Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 7 Langkah Memulai Bisnis yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
24 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak langkah memulai bisnis yang bisa dipelajari pengusaha pemula.

Mengambil keputusan untuk memulai usaha sendiri memang tidak mudah. Ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan dengan matang agar bisa memulai usaha atau bisnis sendiri. Langkah memulai bisnis tentu ada beberapa tahapan, tidak bisa dilakukan secara tiba-tiba tanpa adanya tahapan yang benar. Lalu, apa saja langkah yang dimaksud? Simak di bawah ini ya, Lemonizen.

1. Melakukan Riset


Bagi orang yang sudah yakin akan memiliki bisnis sendiri maka melakukan riset adalah awal untuk memulainya. Langkah memulai bisnis yang pertama ini memegang peran penting untuk bisa memulai sebuah usaha sendiri. Tentunya riset ini dilakukan untuk melihat seberapa besar peluang bisnis yang dicanangkan bisa berhasil.


Riset kecil-kecilan ini meliputi riset tentang produk yang banyak dibutuhkan di masyarakat, target pasar yang sesuai dengan produk, lalu kompetisi di pasar seperti apa juga perlu dilakukan riset terlebih dahulu. Jika sudah melakukan riset dengan rinci tentu persiapan bisa lebih matang untuk memulai bisnis.

2. Membuat Perencanaan Bisnis


Membuat sebuah perencanaan juga menjadi salah satu langkah memulai bisnis. Ide yang ada dituang dalam sebuah perencanaan bisnis yang matang sebelum direalisasikan. Perencanaan tersebut akan membuat pelaku bisnis lebih mudah menjalankan bisnis dari langkah paling awal sampai nanti menginjak rencana pengembangan usaha. Intinya, perencanaan dalam memulai bisnis ini wajib, karena nanti akan menjadi penuntun pelaku bisnis memulai hingga mengembangkan usahanya.

3. Perencanaan Keuangan


Langkah memulai bisnis selanjutnya adalah dengan membuat perencanaan keuangan. Jika sudah membuat rencana tahapan yang harus dilakukan untuk membuka usaha sendiri, maka selanjutnya membuat perencanaan keuangan. Baik usaha kecil sekalipun membutuhkan perencanaan keuangan yang tepat agar bisnis bisa berjalan, bertahan, dan berkembang. Keuntungan pun bisa terpantau dengan baik jika ada perencanaan keuangan tersebut.

4. Mendaftarkan Brand


Nama sebuah bisnis atau brand memegang peran yang penting dalam menjalankan sebuah usaha. Sebaiknya pilih nama usaha yang memiliki potensi baik dan jangan lupa melakukan periksa merek dagang, dan daftarkan nama brand tersebut. Untuk lebih meningkatkan awareness brand kamu tersebut, buatlah website dan media sosial agar masyarakat dapat mengenalnya dengan lebih mudah.

5. Memiliki Izin Usaha


Dokumen penting seperti lisensi dan izin usaha adalah salah satu aspek penting yang bisa membuat bisnis bisa berjalan dengan baik dan legal dimata hukum. Jika bisnis memiliki lisensi dan juga izin usaha tentunya bisnis tersebut lebih kredibel dan mendapat nilai plus dari para calon konsumen.

6. Menyiapkan Lokasi Bisnis


Lokasi bisnis ini merupakan sebuah tempat untuk mengoperasikan usaha yang kamu bangun. Baiknya mencari lokasi yang sesuai dengan bisnis itu sendiri. Perlu mempertimbangkan apakah harus menyewa atau membeli sebuah tempat usaha untuk memulai bisnis yang sudah direncanakan.

7. Melakukan Promosi


Ini adalah bagian penting dalam langkah memulai bisnis. Mempromosikan produk adalah hal utama agar bisa menjalankan sebuah bisnis. Tujuan dari promosi ini adalah untuk memperoleh pelanggan dan mendapatkan keuntungan. Jika tidak mempromosikan produk dengan baik dan benar tentu target pasar tidak bisa dicapai. Strategi pemasaran harus dipelajari dengan baik dan dilakukan dengan benar.


Pada intinya langkah memulai sebuah bisnis adalah hal penting yang harus diperhatikan setiap pebisnis pemula. Langkah ini juga membutuhkan rencana yang matang dari segala aspek. Dengan persiapan dan rencana yang matang, bisnis yang akan dirintis bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.