Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah 9 Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Okt 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat kamboja yang penting untuk tubuh.

Manfaat kamboja untuk menjaga kesehatan tubuh adalah suatu hal yang penting untuk diketahui. Siapa sangka bahwa tanaman hias yang sering tumbuh di pekarangan rumah ini memiliki banyak khasiat dan bisa digunakan untuk ramuan obat tradisional. Lalu, apa saja sih manfaat kamboja dan bagaimana cara memanfaatkan bagian tanamannya? Inilah beberapa manfaat kamboja untuk kesehatan:

1. Menghilangkan Kutil dan Mata Ikan


Bunga kamboja memiliki khasiat untuk menghilangkan kutil dan mata ikan yakni dengan memanfaatkan bagian getahnya. Bagian tersebut diambil dengan cara memberikan getah kamboja ke kapas kemudian mengoleskan di bagian kutil atau mata ikan secara merata.

2. Mengobati Sakit Gigi


Gigi yang berlubang dapat diobati dengan memanfaatkan getah kamboja. Getah kamboja mengandung kandungan antibiotik di mana dapat berfungsi untuk mengatasi rasa nyeri. Adapun kandungan antibiotik ini berupa tanin, alkaloid, flavonoid, dan juga triterpenoid.


Cara penggunaan getah tersebut yaitu dengan meneteskan pada kapas kemudian diletakkan pada gigi yang sedang berlubang. Agar rasa sakit gigi berkurang, dianjurkan melakukan treatment ini sebanyak dua kali dalam sehari. Hal yang perlu digaris bawahi bahwa pengobatan ini efektif untuk meminimalisir rasa sakit pada gigi, namun tidak bisa menyembuhkan secara permanen.

3. Meredakan Stres


Wangi dari bunga kamboja dapat memberikan efek rileks pada tubuh sehingga meminimalisir terjadinya stres. Aroma minyak bunga kamboja mengandung senyawa citronellol, geraniol, dan juga linalool di mana akan mudah diterima oleh reseptor hidung. Dengan adanya aroma khas tersebut, maka akan dikirimkan sinyal-sinyal menuju hipotalamus sehingga rasa stres yang dimiliki akan berkurang.

4. Meredakan Nyeri pada Ibu Hamil


Ibu hamil biasanya sering merasakan nyeri pada perut dan juga bagian lain di tubuhnya. Rasa nyeri tersebut dapat diminimalisir dengan cara melakukan pijatan halus dengan menggunakan minyak esensial dari tanaman kamboja. Ibu hamil yang sering melakukan treatment ini akan cenderung untuk merasa lebih rileks selama proses persalinan sehingga dapat melahirkan dengan lancar.

5. Mengobati Kaki Bengkak


Kaki bengkak dan tumit pecah dapat diobati dengan cara memanfaatkan bagian akar dan daun kamboja, yakni merebusnya sampai mendidih lalu menambahkan sedikit garam. Air rebusan ini nantinya akan digunakan untuk meredam kaki yang bengkak di mana dilakukan selama dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6. Mengobati Kencing Nanah


Penyakit kencing nanah bisa diobati perlahan dengan tanaman kamboja. Caranya yaitu memanfaatkan akar pohon kamboja. Langkah pertama yang dilakukan adalah mencuci bersih akar kamboja kemudian merebusnya dengan 2 gelas air sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat air rebusan kemudian diminum satu kali selama sehari.

7. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit


Bunga kamboja memiliki kandungan berupa astrigent. Astrigent sangat bermanfaat bagi kulit yakni dapat melembapkan, membersihkan, meredakan peradangan, mengencangkan pori, dan juga mengurangi minyak berlebih. Pada produk kecantikan, kandungan astringent biasanya dicampur dengan alkohol. Sementara untuk kandungan astringent pada tanaman ini bisa dikombinasikan dengan minyak kamboja sehingga akan mengurangi adanya efek samping yang terjadi pada kulit.

8. Mengobati Penyakit Patek


Patek merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit patek dapat diobati dengan menumbuk sirap kulit pohon kamboja sampai halus kemudian merebusnya ke dalam 1 teko air. Ketika sudah mendidih, maka air rebusan diangkat dan dibiarkan hangat lalu digunakan untuk mandi.

9. Mengobati Bisul


Kamboja juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Untuk mengobati bisul, bisa dilakukan dengan cara mengoleskan minyak kelapa ke daun kamboja kemudian menempelkannya pada bagian bisul lalu dibiarkan hingga kering sampai akhirnya diangkat.


Itulah tadi manfaat kamboja yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Meski bermanfaat, jangan gunakan kamboja sebagai salah satu obat untuk mengatasi keluhan kesehatan, ya. Kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter agar mendapatkan nasihat medis yang tepat untuk kesembuhanmu.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.