Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Senam Aerobik Bagi Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
21 May 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan tubuh dengan beberapa manfaat senam aerobik.

Manfaat senam aerobik bagi kesehatan tubuh banyak sekali. Terlebih jika senamnya dilakukan secara teratur dan gerakannya benar. Bukan hanya manfaat jangka pendek, manfaat untuk jangka panjang pun akan dirasakan. Tidak hanya dapat membentuk tubuh ideal, manfaatnya pun dapat menjaga daya tahan tubuh.

banner consideration shipping bg blue

Pada dasarnya semua gerak yang membakar kalori, meningkatkan detak jantung dan memproduksi energi bisa disebut olahraga aerobik. Hanya saja aerobik di sini identik dengan jenis senam yang harus diiringi dengan musik.

7 Manfaat Senam Aerobik Untuk Tubuh yang Wajib Diketahui

Setiap olahraga pasti memiliki manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh. Akan tetapi, setiap olahraga tentu memiliki manfaat spesifik tersendiri apabila dilakukan secara rutin. Demikian pula dengan senam aerobik. Berikut adalah 7 manfaatnya bila dilakukan secara rutin:

1. Dapat Meningkatkan Stamina


Awal melakukan senam aerobik, biasanya tubuh akan merasa lelah walau baru sebentar. Hal tersebut wajar karena belum terbiasa. Jika dilakukan secara rutin, tubuh akan terbiasa dan tidak lagi lelah. Bonusnya perlahan stamina akan meningkat dan tubuh terasa fit setiap hari.

2. Memperbaiki Suasana Hati


Dalam penelitian yang telah dilakukan gerakan dalam senam aerobik ternyata mampu membuat tubuh melepaskan hormon endorfin atau hormon bahagia. Fungsi hormon tersebut adalah meningkatkan suasana hati, meredakan nyeri secara alami dan memberikan rasa bahagia.

Tidak cukup sampai disitu, senam aerobik pun dapat meredakan rasa cemas dan membuat tubuh lebih rileks hingga tidur pun akan lebih nyenyak. Suasana hati yang baik, akan berpengaruh dengan meningkatnya kesehatan dan bisa membuat awet muda.

3. Menurunkan Kolesterol


Manfaat lain dari senam aerobik adalah dapat menurunkan kolesterol. Gerakan yang dilakukan dalam senam ini mampu meningkatkan kerja jantung sehingga oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh juga lebih banyak. Akibatnya peredaran darah dan kolesterol jahat tidak akan menumpuk pada pembuluh darah.

4. Melatih Tulang dan Sendi


Senam aerobik manfaatnya tidak hanya dapat menyehatkan otot, tapi juga dapat melatih tulang dan sendi. Seperti diketahui, semakin bertambahnya usia seseorang, kekuatan tulang dan sendi akan semakin rapuh.

banner consideration promotion bg blue

Oleh sebab itu, sejak usia muda sebaiknya rajin untuk melatih otot dan sendi agar menjadi lebih kuat. Salah satu usaha yang bisa mewujudkannya adalah dengan rajin melakukan senam aerobik setiap hari.

5. Menjaga Sistem Pernafasan


Gerakan yang dilakukan pada saat senam aerobik sangatlah beragam. Gerakan tersebut sangat baik untuk melatih pernafasan agar tidak mudah kehabisan nafas dalam melakukan aktivitas apapun. Sebaliknya orang yang jarang olahraga akan lebih mudah kehabisan nafas dan cepat lelah dalam melakukan apapun.

6. Mencegah Datangnya Berbagai Penyakit Kronis


Senam aerobik manfaatnya akan semakin terasa apabila dilakukan dengan benar. Manfaat lainnya adalah dapat menghindarkan diri dari berbagai macam penyakit kronis dan berbahaya.

Di atas telah disebutkan bahwa aerobik mampu menurunkan kolesterol jahat dan mencegah hipertensi sehingga akan terhindar pula dari penyakit berbahaya di dunia seperti jantung dan stroke.

7. Meningkatkan Imunitas Tubuh


Selain terhindar dari penyakit berbahaya, senam aerobik pun bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sistem imun tubuh yang meningkat akan membuat badan tidak mudah terserang berbagai macam virus  dan bakteri berbahaya.

Tubuh pun tidak akan mudah sakit dan merasa lelah. Terutama di masa pandemi ini yang menuntut imun tubuh harus selalu kuat agar tidak mudah terserang virus covid yang membahayakan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Kini, dengan mengetahui manfaat senam aerobik yang telah dipaparkan di atas, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukannya. Di sela-sela kesibukan luangkan waktu sejenak untuk ikut senam ini. Kemudian tinggal merasakan tubuh yang semakin ideal, enteng, rileks dan jarang sakit.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.