuhkan tubuh agar dapat terus bergerak dan beraktivitas sehari-hari. Karenanya, manfaat utama protein bagi tubuh adalah sebagai sumber energi, sama seperti karbohidrat dan lemak.

Mengenai kelebihan asupan, protein mirip dengan karbohidrat. Ketika kamu konsumsi lebih banyak protein dari yang dibutuhkan, tubuh akan mengalihkan kelebihan protein tersebut dalam bentuk lemak yang akan menjadi sumber energi cadangan untuk tubuh.

2. Mengurangi Rasa Lapar yang Mengganggu


Rasa lapar dan nafsu makan tinggi, bisa mengundang kebiasaan makan berlebih yang berakhir dengan obesitas. Hasil penelitian membuktikan, bahwa protein merupakan nutrisi yang paling mengenyangkan dibandingkan lemak dan karbohidrat, karena protein mampu mengurangi kadar hormon ghrelin yang mengatur rasa lapar.

Selain itu, protein juga bermanfaat dalam meningkatkan produksi hormon peptide YY, yang membuat mudah merasa kenyang. Hasil penelitian membuktikan, mengonsumsi 30% protein dari makanan, bisa membuat responden yang obesitas, mengurangi 441 kalori dalam pola makannya.

3. Meningkatkan Metabolisme dan Merangsang Pembakaran Lemak


Makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang pembakaran lemak. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang mengatakan, mengonsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin dapat membakar sekitar 80-100 kalori per harinya.

banner consideration promotion bg blue

Bahkan, ada penelitian yang juga membuktikan, bahwa konsumsi makanan berprotein tinggi secara rutin mampu membakar 260 kalori per harinya. Sama seperti ketika kamu melakukan latihan kardio selama satu jam penuh.

4. Perbaikan dan Perawatan Jaringan Tubuh


Manfaat protein sangat vital untuk membantu pemeliharaan jaringan tubuh, termasuk pengembangan dan perbaikan. Mulai dari rambut, kulit, mata, otot, hingga organ semuanya terbuat dari protein.

Maka dari itu, anak-anak membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan orang dewasa karena mereka masih dalam masa pertumbuhan. Memenuhi asupan protein yang cukup dalam tubuh mereka menjadi sangat dibutuhkan, agar pertumbuhannya berjalan dengan baik.

Begitu pula pada wanita hamil, mereka perlu meningkatkan asupan protein agar membantu tumbuh kembang bayi dan menjaga kesehatan sang ibu.

5. Menurunkan Tekanan Darah


Tekanan darah tinggi adalah faktor utama penyebab dari penyakit jantung. Uniknya, dengan mengonsumsi makanan dengan protein tinggi secara rutin, tekanan darah kamu dapat menurun signifikan.

Meningkatkan asupan protein bisa membuat tekanan darah sistolik menurun sampai 1,76 mmHg dan tekanan darah diastolik sampai 1,15 mmHg.

6. Menyeimbangkan Cairan Tubuh


Protein juga bermanfaat untuk mengatur tubuh agar selalu menjaga keseimbangan cairan. Misalnya pada albumin dan globulin yang merupakan protein dalam darah, yang berfungsi menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan menarik dan menahan air.

Jika kamu tidak memenuhi protein yang cukup, kadar albumin dan globulin akan menurun. Hal ini membuat protein tidak dapat lagi menyimpan darah di pembuluh darah sehingga cairan dipaksa masuk ke ruang di antara sel-sel.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ketika cairan terus menumpuk di ruang-ruang antara sel-sel ini, maka akan terjadi pembengkakan atau edema, khususnya di daerah perut.

Itulah manfaat protein bagi tubuh yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.