Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 7 Manfaat Buah Buni Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
29 May 2021
Clock Icon
4 menit
Manfaat buah buni wajib dicoba setiap hari.

Pernah mendengar istilah buah buni? Namanya memang masih sedikit asing. Buah dengan warna merah terang dan berukuran mini ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Di Indonesia, buah buni memang belum terlalu familiar. Buah buni lebih familiar di beberapa negara Asia lain seperti India, Malaysia dan Singapura. Dapat dikatakan jika buah bernama latin Antidesma Bunius ini cukup langka di Indonesia. Bagian utama dari buah ini seperti daun, kulit pohon, dan buahnya diketahui dapat memberikan berbagai macam manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat buah buni yang perlu Anda ketahui.

banner consideration shipping bg blue

1. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung


Buah buni merupakan salah satu buah herbal yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan jika ekstrak buah buni dapat membantu menurunkan stres oksidatif dan peradangan pada jantung.


Meski belum tahu pasti bagaimana cara kerja dari ekstrak buah buni ini, namun buah ini dianggap sebagai metode alternatif yang efektif untuk melawan perkembangan kerusakan jaringan pada jantung.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah


Gula darah dalam tubuh perlu dijaga agar tetap stabil dan tidak terlalu tinggi. Pasalnya, gula darah yang terlalu tinggi dapat memicu penyakit berbahaya seperti diabetes. Dalam buah buni terdapat kandungan polifenol yang cukup tinggi. Polifenol diketahui dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Membantu Mengontrol Tekanan Darah


Manfaat lain dari buah buni adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Buah buni dikenal dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan polifenol dan antioksidan tinggi yang bersal dari ekstrak buah buni.


Menjaga tekanan darah agar tetap stabil dan normal turut berkontribusi dalam mencegah terjadinya gangguan pada jantung. Hal ini dikarenakan tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan


Kandungan polifenol dalam buah buni yang cukup tinggi dapat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Polifenol dapat membantu pertumbuhan bakteri baik di bagian usus sekaligus mengurangi bakteri berbahaya penyebab gangguan pencernaan. Dengan begitu, pencernaan dapat bekerja lebih baik dan terhindar dari penyakit atau gangguan tertentu.

banner consideration promotion bg blue

5. Mengatasi Sembelit


Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak, buah buni dapat menjadi obat pencahar yang bisa menyembuhkan sembelit. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan air dalam buah buni yang dapat membantu mengatasi sembelit apabila dikonsumsi. Namun, konsumsi buah buni ini perlu dihindari apabila mengalami sembelit bersamaan dengan masalah pencernaan lainnya. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter lebih dulu sebelum mengonsumsi buah buni ini.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan


Sedang dalam program diet? Buah buni bisa menjadi makanan pendamping yang tepat. Seperti yang diketahui, buah-buahan masuk dalam jenis makanan sehat yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang berdiet.


Kandungan polifenol dalam buah buni memiliki peran penting dalam hal ini. Mengonsumsi makanan dengan kandungan polifenol dapat membantu mencegah obesitas dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Anda bisa mengonsumsi buah buni ini bersama dengan program diet yang sedang Anda jalankan.

7. Sumber Antioksidan Tinggi


Buah buni memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat membantu melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh. Pasalnya, radikal bebas yang berlebihan dapat memicu stres oksidatif dan membuat sel mengalami kerusakan. Selain itu, kekurangan antioksidan dalam tubuh dapat memicu munculnya penyakit berbahaya seperti kanker.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah daftar manfaat buah buni yang perlu Anda ketahui. Mengonsumsi buah buni memang dapat memberikan banyak manfaat, namun mengonsumsi buah buni harus disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak boleh melewati dosis normal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.