Inilah 7 Manfaat Pare yang Bisa Menyembuhkan Berbagai Penyakit

Pare termasuk salah satu jenis tumbuhan merambat yang mudah ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Sayuran ini sering dihindari sebagian besar orang karena rasanya yang pahit. Padahal, manfaat pare bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

banner consideration shipping bg blue

Pare memiliki berbagai manfaat karena merupakan sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K yang baik untuk tubuh. Ada juga kandungan mineral penting seperti magnesium, mangan, potassium, dan sang yang memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Mengatasi Diabetes

Manfaat pertama pare yaitu bisa membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dan beberapa jenis hormon, termasuk hormon endokrin. Hal ini tentunya berpengaruh besar untuk menurunkan risiko terkena diabetes. Bahkan, pakar kesehatan juga menyatakan pare dapat membantu dalam proses penyembuhan batu ginjal.

2. Menyehatkan Pencernaan

Ahli kesehatan mengatakan, bahwa pare sebagai salah satu makanan yang bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain dapat meningkatkan fungsinya dengan efektif, manfaat pare juga bisa mencegah datangnya masalah kenaikan asam lambung.
Selain itu, rasa pahit dari pare bisa membantu menstimulasi sekresi lendir yang dapat menjadikan keseimbangan asam di dalam tubuh menjadi lebih baik sehingga bisa mencegah terjadinya tukak pada lambung.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat pare selanjutnya dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan kalorinya yang rendah, serta serat yang dimilikinya akan membantu kamu tetap merasa kenyang lebih lama.
Hasil dari penelitian menunjukkan, bahwa pare mampu meningkatkan pembakaran lemak dan mengurangi kadar lemak di perut. Akan tetapi, riset lebih lanjut masih harus dilakukan untuk mengetahui manfaat pare dalam pembakaran lemak.

4. Bantu Mengobati HIV/AIDS

Dari hasil tes laboratorium yang diterbitkan dalam Journal of Naturopathic Medicine menyatakan, bahwa komposisi fitokimia dalam pare akan menghambat aktivitas human immunodeficiency virus (HIV). Hal ini karena pare memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS.

banner consideration promotion bg blue

Hasil dari penelitian yang pertama juga membuktikan, bahwa pare dengan kandungan sifat antivirus di dalamnya dapat membantu mengobati pasien dengan penyakit herpes simpleks virus-1 (HSV-1), serta mencegah penyebaran plak herpetik pada orang lain.

5. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan di dalam pare dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat yang menyumbat dinding arteri dan mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung. Ini terjadi karena manfaat pare yang dapat menurunkan kadar gula darah sehingga membantu menjaga kesehatan jantung.

6. Membersihkan Darah

Sifat antimikroba dan antioksidan yang terkandung dalam pare dapat membantu untuk mengobati masalah kulit, gangguan darah, membersihkan racun dalam darah, dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.
Darah yang bersih dapat membantu untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit, seperti gatal-gatal karena toksemia, ruam, jerawat, psoriasis, bisul dan membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

7. Mencegah Kanker

Berdasarkan hasil penelitian, pare dapat mengatasi peradangan dan kanker. Ekstrak dari pare ini dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, mengambil siklus sel, autophagy dan menghambat sel induk kanker.
Hasil penelitian tersebut juga menunjukan, bahwa triterpenoid tipe cucurbitane, yaitu golongan senyawa utama yang ditemukan dalam pare ternyata memiliki beragam aktivitas biologis, termasuk aktivitas antikanker.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 7 manfaat pare yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Dari informasi ini dapat kita ketahui jika meski memiliki rasa yang pahit, pare juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami