Inilah 7 Manfaat Lobak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Lobak merupakan buah yang identik dengan makanan khas Jepang, namun sekarang kamu bisa mudah menemukannya di pasaran karena mulai banyak diproduksi di Indonesia. Pada dasarnya tanaman lobak memiliki banyak jenis yang didasari pada warna umbinya, yaitu lobak merah, lobak ungu, lobak hitam, dan lobak putih. Lobak putih sendiri merupakan yang sering diolah oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan agak pedas dengan kandungan nutrisi seperti asam folat, vitamin C, kalium, kalsium, dan juga tinggi cairan membuat manfaat lobak bagi kesehatan sangat banyak. Berikut manfaatnya:

banner consideration shipping bg blue

1. Meredakan Sakit Tenggorokan

Pada metode pengobatan tradisional di Tiongkok dan Ayurveda, manfaat lobak putih terkenal sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan sakit di tenggorokan.

Bukan hanya itu, lobak putih juga bermanfaat untuk mengatasi demam, gangguan empedu, dan peradangan, karena kandungan vitamin C dan mineral di dalamnya yang sangat tinggi.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi kamu yang sedang dalam proses diet dan berniat untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi lobak putih secara rutin dapat menjadi solusinya. Hal ini karena lobak putih mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Serat di dalam lobak akan lewat tanpa melalui proses pencernaan, sehingga tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Fungsi serat sendiri adalah untuk melancarkan kerja pencernaan dan mengikat lemak-lemak yang menumpuk terlalu banyak di dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi lobak sebagai sumber serat dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Salah satu faktor penyebab terkena penyakit kronis kanker adalah adanya radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Tingginya jumlah radikal bebas dalam tubuh ini dapat membuat sel-sel normal tubuh mengalami mutasi sehingga sel kanker dapat muncul dan tumbuh.

Sayuran lobak mengandung Isothiocyanate, yaitu jenis antioksidan yang membantu membersihkan tubuh dari zat penyebab kanker dan mencegah perkembangan tumor. Antioksidan ini berperan sebagai pelindung tubuh kamu dari serangan buruk radikal bebas yang akhirnya terhindar dari terkena kanker.

4. Baik Untuk Penderita Diabetes

Lobak merupakan salah satu makanan yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini karena indeks glikemik yang dimiliki lobak tergolong rendah sehingga tidak meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh.

banner consideration promotion bg blue

Oleh karena itu, semakin rendah nilai indeks glikemik, maka akan semakin sedikit pengaruhnya terhadap level insulin dan kadar gula darah yang membuatnya baik dikonsumsi penderita diabetes.

5. Membantu Melawan Infeksi Jamur

Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa semua jenis tanaman lobak, mengandung zat yang bersifat antijamur. Zat ini dapat membantu mematikan jamur jenis Candida albicans, yaitu salah satu jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi pada kulit.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lobak mengandung antioksidan dan vitamin C yang dipercaya bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan memperbaiki metabolisme di dalam tubuh.

Selain itu, vitamin B, vitamin E dan potasium di dalamnya juga berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan tubuh. Mengkomsumsi lobak putih secara rutin bisa mencegah tubuh kamu terkena  berbagai macam penyakit.

7. Melindungi Organ Hati

Kandungan dalam lobak putih dapat membantu kamu membuang racun di dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsi lobak putih secara rutin dapat membuang racun-racun yang berbahaya bagi organ hati, sehingga terbebas dari racun-racun yang mengganggu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat lobak bagi kesehatan yang harus kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami