Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 7 Manfaat Buah Kopi Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat buah kopi yang wajib diketahui.

Tak lengkap rasanya jika tidak mengawali hari dengan secangkir kopi. Kamu pun mungkin sudah tahu, seduhan kopi yang sering kita nikmati tersebut berasal dari buah yang disebut buah kopi atau ceri kopi. Ya, buah kopi memang tidak begitu sering dikonsumsi dibandingkan minuman turunannya. Namun, ternyata bukan hanya minumannya saja yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi manfaat buah kopi bagi kesehatan juga sangat banyak. Berikut manfaatnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Kaya Antioksidan


Seperti kopi yang diseduh, buah kopi juga mengandung tinggi zat antioksidan seperti polifenol. Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel dan penyakit kronis dengan menangkal efek radikal bebas, diantaranya kandungan antioksidan yaitu asam klorogenat, asam protokatekuat, dan asam galat.

Meski masih memerlukan penelitian lanjutan, antioksidan dalam buah kopi juga berpotensi untuk menguatkan fungsi imun dan memperlambat pertumbuhan sel kanker. Buah kopi juga mengandung antioksidan yang lebih tinggi daripada produk bubuknya.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Penelitian telah menunjukkan kaitan antara buah kopi dan sistem kekebalan tubuh. Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan, bahwa konsumsi ekstrak buah kopi dapat membantu meningkatkan aktivitas sel kekebalan pada tikus.

3. Menyehatkan Otak


Manfaat buah kopi mulai diteliti manfaatnya dalam melindungi fungsi otak dan memperlambat tanda penuaan.

Menurut sebuah penelitian baru yang dirilis tahun 2020, bahwa mengonsumsi ekstrak buah kopi selama 28 hari berpotensi untuk mengurangi waktu reaksi secara signifikan. Waktu reaksi ini mengenai waktu yang diperlukan seseorang untuk bertindak cepat dalam merespons sebuah stimulus.

Konsentrat buah kopi juga dilaporkan dapat meningkatkan kadar jenis protein yang disebut BDNF (brain-derived neurotrophic factor), yaitu protein yang esensial untuk pertahanan dan pertumbuhan sel saraf di otak.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan


Seperti olahan kopi yang diseduh seringkali dikonsumsi untuk menurunkan berat badan, buah kopi juga bermanfaat untuk membantu meraih berat badan impian kamu. Hal ini karena ekstrak buah kopi dapat merangsang penghancuran sel lemak dan menghambat pembentukan sel lemak baru.

banner consideration promotion bg blue

Selain itu, buah kopi juga mengandung tinggi asam klorogenat yang diyakini dapat merangsang pembakaran lemak dan berpotensi bermanfaat untuk diet kamu.

5. Meningkatkan Energi


Sama halnya dengan kopi seduhan yang bisa meningkatkan energi dan semangat setelah kamu meminumnya, buah kopi juga memiliki manfaat serupa. Buah kopi mengandung kafein, walaupun kandungannya tidak sebanyak dalam biji kopi.

Kalau tubuh kamu memiliki batas toleransi kopi yang sedikit, buah kopi bisa jadi alternatif yang tepat untuk pengganti kopi. Kandungan kafein buah kopi hanya sebanyak 5-20 miligram dalam sekali penyajian.

6. Menurunkan Risiko Kanker


Minuman kopi diklaim bisa menurunkan risiko kanker, hal serupa juga berlaku bagi buah kopi. Hal ini karena buah kopi mengandung zat antioksidan yang tinggi.

Antioksidan tersebut membantu tubuh kamu melawan kerusakan sel dan penyakit kronis. Inilah yang menjadikan makan makanan yang kaya antioksidan sangat bermanfaat bagi kesehatanmu.

Penelitian yang dilakukan oleh Organisasi Alzheimer Nasional juga menemukan bahwa dengan mengonsumsi buah kopi bisa membantu dalam mengecilkan tumor.

7. Menurunkan Inflamasi (Peradangan)


Buah kopi bisa membantu dalam menurunkan inflamasi (peradangan) yang terjadi dalam tubuh kamu.

Kandungan buah kopi bisa membantu mempercepat proses inflamasi sehingga kamu bisa terhindar dari risiko kanker, penyakit kronis dan penurunan kognitif.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat buah kopi untuk kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.