Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Inilah Cara Mengelola Keuangan Perusahaan yang Efektif

Rizki Indra
Rizki Indra
24 May 2021
Clock Icon
4 menit
Cara mengelola keuangan perusahaan harus dilakukan dengan benar.

Tantangan dunia usaha di masa pandemi sekarang ini makin berat saja sehingga harus dilakukan cara mengelola keuangan perusahaan yang tepat. Gunakan anggaran perusahaan secara efektif dan efisien untuk mengurangi pos-pos yang tidak perlu ataupun bisa ditunda. Mengapa? Semua tahu kalau masa pandemi telah menghantam segi ekonomi sehingga membuat pasar menjadi lesu dan sepi.

banner consideration shipping bg blue

Meski begitu, kamu tidak boleh menyerah pada keadaan begitu saja karena masih semuanya masih bisa dicari solusinya. Salah satunya adalah dengan pengelolaan keuangan perusahaan yang lebih efektif sehingga tidak keluar anggaran yang sebenarnya tidak perlu. Lebih baik kamu mengalihkan beberapa pos yang kurang penting ke dalam budget lainnya seperti biaya promosi misalnya agar usaha semakin dikenal orang.

Tips dan Cara Efektif untuk Mengelola Keuangan Perusahaan

Kalau kamu hanya membayangkannya saja mungkin terlihat rumit dan sulit padahal tidak seperti itu. Kamu bisa mengelola keuangan usaha dengan cara yang cukup mudah dan sederhana, apalagi jika perusahaan masih skala UMKM. Nah, bagaimanakah caranya? Simak penjelasan berikut ini.

1. Pisahkan Uang Modal Usaha dan Pribadi


Kesalahan yang paling banyak dilakukan pengusaha pemula terutama skala kecil dan menengah adalah tidak memisahkan antara uang modal usaha dan dana pribadi. Pencampuran uang seperti ini akan membuat rancu jalannya perhitungan pada kas nantinya. Masalah yang kemudian muncul yaitu uang usaha yang seharusnya diputar lagi sebagai modal habis dipakai untuk biaya pribadi. Jika kondisi seperti ini yang terjadi jangankan usaha kamu bisa mendapatkan laba, kembali modal saja rasanya sulit dicapai.

2. Tentukan Besarnya Porsi Keuangan


Dari awal kamu harus sudah membuat perencanaan pembagian porsi keuangan yang akan digunakan dalam usaha. Tentukan biaya apa saja yang dibutuhkan dalam usaha tersebut dan berapa besarannya. Contohnya, biaya produksi 40%, gaji pegawai 25%, pembelian peralatan 25%, biaya promosi 10%.


Perhitungan seperti ini bertujuan agar kamu memiliki acuan keuangan dan biaya ketika menjalankan usaha tersebut dan tidak menghabiskan biaya pada pos yang tidak seharusnya.

3. Buatlah Pembukuan yang Rapi


Jangan sekali-kali menjalankan usaha tanpa adanya buku kas keuangan yang jelas dan rapi. Melalui buku kas semua transaksi keuangan yang masuk dan keluar akan tercatat secara jelas. Dengan adanya pembukuan yang rapi tersebut kamu juga lebih mudah melakukan pengecekan dan perhitungan laba.

banner consideration promotion bg blue


Fungsi pembukuan yang lainnya adalah untuk mengetahui apakah ada penyelewengan dalam keuangan perusahaan atau tidak. Pembukuan sangat diperlukan, terutama saat kamu menjalankan usaha bersama orang lain, misalnya berkongsi dengan orang lain ataupun mempekerjakan pegawai.

4. Pelajari dan Pahami Risiko


Sejak awal pahami bahwa setiap usaha mengandung resiko terutama dalam hal finansial. Perhitungan risiko juga harus kamu pahami dengan benar jika akan mengajukan pinjaman modal usaha kepada bank. Tanpa perhitungan risiko kamu bahkan bisa terjebak hutang yang meluluhlantakkan usaha kamu tersebut.

5. Lakukan Kontrol pada Jalur Uang Kas


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap usaha profesional yang ingin sukses harus dilengkapi dengan pembukuan yang jelas dan rapi. Pembukuan tersebut harus diperiksa minimal sebulan sekali agar kamu mengetahui kemajuan ataupun masalah apa yang terjadi pada perusahaan.


Ketika kamu menemukan jalur uang kas yang tidak seharusnya, maka bisa dilakukan antisipasi secara tepat seawal mungkin sehingga tidak merugikan perusahaan. Kontrol uang kas usaha agar selalu berjalan dengan baik dan sebagainya mestinya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Melalui cara mengelola keuangan perusahaan di atas setidaknya kamu bisa melakukan kontrol pada seluruh biaya yang harus dikeluarkan termasuk tujuan dan kepentingannya. Di masa resesi seperti ini, kita memang harus sangat berhati-hati dalam mengelola keuangan perusahaan agar bisa bertahan.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.