Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 7 Manfaat Vitamin B6 Untuk Seimbangnya Kesehatan Tubuh

Rizki Indra
Rizki Indra
21 May 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat vitamin B6 yang wajib diketahui.

Vitamin B6 yang juga disebut dengan piridoksin, merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Bila kekurangan vitamin B6, maka tubuh tidak bisa menyerap vitamin B12 sehingga tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal. Lantas, sebenarnya apa saja manfaat vitamin B6? Berikut ulasannya:

banner consideration shipping bg blue

1. Menambah Energi


Bagi kamu yang terbiasa bergerak aktif dan rutin berolahraga, tidak boleh melewatkan asupan vitamin B6 harian. Vitamin B6 dapat membantu memecah protein dan meningkatkan metabolisme tubuh kamu. Ketika metabolisme tubuh bekerja lebih cepat, maka energi yang dihasilkan tubuh pun akan lebih cepat.

Selain itu, asupan vitamin B6 juga dapat meningkatkan produksi hemoglobin, yang membawa oksigen ke seluruh tubuh sehingga organ-organ tubuh dapat terus ‘bernafas’ dan bekerja secara optimal.

2. Menguatkan Fungsi Otak


Manfaat vitamin B6 dapat membantu menguatkan fungsi otak dan daya ingat kamu. Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin B6 diperlukan tubuh untuk membuat neurotransmitter, yaitu bahan kimia yang membawa sinyal dari satu sel saraf ke sel lainnya.

Neurotransmitter sendiri bermanfaat untuk memproses daya ingat dan meningkatkan fungsi otak. Hal ini didukung oleh penelitian yang mengungkapkan adanya keterkaitan antara risiko penyakit Alzheimer terhadap kekurangan vitamin B6.

3. Mencegah Penyakit Jantung


Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kombinasi vitamin B6 dan vitamin B12 dapat membantu mencegah terkenanya penyakit jantung. Hal ini karena vitamin B6 berfungsi untuk menurunkan kadar homosistein dalam tubuh, yaitu sejenis asam amino yang diproduksi dalam darah.

Ketika kadar homosistein dalam darah tinggi, maka asam amino akan menumpuk di pembuluh darah dan merusak arteri. Jika tubuh kamu kekurangan vitamin B6, homosistein tersebut akan terus meningkat dan menyumbat pembuluh darah. Maka terjadinya serangan jantung dan stroke tidak dapat dihindari.

4. Mengatasi Depresi


Otak membutuhkan asupan vitamin B6 untuk menghasilkan serotonin, yaitu suatu neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati dan pikiran positif. Manfaat ini tentunya diperlukan oleh kamu yang gampang badmood atau bahkan mengalami depresi.

banner consideration promotion bg blue

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekurangan fosfat piridoksal, bentuk dari vitamin B6, dapat dikaitkan dengan gejala depresi dan gangguan mood. Maka jaga suasana hati kamu dengan rutin mengkonsumsi makanan sumber vitamin B6 harian.

5. Mengatasi Gejala Sindrom Premenstruasi


Vitamin B6 dapat membantu gejala emosional yang berkaitan dengan sindrom premenstruasi seperti rasa cemas dan mudah marah.

Penelitian skala kecil yang dilakukan tahun 2000 menunjukkan, bahwa pemberian vitamin B6 sebanyak 50 miligram bersama dengan magnesium sebanyak 200 miligram dapat membantu mengurangi gejala PMS pada perempuan secara signifikan.

6. Meredakan Rasa Mual Pada Masa Kehamilan


Menurut sebuah penelitian yang ditulis pada tahun 2016, konsumsi vitamin B6 dapat membantu meredakan gejala ringan mual dan muntah selama masa kehamilan.

Selain itu, American Congress of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) juga merekomendasikan suplemen vitamin B6 sebagai pengobatan yang aman untuk ibu hamil yang merasakan mual selama kehamilan.

7. Meningkatkan Kesehatan Mata

Ketika asupan vitamin B6 terpenuhi, kamu dapat terlindungi dari penyakit mata akibat pertambahan usia, degenerasi makula (AMD). Hal ini karena kemampuan vitamin B6 yang membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah. Ketika kadar homosistein di dalam darah tinggi, maka akan meningkatkan risiko kamu mengalami AMD.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat vitamin B6 untuk keseimbangan kesehatan tubuh kamu. Semoga bermanfaat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.