Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Inilah 9 Cara Menghilangkan Trauma yang Bisa Anda Coba

Rizki Indra
Rizki Indra
31 May 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak cara menghilangkan trauma yang wajib dicoba.

Luka dari pengalaman pahit bisa sembuh dalam waktu yang singkat maupun lambat. Tidak jarang, luka juga berdampak pada kondisi psikis hingga menimbulkan trauma atau yang disebut dengan post traumatic stress disorder (PTSD).

banner consideration shipping bg blue


Bila trauma sangat buruk, maka luka tersebut bisa berdampak besar pada kehidupannya. Sehingga trauma bukanlah kondisi yang bisa disepelekan.

Berikut Ini 9 Cara Menghilangkan Trauma yang Bisa Anda Coba


1. Terapi dengan Psikolog atau Psikiater

Menghilangkan trauma bisa dilakukan dengan berbagai cara tergantung dari tingkat keparahannya. Akan tetapi, apabila trauma sudah pada tingkat post-traumatic stress disorder (PTSD), yang paling utama adalah mendatangi psikolog atau psikiater untuk melakukan terapi psikoterapi. Penderita juga akan diberi obat-obatan penenang sebagai bagian dari terapi.

2. Mengakui dan Bersikap Terbuka 

Kadang kala yang menyebabkan seseorang tidak mau menceritakan penyebab traumanya adalah peristiwa yang dialami dianggap memalukan. Padahal ini hanya akan membuat semakin parah trauma seseorang. maka dari itu, salah satu upaya yang bisa diperbuat adalah memaafkan diri sendiri dan melahirkan kepercayaan diri kembali.

Mencurahkan hati kepada orang lain bisa membuat seseorang lebih lega. Apalagi yang menjadi curahan hati mengalami hal serupa. Hal itu dapat membantu kepercayaan diri bahwa seseorang tersebut tidak sendiri. Selain itu, menulis merupakan alternatif bagi seseorang yang canggung untuk menuangkan curahan hati.

3. Dikelilingi Orang yang Membuat Tenang

Cemas dapat dikatakan wajar dalam tahapan tertentu. Namun, jika terlalu sering dapat berefek bagi kondisi psikis seseorang yang mengalami trauma. Untuk meminimalisir rasa cemas, maka diperlukan orang-orang yang menenangkan di sekelilingnya.

4. Mengalihkan Pikiran Negatif

Pikiran negatif juga dapat menyebabkan semakin lama seseorang sembuh dari traumanya. Ia akan sibuk berpikir tentang hal-hal buruk yang menimpanya usai kejadian buruk yang ia alami. Perlahan-lahan, buanglah pikiran negatif dengan menekuni hobi, menjadi relawan kegiatan sosial, dan bergabung dengan komunitas yang menyenangkan sesuai yang diminati.

5. Relaksasi

Relaksasi dapat dilakukan dengan meditasi atau yoga. Pada saat melakukan meditasi atau yoga, pusatkan pikiran pada hal-hal positif dan menimbulkan semangat bertahan hidup. Semua hal negatif buanglah sementara dan pikirkan peristiwa yang membuat bahagia. Setelah melakukan itu, pikiran seseorang akan semakin tenang dan landai.

banner consideration promotion bg blue

6. Berusaha Menghadapi Rasa Takut

Produktivitas akan menurun ketika seseorang terus menerus takut dan cemas saat mengingat peristiwa traumatis. Tidak harus cepat, bertahap kuatkan diri dan berani menghadapi ketakutan. Semakin dihindari semakin menakutkan, semakin dihadapi perasaan takutlah yang akan menghindar dari diri seseorang.

7. Bersabar dan Berani

Menghilangkan trauma yang parah tidak bisa sekejap waktu. Butuh waktu lama, kesabaran, dan keberanian untuk menghadapinya. Oleh sebab itu cara menghilangkan trauma yang bisa Anda coba salah satunya bersikap sabar atas waktu pemulihan.

8. Fokus Masa Sekarang

Masa lalu yang terus menghidupi dapat menyebabkan trauma tidak kunjung sembuh. Salah satu kuncinya adalah memfokuskan diri pada masa sekarang. Sesuatu yang telah terjadi dalam hidup tidak bisa diputar ulang kecuali dalam cerita saja. Nyatanya, setelah masa lalu ada masa sekarang yang patut diperjuangkan untuk menghadapi masa depan. Banyak potensi dalam diri yang menunggu diasah dan dikembangkan.

9. Peduli Diri Sendiri

Seseorang patut membahagiakan dirinya sendiri. Ia perlu memberi ruang sendiri bagi dirinya untuk merenungi apa yang telah terjadi. Melakukan hal-hal menyenangkan seperti berwisata ke alam terbuka mulai dari gunung hingga pantai. Selain berwisata, main game juga bisa sedikit melupakan rasa trauma yang telah terjadi. Itulah beberapa perawatan diri sendiri. Love yourself! Klise terdengar namun memang harus dimiliki selalu oleh seseorang.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki trauma? Jika iya, apakah trauma Anda ringan atau berat? Anda dapat pergi ke psikolog atau psikiater untuk konsultasi. Anda juga bisa menggunakan tips dan trik cara menghilangkan trauma yang telah dipaparkan di atas.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.