Inilah 7 Manfaat Ketumbar yang Bisa Mengatasi Banyak Penyakit

Ketumbar masuk dalam golongan rempah-rempah yang sejak dulu sudah sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya digunakan di dalam masakan. Ketumbar berbentuk bola-bola yang kecil seukuran kacang hijau yang mana jika bahan ini ditambahkan di dalam masakan akan memberikan rasa yang kaya dan juga menambah kenikmatan. Namun, tahukah kamu jika manfaat ketumbar juga ternyata sangat baik untuk kesehatan? 
Tak hanya sebagai bumbu pada masakan, ketumbar memiliki berbagai kandungan yang ternyata bisa digunakan untuk mengatasi banyak jenis penyakit. Berikut 7 manfaat ketumbar tersebut.

1. Mengatasi Masalah Pada Pencernaan 

Gangguan pencernaan sering kali membuat seseorang tidak nyaman karena rasa nyeri yang berada pada pencernaan manusia. Ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang mampu untuk mengatasi masalah yang menyerang sistem pencernaan manusia. Seperti diantaranya diare, perut kembung, cacingan maupun sembelit. Antioksidan yang berada pada ketumbar inilah yang dapat mengatur produksi enzim pencernaan sehingga masalah tersebut dapat teratasi.

banner consideration shipping bg blue

2. Memiliki Sifat Analgesik dan Menghambat Pertumbuhan Bakteri 

Sifat analgesik yang ada pada biji ketumbar merupakan zat yang mampu untuk membantu meringankan rasa nyeri yang menyerang tubuh, seperti misalnya nyeri yang muncul akibat sakit gigi. 
Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung ketumbar juga mampu untuk menjaga agar gigi dan mulut tetap sehat. Hal ini dikarenakan dalam ketumbar juga memiliki zat anti bakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada mulut.

3. Menjadi Penurun Kadar Gula 

Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar gula di dalam darahnya. Ketumbar mampu untuk menurunkan kadar gula sehingga mengkonsumsi makanan yang mengandung ketumbar sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.

4. Penurun Kolesterol Jahat

Ketumbar mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang berada di dalam darah manusia. Dengan demikian ketumbar mampu untuk meminimalisir resiko terkena penyakit jantung. 

5. Mengatasi Pegal dan  Nyeri Sendi

Analgesik yang berada pada ketumbar selain dapat meredakan sakit gigi ternyata juga mampu untuk mengurangi rasa nyeri dan pegal yang menyerang persendian. Selain terdapat analgesik ternyata dalam ketumbar juga terdapat asam linoleat yang membantu peran analgesik untuk mengurangi rasa nyeri tersebut.

banner consideration promotion bg blue

6. Sumber Vitamin C untuk Meredakan Pilek dan Batuk

Di dalam ketumbar terdapat vitamin C yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang berguna untuk meredakan batuk dan pilek. Oleh karena itu, mengkonsumsi ketumbar saat menderita pilek dan batuk akan mempercepat proses penyembuhannya.

7. Membuat Rambut Lebih Lebat

Manfaat lainnya dari penggunaan ketumbar adalah mampu untuk memberikan rambut yang lebih lebat dan menguatkan akar rambut. Hal inilah yang membuat ketumbar seringkali digunakan untuk membuat masker rambut. 

Pilihan Ketumbar Alami dengan Kualitas Terbaik

Untuk mendapatkan manfaat dari ketumbar secara penuh, maka kualitas ketumbar yang dikonsumsi haruslah sangat baik. Rempah alami bubuk ketumbar Lemonilo merupakan pilihan produk yang dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat dari ketumbar. 
Produk dari lemonilo terbuat dari 100% ketumbar alami dan tanpa campuran bahan-bahan lain seperti zat pengawet, pewarna maupun perasa. Bubuk ketumbar dari lemonilo memberikan aroma yang khas layaknya ketumbar alami yang dapat menggugah selera dalam masakan. Dengan menggunakan bubuk ketumbar dari Lemonilo juga akan menambah kelezatan masakan yang dibuat.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 7 manfaat ketumbar bagi kesehatan. Dengan berbagai manfaat tersebut, mulai saat ini jangan ragu lagi untuk menambahkan ketumbar dalam setiap hidangan masakan yang sedang kamu buat ya Lemonizen! Selain itu kamu juga bisa menggunakan produk ketumbar alami dari Lemonilo untuk rempah ketumbar yang berkualitas. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami