Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Angkat Beban Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat angkat beban untuk tubuh yang penting diketahui.

Manfaat angkat beban kini tidak hanya dirasakan kaum pria karena banyak pula wanita yang melakukan olahraga ini. Meski banyak orang mengetahui angkat beban identik dengan pembentukan tulang, nyatanya manfaat olahraga ini tidak berhenti sampai disitu saja.


Bagi kamu yang rajin berolahraga dan bosan dengan rutinitas olahraga yang itu-itu saja, tidak ada salahnya untuk mencoba angkat beban. Beragam keuntungan bisa didapatkan apabila secara rutin melakukannya. Selain terbentuknya tulang, berikut 7 manfaat yang akan didapatkan dengan rajin dan teratur melakukan angkat beban.

1. Mampu Menurunkan Berat Badan


Olahraga ini cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan. Melakukan angkat beban akan membantu tubuh membakar kalori secara terus menerus, bahkan jika sudah selesai melakukannya.


Pembentukan otot yang terjadi selama melakukan kegiatan angkat beban membantu peningkatan laju metabolisme tubuh. Pembentukan massa otot juga akan membantu efektifitas proses pembakaran lemak.

2. Mengoptimalkan Kesehatan Tulang


Melakukan angkat beban secara teratur ternyata juga dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang. Bagi para wanita yang sudah menopause, latihan angkat beban akan membantu memperbaiki kekuatan, struktur, dan juga kepadatan tulang.

3. Mendapatkan Keseimbangan Tubuh yang Lebih Baik


Koordinasi dan keseimbangan pada tubuh dapat ditingkatkan menjadi lebih baik dengan rutin melakukan olahraga angkat beban. Lansia juga penting melakukan olahraga ini karena bisa membantu mengurangi risiko jatuh dengan semakin baiknya keseimbangan. Namun perlu diketahui, untuk lansia tentunya ada penyesuaian bobot beban.

4. Mendukung Pengembangan Otak


Latihan angkat beban ternyata mampu membantu meningkatkan fungsi otak. Hal ini terjadi karena meningkatnya sejumlah hormon saat sedang melakukan angkat beban. Salah satu hormon yang mengalami peningkatan dengan melakukan olahraga ini adalah IGF-1. Hormon ini memiliki peran penting untuk menaikkan fungsi kognitif dan memberikan stimulasi pada otak.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Diabetes


Siapa sangka jika ternyata olahraga yang identik dengan pembentukan tulang ini juga mampu untuk mengurangi risiko penyakit diabetes baik pada pria maupun wanita. Melakukan olahraga ini secara rajin dan teratur dapat membantu meningkatkan tingkat sensitivitas insulin.


Dengan meningkatnya tingkat sensitivitas insulin, maka tubuh akan memberikan respon yang baik terhadap insulin. Hal ini menyebabkan penggunaan gula darah di dalam tubuh menjadi lebih efektif sehingga kadar gula darah akan menurun.

6. Menjaga Kesehatan Organ Jantung


Tidak hanya risiko penyakit diabetes yang dapat menurun dengan melakukan angkat beban. Olahraga ini juga mampu untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk membuat jantung lebih sehat maka dapat melakukan latihan angkat beban cukup selama lima menit setiap harinya. Melakukan latihan ini secara teratur akan membuat tekanan darah menurun dan sirkulasinya lancar.

7. Mencegah Terjadinya Cedera Tubuh


Seluruh tulang dan jaringan yang ada pada tubuh akan semakin menguat apabila rajin melakukan latihan angkat beban. Hal ini tentu saja memiliki dampak positif untuk mengurangi dan mencegah terjadinya cedera pada tubuh. Selain itu, artritis dan nyeri punggung pun bisa berkurang dengan rutin melakukan latihan angkat beban.


Meski memiliki banyak manfaat positif, namun tidak semua orang aman untuk melakukan kegiatan ini. Selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan latihan angkat beban. Selain itu juga penting untuk melakukannya di bawah pengawasan instruktur profesional.


Seorang instruktur akan mendampingi dan mengarahkan bagaimana caranya melakukan angkat beban secara benar. Hal ini penting agar tidak salah prosedur dan alih-alih mendapatkan manfaat, justru akan menyebabkan cedera.


Demikianlah tujuh manfaat angkat beban bagi kesehatan tubuh selain untuk pembentukan otot. Olahraga ini aman dilakukan baik oleh pria maupun wanita sehingga tidak perlu ragu mencobanya. Tertarik melakukan latihan angkat beban? Selamat berolahraga.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.