Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Inilah 7 Tips Mendampingi Anak Belajar di Rumah yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Jun 2021
Clock Icon
4 menit
Ada banyak tips mendampingi anak belajar di rumah yang efektif.

Untuk mendukung efektivitas kegiatannya, orang tua perlu tahu tips mendampingi anak belajar di rumah. Sebab, belajar di rumah memang memiliki suasana berbeda dibandingkan di sekolah. Cenderung ada rasa malas dan mudah jenuh yang dialami anak. Ditambah lagi, anak menjadi kurang disiplin belajar saat berada di rumah.

banner consideration shipping bg blue

Tips Mendampingi Anak Belajar Di Rumah yang Efektif Dan Menyenangkan

Anak memang cenderung memiliki anggapan bahwa belajar itu dilakukan di sekolah. Itulah sebabnya, saat berada di rumah, ia akan merasa enggan belajar. Oleh sebab itu, sebaiknya orang tua menerapkan cara belajar efektif yang tetap menyenangkan agar anak semangat. Beberapa tips di bawah ini bisa diterapkan di rumah.

1. Menyepakati Jadwal Dengan Anak


Belajar di sekolah biasa dilakukan sesuai jadwal. Sudah ada aturan tertentu, kapan harus belajar dan waktu istirahat bermain. Cara ini bisa diterapkan di rumah agar proses belajar lebih efektif. Diskusikan dengan anak mengenai pembagian waktu untuk belajar dan bermain. Jika anak terlibat dalam penyusunan jadwal, ia akan lebih mudah diarahkan untuk menepatinya.

2. Siapkan Sarana Pendukung


Sarana yang diperlukan dalam belajar adalah alat tulis yang memadai, meja kursi nyaman untuk menulis, suasana yang tenang, dan lingkungan yang tidak pengap. Jika semua ini terpenuhi, anak akan merasa nyaman dan semangat untuk belajar. Tidak harus selalu di kamar, belajar juga bisa dilakukan pada tempat lain misalnya di teras, halaman belakang atau ruang tamu.

3. Tetapkan Waktu untuk Istirahat


Belajar terus menerus dapat mengurangi efektivitasnya. Selipkan waktu istirahat untuk kembali menyegarkan pikiran anak. Sejenak berbaring sambil bersenda gurau atau menikmati camilan sehat, bisa menjadi selingan yang baik untuk mengembalikan mood. Sebaiknya jangan mengisi jeda istirahat dengan mengizinkan anak bermain game di smartphone.

4. Permudah Anak Memahami Materi


Jika anak merasa kesulitan saat belajar di rumah, pasti semangatnya akan semakin menurun. Oleh sebab itu, orang tua perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Selingi dengan permainan edukatif, atau menggunakan mainan kesayangannya sebagai media belajar. Selain itu, cari trik yang memudahkan. Misalnya, menyingkat materi hafalan dengan akronim unik.

banner consideration promotion bg blue

5. Manfaatkan Media Belajar Online


Ada kalanya orang tua mengalami kesulitan saat menjelaskan suatu materi kepada anak. Agar belajar tetap efektif, tidak ada salahnya memanfaatkan ruang belajar online yang banyak tersedia. Pada beberapa aplikasi tersebut, anak bisa mendapatkan penjelasan mendetail, bahkan bisa berkonsultasi langsung. Tentu memudahkan beban orang tua dalam mendampingi anak belajar.

6. Arahkan Anak Untuk Memahami, Bukan Menghafal


Ada kalanya beberapa materi pelajaran perlu dihafal. Misalnya menghafal apa saja planet dalam tata surya, atau nama-nama negara Asean. Namun, tidak semua harus dihafal. Arahkan anak untuk lebih memahami materi. Saat anak memahami materi, otaknya akan lebih mudah merekam dan mengingatnya.

7. Ajak Anak Beraktivitas Fisik


Tips lain yang membuat belajar di rumah lebih efektif adalah dengan menjaga kebugaran tubuhnya. Caranya, yaitu mengajaknya aktif bergerak. Contohnya dengan melakukan senam ceria yang bisa dilihat di Youtube. Anak yang dibiarkan malas bergerak, pada akhirnya akan menjadi malas berpikir.

Pada intinya, selama mendampingi anak belajar, hindari memaksa, memarahi, atau menyalahkannya. Buat suasana menyenangkan baginya, sehingga kegiatan belajar menjadi efektif. Hindari memposisikan diri sebagai guru, agar anak tidak tertekan. Buat anak merasa orang tua adalah teman belajarnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah beberapa tips mendampingi anak belajar di rumah agar tetap efektif dan menyenangkan bagi mereka. Tak ada salahnya memberikan reward saat anak berhasil menjalani jadwal belajar dengan baik. Sebab, hal itu akan membuatnya merasa dihargai dan semakin semangat belajar.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.