Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah 7 Pengertian Advertising yang Jarang Diketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Jun 2021
Clock Icon
3 menit
Pengertian advertising penting diketahui pengusaha pemula.

Mendengar istilah advertising, apa yang terbesit di pikiran Anda? Pengertian advertising atau lebih dikenal dengan istilah iklan ini identik dengan dunia bisnis. Iklan dapat diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi komersil dan non komersil. Aktivitas mengiklan ini bisa dilakukan baik oleh sebuah organisasi, instansi, perusahaan, UKM, maupun masyarakat umum.

Bagi para pemilik bisnis atau perusahaan, iklan digunakan sebagai bentuk komunikasi pemasaran merek atau produk tersebut. Advertising dapat berupa pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan terkait dengan produknya. Berikut beberapa pengertian advertising yang wajib Anda ketahui.


1. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, advertising atau iklan dapat didefinisikan sebagai berita atau pesan yang bertujuan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar merasa tertarik dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan ini bisa disajikan melalui media offline maupun online. Media seperti majalah, surat kabar, brosur, media sosial, dan masih banyak lagi media lain yang digunakan. Iklan ini dibuat dengan desain yang menarik agar bisa membuat audiens merasa tertarik untuk melihatnya.

2. Wikipedia

Wikipedia memiliki pendapatnya sendiri terkait dengan definisi advertising. Advertising adalah promosi sebuah produk baik berupa barang atau jasa, tempat usaha, dan ide yang wajib dibayar oleh pihak sponsor. Dalam dunia manajemen pemasaran, iklan memiliki peran penting sebagai strategi perkenalan suatu produk dalam lingkup yang luas.

3. Kriyantono

Seorang ahli bernama Kriyantono mengungkapkan pendapatnya perihal advertising. Advertising adalah suatu bentuk komunikasi non personal yang menjual pesan secara persuasif dari sponsor yang jelas guna mempengaruhi audience untuk membeli produk dengan membayar sejumlah biaya untuk media iklan yang digunakan.

4. Wright

Ahli lain bernama Wright mendefinisikan advertising sebagai proses komunikasi yang memiliki kekuatan sangat penting sebagai alat pemasaran yang sangat membantu dalam menjual sebuah produk. Iklan ini berisi layanan dan gagasan yang disebarkan melalui saluran tertentu dalam bentuk informasi persuasif atau membujuk.

5. Kotler

Ahli Kotler mengungkapkan definisinya terkait dengan advertising. Advertising merupakan suatu bentuk penyajian mengenai promosi dan ide, barang atau jasa secara personal yang dilakukan oleh suatu sponsor tertentu yang membutuhkan pembayaran.

6. Rhenald Kasali

Rhenald Kasali mendefinisikan advertising sebagai bagian dari promotion mix yang merupakan bauran promosi dari marketing mix. Sederhananya, iklan atau advertising adalah komunikasi yang ditujukan kepada public untuk memperkenalkan dan menawarkan suatu produk berupa barang atau jasa melalui media.

Media yang digunakan ini dapat berupa online dan offline. Rhenald Kasali kembali mengungkapkan pemikirannya terkait definisi advertising sebagai sebuah pesan yang menawarkan suatu produk kepada masyarakat melalui saluran media.

7. Pengertian Secara Umum

Jika deretan pengertian diatas berdasarkan pendapat para ahli, lalu apa pengertian advertising secara umum? Advertising adalah suatu jasa periklanan yang berguna untuk mengekspresikan peluang dan mendramatisir produk yang dijual oleh perusahaan melalui penggunaan percetakan dengan warna dan desain yang dapat menarik para pelanggan.

Pengaruh advertising dalam memasarkan sebuah produk dapat mendatangkan banyak keuntungan bagi perusahaan. Keberadaan iklan juga dapat memudahkan pelanggan untuk membandingkan satu produk dengan produk lain. Keberadaan advertising ini akan secara tidak langsung membantu meningkatkan penjualan produk perusahaan tersebut.

Demikianlah deretan pengertian advertising yang perlu Anda ketahui. Dalam berbisnis, advertising memiliki peran penting dalam kemajuan bisnis tersebut. Dengan iklan yang efektif, maka penjualan produk atau usaha yang Anda lakukan bisa berjalan lancar dan dikenal dengan lebih luas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.