Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 7 Cara untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak cara meningkatkan produktivitas kerja yang bisa diterapkan dengan mudah.

Sibuk dan produktif, adalah dua hal yang terlihat sama, namun ternyata berbeda. Biasanya, orang sibuk hanya terfokus pada padatnya kegiatan, namun orang produktif akan dibarengi sesuatu yang dihasilkan. Dalam bekerja, seringkali kamu merasa malas ataupun kurang bergairah sehingga produktivitas dapat menurun. Untuk itu, supaya kamu tetap produktif dalam bekerja, maka lakukanlah beberapa hal berikut ini:

1. Buat Rencana Kerja


Adanya rencana kerja akan lebih membantu kamu untuk lebih produktif, sehingga pekerjaan akan ada hasilnya. Bayangkan jika kamu melangkah namun tak ada tujuan, maka mungkin saja lebih banyak waktu terbuang, bukan? Beda halnya dengan jika kamu tahu apa tujuannya, maka semua dapat berjalan lebih lancar tanpa banyak meraba-raba. Salah satu caranya adalah membuat to do list rutin yang akan dikerjakan.

2. Buat Skala Prioritas


Setelah menentukan apa saja yang akan dikerjakan, kamu kemudian dapat menentukan skala prioritas dari poin-poin tersebut. Mana yang lebih urgent dan harus cepat terselesaikan serta mana yang dapat menunggu beberapa waktu. Jika kamu bisa menentukan prioritas kegiatan pada tempatnya, bukan tak mungkin tujuan akan tercapai tanpa meleset.

3. Time Management yang Baik


Selain perencanaan dan skala prioritas, manajemen waktu juga merupakan hal penting dalam produktivitas. Mungkin seringkali kamu merasa tak ada waktu untuk mengerjakan sesuatu, padahal kegiatan tersebut hanya tidak masuk prioritas kamu sehingga waktunya pun terkesan tak ada. Dengan skala prioritas ditambah manajemen waktu yang baik, semua dapat berjalan sesuai dengan keinginan.

4. Hindari Hambatan


Dalam pelaksanaanya nanti bukan berarti kamu bisa mulus-mulus saja tanpa adanya gangguan ataupun hambatan. Hal tersebut mungkin saja ada, maka kamu perlu menyiasati dan menghindarinya. Hambatan itu bisa dari luar atau dari dalam. Misalnya dari lingkungan sekitar atau diri sendiri. Jika gangguan datangnya dari lingkungan, maka usahakan jika tempat kerja kamu nyaman dan kondusif, namun jika datangnya dari dalam diri, maka kuatkanlah dengan motivasi.

5. Mulai dengan Target Kecil


Supaya terlihat progress capaiannya, kamu tak harus selalu muluk-muluk dengan hasil yang besar. Tetaplah berproses mulai dari target yang sederhana. Yang penting biasakan diri kamu untuk selalu produktif.

6. Biasakan Evaluasi


Evaluasi setelah bekerja terbilang hal yang penting. Karena dengan demikian, kamu dapat mengetahui apa yang kurang, apa yang sudah tepat, apa yang harus ditambah, dan lain sebagainya untuk diperbaiki di kemudian hari. Analisis seberapa efektif atau berpengaruh strategi yang selama ini kamu jalankan. Petakan apa saja hambatan yang mungkin terjadi dan cari solusi terbaiknya.

7. Buat Prosesnya Lebih Menyenangkan


Apa yang dikerjakan dari hati, maka hasilnya pun akan sampai ke hati. Jika dilakukan dengan menyenangkan maka pekerjaan akan terasa lebih ringan. Maka penting juga menjaga mood atau suasana hati ketika bekerja. Cintai apa yang kamu lakukan dan lakukan apa yang kamu cintai saat bekerja. Misal, bagi yang menyukai musik, bisa bekerja sambil mendengarkan lagu, bagi yang suka suasana sejuk bisa mengatur ruangan kerja supaya terkesan fresh, bahkan untuk kamu yang hobi ngemil, camilan Lemonilo Brownies Crispy dan Lemonilo Chimi siap temani proses produktivitas kamu.


Demikian informasi mengenai tips dan cara meningkatkan produktivitas yang bisa kamu jadikan referensi. Semoga setelah ini kamu bisa meningkatkan produktivitas dengan lebih baik ya, Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.