Inilah 7 Manfaat Buah Langsat yang Sangat Luar Biasa

Banyak orang yang belum mengetahui buah langsat. Buah ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat mirip dengan buah duku, ketika dilihat sekilas mungkin akan sulit dibedakan. Namun, jika kamu memakannya, rasa buah langsat dan duku memiliki perbedaan jauh. Buah langsat memiliki rasa yang lebih asam. Dari segi manfaat, buah langsat pun tak kalah dengan buah duku, yang banyak sekali manfaat buah langsat untuk kesehatan. Berikut manfaatnya:

1. Membantu Mengontrol Berat Badan

manfaat buah langsat untuk mengontrol berat badan

Buah langsat dapat kamu jadikan pilihan untuk dikonsumsi ketika sedang program diet menurunkan berat badan. Buah langsat mengandung serat yang tinggi dan tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol sehingga baik untuk diet. Namun, jika ingin mendapatkan manfaat buah langsat untuk menurunkan berat badan, harus perhatikan jumlah kalori yang kamu konsumsi. Hal ini karena dalam 100 gram langsat mengandung kurang lebih 57 kilo kalori, lebih rendah dibandingkan dengan buah duku.

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

manfaat buah langsat untuk mengontrol kadar kolesterol

Langsat tidak memiliki kandungan lemak jenuh maupun kolesterol di dalamnya, sehingga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makanan dengan kadar serat tinggi, terutama serat larut air, sangat efektif dalam membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Serat ini akan menghambat penyerapan lemak jenuh yang berbahaya bagi tubuh kamu.

3. Menjaga Metabolisme Tubuh

manfaat buah langsat untuk menjaga metabolisme tubuh

Buah langsat merupakan sumber vitamin B kompleks, meliputi vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan folat. Vitamin B kompleks tersebut berperan dalam membantu metabolisme karbohidrat, lemak dan juga protein. Selain itu, kandungan vitamin B2 yang tinggi juga bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dalam tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

manfaat buah langsat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Buah langsat dapat membantu mengontrol kolesterol, yang merupakan salah satu dari faktor risiko munculnya penyakit kardiovaskular.  Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dalam buah langsat juga dapat membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh.

5. Mencerahkan Kulit

manfaat buah langsat untuk mencerahkan kulit

Manfaat dari buah langsat untuk kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Ini karena beberapa produk perawatan kecantikan telah lama menjadikan ekstrak langsat sebagai salah satu formulanya. Buah dengan nama ilmiah lansium domesticum mengandung vitamin C yang terbukti efektif mencerahkan kulit wajah. Selain itu, ekstrak buah langsat dapat menghambat kerja enzim tirosinase, yang dapat membuat kulit menjadi gelap sehingga kulit kamu akan lebih cerah.

6. Buah Langsat mengandung Antioksidan

manfaat buah langsat karena mengandung antioksidan

Pengaruh lingkungan yang penuh radikal bebas, seperti sinar UV matahari, asap rokok, dan polusi udara yang sering kamu hadapi setiap hari dapat berdampak buruk bagi kulit. Tidak hanya bikin wajah tampak kusam, tetapi juga memicu penuaan dini. 

Ekstrak buah langsat mengandung antioksidan alami yang bermanfaat dalam membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel kulit. Membuat penampilan kamu jadi tampak sehat, cantik dan awet muda.

7. Sumber Serat Alami

manfaat buah langsat sebagai sumber serat alami

Serat merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peran penting untuk mendukung sistem pencernaan. Adanya kandungan serat yang tinggi dalam buah langsat, membuat manfaat langsat dapat membantu mengatasi gejala atau mencegah terjadinya sembelit. Pada setiap 100 gram buah langsat mengandung 2 gram serat. Jumlah ini dapat memenuhi 8-11% kebutuhan serat pada wanita dan 6-8% kebutuhan serat untuk pria.

Itulah manfaat buah langsat yang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh kamu. Ternyata, dibalik rasanya yang asam, buah ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami