Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 7 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara mendidik anak agar mandiri dan berani yang mudah dilakukan.

Bagi orang tua, pendidikan mental anak sangat penting diperhatikan. Orang yang  sukses sejatinya mempunyai kondisi mental yang kuat. Dasar-dasar mental yang kuat pada seorang anak ini harus dibentuk sejak usia dini. Sifat-sifat seperti mandiri, berani, dan bertanggung jawab akan lahir dari kondisi mental yang baik, berkat pembentukan dan didikan orang tua sejak usia dini. Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar mandiri dan berani? Berikut ulasannya:

banner consideration shipping bg blue

1. Mendorong Anak Mencoba Hal Baru


Sesuatu yang baru biasanya akan menimbulkan rasa takut apabila tidak dicoba, karena ketidaktahuan anak mengenai hal tersebut. Jika tidak dibiasakan sejak kecil, kelak anak akan menjadi orang yang mudah ragu dan khawatir. Lemoparents bisa mendorong anak mencoba berbagai permainan baru, rasa makanan baru, juga berjalan-jalan ke tempat baru tentu saja dalam pengawasan Lemoparents.

2. Berikan Anak Kepercayaan


Cara mendidik anak agar mandiri dan berani dengan memberikan kepercayaan kepadanya akan membuat anak mudah percaya diri dan memiliki rasa tanggung jawab. Mulailah berikan kepercayaan dari hal-hal kecil, misalnya mempercayai anak untuk mengambil makanan sendiri, makan sendiri, dan lainnya. Selama hal ini masih sanggup dilakukan anak.

3. Membiasakan Anak Berpikir Kritis


Kemampuan anak untuk berpikir kritis harus dibina sejak dini sekali, agar kelak anak tidak jadi orang yang apatis. Ketika anak sudah mampu berpikir kritis, maka anak dapat memutuskan mana hal yang sesuai, baik untuknya dan tidak baik. Anak akan tahu mana hal yang harus dilakukan, dan tidak. Oleh karena itu, biasakan mengajak anak berdiskusi dan menanyakan pendapatnya tentang berbagai masalah mulai dari yang kecil hingga yang penting.

4. Jangan Menakuti Anak


Seringkali ketika orang tua kesulitan melarang anak untuk melakukan sesuatu maka akan menakut-nakuti anak agar membuatnya menurut. Hal tersebut justru akan membentuk pikiran negatif anak dan membuatnya takut untuk melakukan berbagai hal, bukannya mengerti alasan mengapa orang tua melarangnya.

banner consideration promotion bg blue

5. Jangan Memaksa


Memaksa anak untuk melakukan sesuatu akan membuatnya trauma dan menghubungkan hal tersebut dengan sesuatu yang tidak menyenangkan. Kelak ia tidak mau mencoba hal baru dan selalu merasa takut karena pernah dipaksa.

Misalnya, anak yang tidak mau makan dipaksa dengan menyuapkan makanan ke mulutnya. Anak akan menghubungkan kegiatan makan tersebut dengan sesuatu yang tidak menyenangkan. Maka ia akan menjadi sulit makan dan kurang punya selera terhadap makanan.

6. Melatih Anak Sejak Kecil


Terbentuknya mental anak yang berani dan mandiri tidak akan terjadi tiba-tiba tanpa dilatih sejak kecil. Lemoparents bisa memulainya dari melatih kesabaran anak, seperti membiasakan anak tidur sendiri, makan sendiri, sikat gigi, mencuci piring, membersihkan kamar dan semua kegiatan harian lainnya. Hal ini akan melatih kemampuan dasar anak agar bisa mengurus dirinya sendiri.

7. Ajari Anak Mengenal Risiko


Membiarkan anak membuat keputusan sendiri akan mudah jika anak paham mengenai konsekuensi dan risiko yang dihadapi saat melakukan sesuatu. Anak akan mampu berpikir apa akibat jika melakukan sesuatu dan mampu memutuskan hal itu baik untuk dilakukan atau tidak, serta apa dampaknya terhadap dirinya sendiri dan orang lain.

Misalnya, ketika anak ingin memanjat pohon, ia akan bisa memperkirakan bahaya atau resiko yang akan dihadapinya. Bahwa bisa saja jatuh jika tidak berhati-hati.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara mendidik anak agar mandiri dan berani. Diharapkan beberapa tips ini bisa membantumu untuk memberikan pengajaran terbaik agar anak bisa mandiri sekaligus berani ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.