Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 7 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
15 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat lobak untuk kesehatan tubuh wajib diketahui sejak dini.

Lobak merupakan buah yang identik dengan makanan khas Jepang, namun sekarang kamu bisa mudah menemukannya di pasaran karena mulai banyak diproduksi di Indonesia. Pada dasarnya tanaman lobak memiliki banyak jenis yang didasari pada warna umbinya, yaitu lobak merah, lobak ungu, lobak hitam, dan lobak putih. Lobak putih sendiri merupakan yang sering diolah oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan agak pedas dengan kandungan nutrisi seperti asam folat, vitamin C, kalium, kalsium, dan juga tinggi cairan membuat manfaat lobak bagi kesehatan sangat banyak. Berikut manfaatnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Meredakan Sakit Tenggorokan


Pada metode pengobatan tradisional di Tiongkok dan Ayurveda, manfaat lobak putih terkenal sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan sakit di tenggorokan.

Bukan hanya itu, lobak putih juga bermanfaat untuk mengatasi demam, gangguan empedu, dan peradangan, karena kandungan vitamin C dan mineral di dalamnya yang sangat tinggi.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan


Bagi kamu yang sedang dalam proses diet dan berniat untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi lobak putih secara rutin dapat menjadi solusinya. Hal ini karena lobak putih mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Serat di dalam lobak akan lewat tanpa melalui proses pencernaan, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Fungsi serat sendiri adalah untuk melancarkan kerja pencernaan dan mengikat lemak-lemak yang menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi lobak sebagai sumber serat dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker


Salah satu faktor penyebab terkena penyakit kronis kanker adalah adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh ini dapat membuat sel-sel normal tubuh mengalami mutasi sehingga sel kanker dapat muncul dan tumbuh.

Sayuran lobak mengandung Isothiocyanate, yaitu jenis antioksidan yang membantu membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker dan mencegah perkembangan tumor. Antioksidan ini berperan sebagai pelindung tubuh kamu dari serangan buruk radikal bebas yang akhirnya terhindar dari terkena kanker.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes


Lobak merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini karena indeks glikemik yang dimiliki lobak tergolong rendah sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

banner consideration promotion bg blue

Oleh karena itu, semakin rendah nilai indeks glikemik, maka akan semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin dan kadar gula darah yang membuatnya baik dikonsumsi penderita diabetes.

5. Membantu Melawan Infeksi Jamur


Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa semua jenis tanaman lobak, mengandung zat yang bersifat antijamur. Zat ini dapat membantu mematikan jamur jenis Candida albicans, yaitu salah satu jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi pada kulit.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


Lobak mengandung antioksidan dan vitamin C yang dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbaiki metabolisme di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin B, vitamin E dan potasium di dalamnya juga berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Mengkomsumsi lobak putih secara rutin bisa mencegah tubuh kamu terkena  berbagai macam penyakit.

7. Melindungi Organ Hati


Kandungan dalam lobak putih dapat membantu kamu membuang racun di dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi lobak putih secara rutin dapat membuang racun-racun yang berbahaya bagi organ hati, sehingga terbebas dari racun-racun yang mengganggu.


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat lobak bagi kesehatan yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.