Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

Inilah 7 Risiko Memakai Behel yang Harus Anda Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
23 May 2021
Clock Icon
3 menit
Berbagai rIsiko memakai behel wajib diperhatikan.

Risiko memakai behel mungkin tidak terasa ketika di awal. Seiring berjalannya waktu, pemakaian behel bisa menyebabkan beberapa hal yang buruk bagi pemakainya, utamanya jika tidak dijaga dengan baik.

banner consideration shipping bg blue

Penggunaan behel atau kawat gigi saat ini bukan hal asing bagi masyarakat. Jika dulu tujuannya adalah untuk merapikan gigi, tidak sedikit juga yang menggunakan behel dengan tujuan menunjang penampilan agar terlihat kekinian. Fungsi lain sebenarnya untuk menutup celah lebar di antara gigi, meningkatkan kemampuan bicara dan mengatasi gigitan yang tidak tepat.

Waspadai Risiko Memakai Behel yang Berbahaya untuk Kesehatan


Memiliki manfaat positif, tak banyak orang yang sadar dengan dampak negatif yang ditimbulkannya untuk kesehatan mulut. Walaupun demikian, masih banyak orang yang memasang behel bahkan dengan tingkat kualitas standar biasa saja. Berikut adalah beberapa dampak negatif menggunakan behel yang perlu diwaspadai.

1. Rasa Nyeri

Menggunakan behel akan menimbulkan efek samping berupa timbulnya rasa nyeri. Ketidaknyamanan ini dapat ditandai dengan adanya tekanan yang diberikan pada gigi. Rasa nyeri umumnya akan muncul beberapa hari setelah pemasangan behel. Rasa nyerinya lebih dominan terasa pada gigi bagian depan dibandingkan pada gigi bagian belakang.

2. Resorpsi Akar

Risiko lain yang harus diwaspadai adalah terjadinya resorpsi akar ketika memakai behel. Kondisi ini dapat melibatkan sejumlah gigi dan merupakan konsekuensi dari penggunaan behel. Walaupun belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan, tapi hal ini akan terasa jika pemasangan behel telah dilakukan sejak lama.

3. Gigi Kembali Lagi Ke Bentuk Semula

Saat memutuskan untuk melepas behel, harus mengikuti petunjuk dokter dengan hati-hati. Jika tidak, Risiko tinggi akan dirasakan. Terutama jika tidak mengikuti anjuran untuk memakai retainer, kemungkinan besar akan kehilangan beberapa perbaikan yang diperoleh selama memakai behel. Gigi bisa kembali berantakan bila anjuran perawatan tidak diikuti.

4. Gigi Kehilangan Warna Aslinya

Tanpa disadari, terkadang lem bekas pemakaian behel juga ada yang masih menempel di gigi setelah melepas behel tersebut. Akibatnya gigi akan menguning dan membuat diri sendiri tidak percaya diri. Banyak yang menyatakan bahwa pemasangan behel  dapat menjadi penyebab warna gigi memudar.

banner consideration promotion bg blue

Gigi kuning lebih banyak disebabkan oleh penumpukan plak dari sisa makanan yang kemudian terperangkap di sela kawat dan bracket behel. Plak adalah lapisan bakteri tidak berwarna yang mulai terbentuk pada gigi saat akan minum dan makan. Jika tidak dibersihkan, plak akan mengeras menjadi karang gigi dan membuat gigi menguning.

5. Makanan Lebih Mudah Menyangkut

Menggunakan behel akan berpotensi menjadikan makanan lebih mudah tersangkut di sela antara behel dan permukaan gigi dan sulit untuk dibersihkan karena tertutup behel. Akibatnya gigi menjadi lebih mudah kotor dan berisiko tinggi terjadi penumpukan plak. Selanjutnya plak tersebut akan menjadi cikal bakal gigi berlubang dan karang gigi.

6. Reaksi Alergi

Walaupun jarang terjadi, tetap saja kemungkinan mengalami reaksi alergi metal atau karet lateks yang digunakan dalam kawat gigi. Umumnya lebih rentan dialami anak-anak. Untuk itu, penting menyampaikan pada dokter apabila memiliki riwayat alergi sebelum memutuskan untuk memakai behel.

7. Masalah Gusi

Penggunaan behel juga lebih rentan mengalami masalah gusi. Hal ini dipicu apabila seseorang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik ketika memakai behel. Plak yang terlalu lama menempel bisa membuat gusi mengalami peradangan hingga terlihat merah dan bengkak.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Risiko memakai behel dapat diminimalisir jika sejak awal telah berkonsultasi dengan dokter. Selain itu perawatan pasca pemasangan behel juga harus diperhatikan agar tidak terjadi infeksi dan risiko berbahaya lainnya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.