Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 7 Rekomendasi Menu Program Diet Mediterania yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Rizki Indra
Rizki Indra
21 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Menu diet mediterania bisa dicoba untuk menurunkan badan dengan mudah dan aman.

Menu diet mediterania pada dasarnya dibagi menjadi 3 bagian, yakni menu makanan harian, mingguan dan bulanan. Di tiap-tiap klasifikasi menu tersebut, terdapat daftar makanan yang diperbolehkan dan dipantang untuk dikonsumsi. Lalu, bagaimanakah rekomendasi menu makanan yang diperbolehkan selama diet mediterania?


Secara garis besar, salah satu syarat diet mediterania ialah disiplin dalam mengkonsumsi makanan harian dan menghindari seluruh pantangan yang diberikan. Guna memudahkan Anda dalam memutuskan menu harian yang bakal dikonsumsi selama menjalani diet ini, beberapa rekomendasi menu berikut mungkin bisa menjadi referensi.

1. Tumis Jamur Minyak Zaitun


Salah satu jenis sayuran yang bisa dikonsumsi setiap hari kala menerapkan diet mediterania adalah jamur. Jamur memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh seperti serat, vitamin, dan juga mineral. Adapun kandungan mineral pada jamur yang cukup mendominasi adalah selenium.


Nah, mineral tadi dapat mempengaruhi fungsi enzim sekaligus membantu detoksifikasi zat penyebab kanker dalam tubuh. Tak hanya itu, selenium juga bisa meningkatkan imunitas seseorang terhadap risiko infeksi. Sementara kandungan serat pada jamur bisa membantu menekan tingkat gula darah pada lemak, serta menekan kadar insulin pada penderita diabetes.


Peranan serat untuk diet juga sangat penting karena dapat membantu mengurangi nafsu makan dan menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Serat juga berperan aktif dalam memperlancar sistem pencernaan.

2. Sup Kacang Merah dan Sayuran


Sejak dulu, kacang merah dikenal baik untuk diet sehat. Kacang merah memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Seperti yang diketahui, antioksidan bisa membantu menangkal radikal bebas yang merugikan bagi tubuh. Selain itu, radikal bebas juga menjadi salah satu penyebab obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam diet mediterania, Anda dapat mengkombinasikan kacang merah dengan sayuran lain seperti wortel dan kubis.

3. Roti Gandum


Gandum termasuk dalam kategori biji-bijian yang biasa diolah menjadi tepung untuk kemudian dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan roti dan kue. Anda dapat menikmati khasiat gandum untuk diet dengan cara mengkonsumsi roti gandum sebagai menu sarapan harian dalam diet mediterania.

4. Oatmeal


Salah satu khasiat utama dari oatmeal adalah mampu menyerap atau mengikat lemak dalam tubuh. Sehingga timbunan lemak yang berada dalam tubuh bisa berkurang. Selain itu, konsumsi oatmeal secara rutin disebut bisa mempengaruhi boot tubuh secara keseluruhan.

5. Buah


Dalam diet ini, buah tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung nan utuh, melainkan juga diolah sebagai salad ataupun jus segar. Namun perlu dicatat, jika Anda lebih memilih untuk mengolahnya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, sangat disarankan untuk tidak menambahkan pemanis tambahan seperti susu atau gula.

6. Edamame Rebus


Edamame masuk dalam jajaran kacang-kacangan yang mampu membantu proses penurunan berat badan seseorang. Anda dapat merebus edamame sebagai menu harian dalam diet mediterania, baik itu menu untuk sarapan ataupun camilan sehat.

7. Bawang Bombay


Sebagian besar masyarakat Indonesia memang belum terbiasa untuk mengkonsumsi bawang bombay secara langsung. Padahal, makanan ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, terutama untuk kebutuhan diet. Bawang bombay bisa dikonsumsi secara langsung tanpa melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Menariknya, jenis bawang ini tidak memiliki rasa sengir seperti halnya bawang putih, namun cenderung manis dan tidak terlalu menyengat.


Itulah beberapa menu diet mediterania yang bisa dijajal di rumah. Tak hanya berkhasiat dalam penurunan berat badan, ternyata keseluruhan menu di atas memiliki rasa yang nikmat ya?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.