Inilah 7 Tujuan Manajemen Keuangan yang Wajib Diketahui

Mengatur keuangan merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan setiap orang terutama bagi yang menjalankan sebuah bisnis atau usaha. Tujuan manajemen keuangan dalam sebuah bisnis yang paling utama bisa mengelola keuangan dengan baik, sehingga bisnis bisa dijalankan dan terus berkembang. Sebab seperti yang kamu tahu, keuangan adalah salah satu aspek paling dasar dan paling penting bagi sebuah bisnis atau usaha.

Apabila ingin pondasi bisnis kuat, maka keuangannya pun juga harus kuat. Sifat pengelolaan atau manajemen keuangan ini sendiri sangat riskan. Apalagi kalau tidak dikelola dengan baik, bisnis bisa gagal jika pengelolaan keuangannya tidak berjalan baik.

Manajemen keuangan terdiri dari serangkaian kegiatan perencanaan, penyimpanan, pengelolaan, sampai pengendalian dana serta aset pada satu bisnis atau perusahaan. Dalam merencanakan keuangan harus dilakukan dengan matang untuk menghindari masalah yang bisa timbul di masa mendatang. Agar lebih jelas berikut ini adalah beberapa tujuan manajemen keuangan yang perlu diketahui terutama bagi para pelaku bisnis:

1. Menjaga Arus Kas

Ketika menjalankan dan mengelola sebuah bisnis maka sangat penting mengetahui keluar dan masuknya uang kas. Memantau jalannya arus kas ini gunanya untuk mengetahui jika ada pengeluaran yang membengkak. Kalau sampai terjadi pengeluaran yang membengkak dan tidak segera dicari solusinya maka bisnis akan mengalami kerugian. Uang kas ini sendiri biasanya digunakan untuk operasional perusahaan seperti membeli bahan baku dan upah karyawan.

Dengan adanya manajemen keuangan maka arus kas bisa diawasi dan lebih terkontrol, sehingga pengeluaran yang membengkak bisa dihindari. Jika memang terjadi hal demikian bisa segera tahu penyebabnya dan mencari solusi yang tepat.

2. Mengoptimalkan Laba

Staf manajemen keuangan memiliki tugas untuk mengawasi keuangan perusahaan. Aktivitas anggaran dana yang kurang menguntungkan kalau bisa harus dihilangkan. Sudah menjadi tugas staf manajemen keuangan untuk mencari aktivitas yang bisa mendatangkan keuntungan bagi perusahaan. Jadi tujuan adanya manajemen keuangan di sini untuk memaksimalkan laba yang diperoleh perusahaan.

3. Menyiapkan Struktur Modal

Tujuan manajemen keuangan yang lain yaitu untuk menyiapkan struktur modal. Manajer keuangan dituntut untuk bisa membuat anggaran jadi seimbang dengan dana pinjaman perusahaan. Gunanya adalah menekan kerugian dan menghindarinya serta memanfaatkan modal yang ada sebaik mungkin agar bisnis terus berjalan dan segera melunasi pinjaman yang ada.

4. Mengoptimalkan Efisiensi

Manajemen keuangan bisa membantu perusahaan memiliki perencanaan keuangan yang baik. Dana yang dimiliki perusahaan bisa dipakai dengan tepat untuk keperluan perusahaan dengan baik. Hal ini secara otomatis efisiensi dana perusahaan akan mengalami peningkatan.

5. Kekayaan Perusahaan Bisa Maksimal

Pembagian laba atau keuntungan yang didapatkan perusahaan harus dilakukan, misalnya untuk pasar saham. Ini menjadi tugas staf manajemen keuangan untuk bisa membaca pasar saham dan membuat kekayaan perusahaan jadi meningkat. Manajemen keuangan harus bisa mendapatkan pemegang saham yang akan melakukan investasi ke perusahaan yang dikelolanya.

6. Menekan Risiko Operasional

Sebagai staf manajemen keuangan harus bisa mengambil keputusan yang sangat berpengaruh pada risiko usaha atau bisnis. Risiko dalam berbisnis bisa terjadi kapan saja dan tidak bisa diprediksi, manajer keuangan perlu membuat keputusan yang tepat jika ada resiko bisnis terjadi secara mendadak agar perusahaan tidak sampai mengalami kerugian yang parah.

7. Memastikan Masa Depan Perusahaan

Tujuan manajemen keuangan dibuat adalah untuk bisa memastikan perusahaan bisa berlangsung dan berjalan sesuai harapan. Peran manajer keuangan sangat penting dalam membuat keputusan yang tepat agar perusahaan bisa bertahan dalam persaingan yang sangat ketat. Jika manajer keuangan tidak mampu membuat keputusan yang baik maka perusahaan terancam gulung tikar.

Itulah 7 tujuan manajemen keuangan yang harus kamu ketahui. Mengingat betapa pentingnya pengelolaan keuangan ini untuk bisnis, maka jangan sampai kamu mengabaikannya. Buatlah pengelolaan keuangan bisnis dengan baik agar bisnis bisa berjalan lancar!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami