Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 7 Cara Tradisional Melatih Anak Cepat Bicara

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara tradisional anak cepat bicara yang mudah dicoba.

Ragam cara tradisional anak cepat bicara lagaknya telah banyak digunakan masyarakat Indonesia sejak dulu. Konon, metode pengajaran untuk membantu anak cepat bicara ini sangatlah efektif jika diterapkan dengan benar. Menyinggung soal cara tradisional melatih anak supaya lebih cepat bicara, sebenarnya apa saja sih metode yang dimaksud?


Di bawah ini merupakan beberapa cara tradisional yang bisa diaplikasikan agar anak cepat bicara.

1. Bernyanyi dan Bersenandung


Sejak bayi baru lahir, cobalah untuk sering bernyanyi dan bersenandung di depan anak. Bayi mungkin hanya akan memberikan respons berupa senyuman atau ocahan, namun trik ini cukup efektif mempercepat kemampuan bayi berbicara. Bayi bakal memperhatikan bagaimana mulut bergerak dan mendengarkan tiap-tiap ucapan yang dikeluarkan orang dewasa.

2. Berbicara Dengan Bayi


Sejak masih bayi, cobalah untuk sering-sering mengajak anak kamu berbicara. Memang mereka belum bisa menjawab dengan baik, namun upaya ini bisa mengajari reaksi yang sangat baik antara orang tua dan buah hati. Kemampuan bayi masih sangat terbatas dan paling sering menangis. Namun, mengajak mereka berbicara sejak dini sangat baik dalam meningkatkan hubungan orang tua dan bayi sekaligus melatih kemampuan bayi untuk peka terhadap suara.

3. Beri Mainan Bersuara


Mainan yang mengeluarkan suara sangat baik dalam memancing reaksi anak ketika sedang belajar berbicara. Sekarang ini, ada banyak sekali jenis mainan bersuara yang dijual dipasaran. Misalnya saja boneka yang dapat menirukan suara bayi atau jenis mainan yang memberikan suara manusia.


Saat anak sudah mulai mampu merekam memori, yakni sekitar 8 bulan ke atas, kamu dapat mengenalkan berbagai suara binatang atau objek yang sering terlihat dalam kehidupan sehari-hari.

4. Permainan di Depan Cermin


Jenis permainan kreatif ini menjadi salah satu hiburan yang menyenangkan bagi anak. Kamu dapat memulai game ini saat anak sudah berusia 6 bulan ke atas. Sederhana saja, cobalah tanyakan dimana ibu, siapa namamu, atau ucapan sederhana lainnya.

5. Permainan Pertanyaan dan Tunjuk


Saat anak mulai berjalan, orang tua bisa mengajaknya berbicara dengan permainan pertanyaan dan menunjuk. Mudah saja, orang tua hanya perlu memberikan sebuah pertanyaan kemudian minta anak untuk menunjukkan arah objek yang ditanyakan. Contohnya saja dimana bunga mawar, dimana mobil truk berada, dimana kucing tetangga bersembunyi, atau yang lainnya. Trik ini juga bisa jadi salah satu cara mengajar anak autis untuk bicara saat mereka tidak mempunyai konsentrasi yang cukup baik.

6. Permainan Sebutkan Fisik Anak


Saat anak menginjak usia 1 tahun atau lebih, biasanya perkembangan motorik dan sensoriknya sudah cukup baik. Di usia ini, orang tua dapat mencoba untuk memberikan sejumlah pertanyaan berupa tunjuk fisik anak. Sebagai contoh, ibu menanyai anaknya ‘ini apa?’ sembari menunjuk mata atau hidung. Metode ini bisa jadi langkah yang efektif untuk mendorong anak mengetahui fisik mereka secara lengkap. Pada tahap ini, orang tua bisa terus mengulangi cara ini sampai anak hafal.

7. Bermain Cilukba


Siapa bilang permainan ci luk baa hanya bentuk hiburan iseng yang dilontarkan orang dewasa kepada anak-anak? Rupanya tidak selalu demikian loh! Permainan ini bisa membantu mempercepat bicara anak. Caranya adalah dengan menutup wajah menggunakan tangan dan berikan tebakan seperti ‘siapa ini?’ dan saat kamu membuka tangan, kamu dapat memberikan kejutan kepada anak dalam bentuk ekspresi wajah.


Itulah beberapa cara tradisional anak cepat bicara yang bisa kamu coba di rumah. Bagaimana? Manakah dari sederet metode pengajaran di atas yang paling sering kamu praktekkan?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.