Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Inilah 9 Tujuan Pemanasan Sebelum Berolahraga

Rizki Indra
Rizki Indra
13 May 2021
Clock Icon
3 menit
Tujuan Pemanasan

Pemanasan dilakukan dengan tujuan meningkatkan fleksibilitas tubuh. Tubuh yang fleksibel berarti melenturkan dan menguatkan otot yang diibaratkan sebagai bahan bakar yang membantu aktivitas olahraga. Tanpa pemanasan terlebih dahulu, risiko cedera akan semakin besar. Oleh sebab itu, berikut ini akan dijabarkan tujuan pemanasan sebelum berolahraga lengkap.

banner consideration shipping bg blue

Tujuan Pemanasan Sebelum Olahraga

tujuan pemanasan

1. Meningkatkan Fleksibilitas

Tujuan pemanasan sebelum berolahraga lengkap yang paling utama adalah meningkatkan fleksibilitas. Tubuh yang fleksibilitasnya meningkat akan memudahkan saat melakukan gerakan olahraga. Selain untuk olahraga, tubuh memang membutuhkan fleksibilitas untuk aktivitas sehari-hari.

2. Meningkatkan Jangkauan Gerak Sendi

Meningkatkan jangkauan gerak sendi merupakan tujuan pemanasan sebelum berolahraga yang tak boleh diremehkan. Persendian akan semakin terasah ketika semakin sering pemanasan. Efeknya adalah membuat persendian lebih bebas bergerak saat berolahraga.

3. Meningkatkan Performa Ketika Berolahraga

Melakukan pemanasan membuat otot tidak kaget sebelum melakukan gerakan yang dinamis saat berolahraga. Oleh sebab itu, bukan tanpa tujuan pemanasan harus dilakukan. Salah satu tujuannya adalah agar performa meningkat saat melakukan olahraga.

4. Meningkatkan Aliran Darah ke Otot

Peningkatan aliran darah ke otot membantu untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasa setelah melakukan olahraga. Selain itu, aliran darah ke otot yang mengalami peningkatan juga bisa mempercepat proses penyembuhan otot sehingga tidak menunggu waktu lama untuk bisa berolahraga lagi. Itulah tujuan dilakukannya pemanasan yang keempat dari sembilan nomor yang terangkum.

banner consideration promotion bg blue

5. Memperbaiki Postur Tubuh

Menurut sebuah riset tujuan pemanasan sebelum olahraga salah satunya adalah membantu mengembalikan postur tubuh yang baik. Sebab, tanpa melakukan pemanasan dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot dan postur tubuh yang buruk.

6. Mencegah Sakit Pinggang

Jika tidak melakukan pemanasan sebelum olahraga, maka salah satu resikonya adalah otot menjadi tegang. Akibat dari otot tegang adalah sakit pinggang. Dalam hal ini, pemanasan dapat mencegah hal itu terjadi. Jadi wajib untuk melakukan pemanasan, ya!

7. Mencegah Stres

Selain kesehatan fisik, tujuan pemanasan sebelum berolahraga adalah menjaga kesehatan mental. Ketika seseorang stress, fisik juga turut merasakan akibatnya, yaitu otot menjadi tegang. Oleh sebab itu, pemanasan harus dilakukan agar seseorang menjadi relaks dan otot tidak tegang saat melakukan olahraga.

8. Mencegah Sakit Kepala

Tujuan pemanasan sebelum berolahraga selanjutnya adalah mencegah sakit kepala. Ketika sakit kepala melanda, berbagai bagian tubuh akan mengalami ketegangan. Pemanasan yang dilakukan sebelum berolahraga akan membantu seseorang menjadi rileks, sehingga lebih bisa menerima gerakan olahraga yang akan dilakukan.

9. Meningkatkan Suplai Nutrisi untuk Otot

Nutrisi yang ada di dalam darah mengalir ke otot yang digunakan untuk berolahraga ketika melakukan pemanasan sehingga dipercaya dapat mencegah nyeri saat melakukan olahraga. Namun, masih jarang orang yang mengetahui hal ini. Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa pemanasan dapat meningkatkan suplai darah ke otot saja.


Demikianlah 9 tujuan pemanasan sebelum berolahraga lengkap, yang pastinya pemanasan memiliki berbagai manfaat. Perlu dicatat, bahwa melakukan pemanasan juga harus sesuai dengan aturan-aturannya. Sebab, jika dilakukan sedikit keras saja sudah sama dengan melakukan olahraga secara langsung. Akibatnya adalah otot tiba-tiba menjadi kaget dan tegang yang dapat menimbulkan cedera.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Namun, tidak semua orang dapat melakukan pemanasan. Beberapa orang yang cedera dan mempunyai keterbatasan fisik dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli agar diberikan tips yang sesuai agar tetap terjaga kesehatannya saat melakukan pemanasan. 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.