Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 6 Teknik Pemasaran Efektif Guna Memajukan Usaha

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Jul 2021
Clock Icon
4 menit
Teknik pemasaran sangat penting untuk perkembangan usaha.

Laku tidaknya sebuah produk tidak bisa dilepaskan dari seberapa efektif teknik pemasaran yang dilakukan. Semakin tinggi efektivitas teknik pemasarannya otomatis produk akan semakin laku di pasaran. Artinya teknik untuk pemasaran yang baik berdampak pada pendapatan dan keuntungan sebuah usaha. Makin bagus teknik dalam pemasaran produk artinya keuntungan juga lebih banyak.

banner consideration shipping bg blue

Teknik pemasaran memiliki pengertian yaitu metode yang dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produknya baik berupa barang maupun jasa melalui strategi terbaik dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Atau bisa diartikan juga sebagai segala aktivitas yang dilakukan oleh sebuah bisnis untuk meningkatkan reputasi dan visibilitas perusahaan.

Lalu, bagaimanakah cara untuk melakukan pemasaran produk agar bisa diminati oleh konsumen? Pemasaran produk bisa dilakukan dengan teknik dan cara sebagai berikut.

1. Buat Segmentasi dan Target Pasar


Sebelum membuat dan menjual sebuah produk buat dulu segmentasi pasar yang tepat. Lakukan pengelompokan konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin, pekerjaan, domisili dan hal-hal lainnya. Setelah itu lakukan survei kelompok mana yang paling potensial menjadi target pasar produk tersebut. Contohnya, kalau akan menjual produk minuman boba target pasar yang paling potensial adalah remaja dan mahasiswa.

2. Rencanakan Produk


Setelah membuat dan menemukan segmen pasar yang tepat selanjutnya rencanakan produk yang akan dibuat. Maksudnya disini adalah buatlah secara detail bahan apa yang digunakan, bagaimana pengemasannya, apa mereknya dan sebagainya. Sebisa mungkin buatlah produk yang berbeda dari yang sudah ada agar lebih menarik minat konsumen.

3. Memberikan Sampel


Jangan ragu untuk memberikan contoh atau sampel secara gratis kepada konsumen agar mereka mengenal produk tersebut. Meskipun terkesan sederhana namun pemberian sampel produk secara gratis merupakan cara pemasaran yang cukup efektif. Konsumen akan mengenal bagaimana produk tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya.

banner consideration promotion bg blue


Kalau mereka suka di lain kesempatan pasti akan membeli produk tersebut walaupun harganya mahal. Membentuk kesan pertama yang bagus pada konsumen merupakan  kunci agar mereka ingat dan menyukai produk yang ditawarkan.

4. Memaksimalkan Promosi dengan Media Sosial


Tidak bisa dipungkiri bahwa penggunaan media sosial saat ini sangat tinggi dan dilakukan oleh hampir semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa. Nah, itu berarti semua pengguna media sosial merupakan calon konsumen potensial.

Memaksimalkan promosi melalui media sosial terutama yang sangat banyak penggunanya seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. Kenalkan produk beserta kelebihannya melalui media sosial tersebut sehingga orang yang melihatnya tertarik untuk mencoba.

5. Manfaatkan Pemasaran dari Mulut ke Mulut


Meskipun zaman sudah sangat maju dan teknologi digital banyak digunakan dalam hal apapun namun bukan berarti cara konvensional sudah tidak efektif lagi. pemasaran melalui cara mulut ke mulut masih sangat efektif untuk menambah jumlah konsumen. Selama produk yang ditawarkan berkualitas maka teknik mulut ke mulut akan berjalan dengan sendirinya.

Konsumen yang merasa puas dengan produk tersebut akan memberitahukannya kepada orang lain begitu seterusnya. Keuntungan dari teknik ini adalah gratis tanpa harus keluar biaya sedikitpun namun efektivitasnya cukup tinggi.

6. Bina Hubungan Baik dengan Konsumen


Bagaimana membuat konsumen bisa loyal kepada sebuah produk dalam jangka panjang? Caranya adalah dengan membina hubungan baik. Berikan reward pada konsumen yang sudah menjadi langganan cukup lama. Reward bisa berupa voucher, undangan seminar gratis, sampel produk baru dan sebagainya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa teknik pemasaran yang bisa Anda pakai untuk usaha Anda. Teknik pemasaran yang efektif akan mendatangkan konsumen baru dan mempertahankan pelanggan lama yang loyal. Keberadaan konsumen sangat penting bagi kemajuan sebuah usaha karena tanpa mereka bisnis sebesar apapun bisa mengalami kebangkrutan karena produknya tidak terjual.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.