Inilah 7 Cara Menghadapi Tekanan Kerja yang Sangat Efektif

Bekerja mencari nafkah dan memikul tanggung jawab besar atas pekerjaan yang dilakukan, sering kali membuat seseorang merasa stres dan tertekan. Akibatnya, banyak diantara mereka yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan tersebut dan menganggur untuk beberapa waktu, bahkan enggan kembali bekerja di perusahaan di bidang terkait. Guna mengatasi hal tersebut, 7 cara menghadapi tekanan kerja berikut mungkin bisa jadi bahan solusi.

banner consideration shipping bg blue

1. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Setiap proses pekerjaan mungkin memiliki resiko kegagalannya masing-masing. Atas risiko tersebut, beberapa hal yang kamu kerjakan bisa saja tidak bekerja dengan mulus tanpa hambatan berarti. Pada fase ini, cobalah untuk menenangkan diri dan berhenti menyalahkan diri sendiri. Renungkan segala perkara yang menyebabkan usaha kamu terhalang, kemudian pikirkan solusinya dengan kepala dingin.

2. Mengambil Jatah Cuti

Jika kamu memiliki jatah cuti yang belum digunakan, manfaatkan ‘porsi istirahat’ tersebut dengan maksimal. Sejatinya, rutinitas bekerja sering menyebabkan stres dan tubuh lelah. Oleh sebab itu, gunakanlah jatah cuti yang disediakan perusahaan tempat kamu bekerja supaya tubuh dan pikiran kembali rileks.

Usahakan untuk merencanakan agenda cuti kamu sejak jauh-jauh hari, dengan begitu kamu dapat menikmatinya dengan cara yang istimewa. Terdapat begitu banyak kegiatan berguna yang bisa kamu lakukan kala cuti, misalnya saja berlibur ke kampung halaman, mengikuti kursus keterampilan, menikmati waktu bersama keluarga, dan lain sebagainya.

3. Memasang Senyum dan Menebar Energi Positif

Salah satu studi populer asal Amerika mengungkapkan bahwa sering memasang senyum akan menyingkirkan rasa frustasi yang terbelenggu di hati dan pikiran. Selain membantu kita melupakan sejenak masalah pekerjaan yang menerpa, dengan memasang senyum secara tidak langsung kita sedang menyebarkan energi positif ke lingkungan sekitar. Dimana energi itu akan menciptakan suasana kerja yang lebih kondusif sekaligus membantu memperdekat hubungan kamu dengan pekerja lain di perusahaan tersebut.

4. Menata Ulang Meja Kerja

Beberapa orang akan merasa stres dan tertekan saat lingkungan tempatnya bekerja berantakan dan terkesan tidak terawat. Untuk itu, bersihkan dan tata ulang meja kerja kamu agar suasana kerja yang baru bisa tercipta. Kamu bisa menatanya berdasarkan kategori objek, tanggal penyetoran pekerjaan, atau tingkat kepentingan pekerjaan tersebut.

banner consideration promotion bg blue

5. Fokuskan Diri Untuk Mencapai Target Kerja

Meski tenggat penyetoran pekerjaan terasa mengekang, cobalah untuk memfokuskan diri demi mencapai target kerja perusahaan.

6. Bersosialisasi dengan Lingkungan Kantor

Tak peduli seberapa berat tekanan kerja yang kamu terima, kamu akan menghabiskan sebagian besar waktu yang kamu miliki setiap harinya di tempat kerja. Atas alasan tersebut, buatlah dirimu senyaman mungkin dengan melakukan interaksi bersama rekan kantor.

Jika diperlukan, kamu bisa menganggap kantor sebagai rumah kedua agar kehidupan pekerjaanmu berjalan lebih nyaman. Jalinlah komunikasi yang baik dan sehat dengan rekan kerja. Dengan begitu, kamu tidak lagi akan merasa kesepian ataupun terasingkan dari lingkungan kantor.

7. Jangan Pernah Bawa Pekerjaan Kantor Pulang

Sebagian pekerja memilih untuk membawa pulang pekerjaan yang belum diselesaikannya di kantor. Tindakan seperti ini hanya akan membuat pekerja merasa lebih tertekan, seakan tidak ada lagi ruang baginya untuk beristirahat dan pemulihan jiwa juga pikirannya dari pekerjaannya. Lantaran rumah yang dianggapnya sebagai tujuan untuk meleburkan rasa lelah sudah beralih fungsi menjadi tempat kerja kedua.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ingat, untuk bisa mengaplikasikan cara menghadapi tekanan kerja di atas, kamu harus menganggap kantor sebagai tempat tinggal kedua. Bukan sebaliknya dan menganggap rumah sebagai tempat kerja kedua.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami