Inilah Makanan Mengandung Magnesium yang Baik Buat Kesehatan Tubuh Kita

01 Sep 2020 @ 14:39:43
Magnesium termasuk salah satu zat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tergolong ke dalam jenis mineral, magnesium diperlukan untuk mentransmisi impuls saraf, mengatur suhu tubuh, memproduksi energi, dan juga menguatkan struktur tulang dan gigi. Agar kebutuhan magnesium tubuh kita selalu terpenuhi, maka kita harus mengkonsumsi berbagai makanan mengandung magnesium. Apa saja makanan sumber magnesium itu? Yuk simak ulasan berikut.

1. Cokelat Hitam


Sumber makanan magnesium yang pertama adalah coklat hitam. Kandungan magnesium dari satu batang coklat hitam seberat 1 ons (28 gram) sekitar 65 mg. Selain itu, coklat hitam juga kaya akan antioksidan, zat besi, dan serat prebiotik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

2. Pisang



Makanan dengan kandungan magnesium selanjutnya adalah pisang. Buah kesukaan banyak orang yang sering dijadikan hidangan penutup ini mengandung sekitar 35 mg magnesium. Namun, jangan sampai buah pisang dijadikan jus. Hal ini karena proses penghalusan pisang menjadi jus akan berpotensi menghilangkan sebagian nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

3. Alpukat



Dari satu buah alpukat berukuran sedang memiliki kandungan magnesium sekitar 50 mg. Alpukat juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, seperti kalium, lemak sehat, vitamin K, dan vitamin B yang dapat mencegah anemia. Sama halnya dengan pisang dan buah-buahan yang lain, alpukat juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam bentuk jus, karena akan menyebabkan beberapa nutrisi hilang.

4. Kacang-kacangan



Makanan kacang-kacangan, seperti kacang almond dan kacang mete mengandung magnesium yang tinggi. Pada 1 ons kacang tersebut, mengandung sekitar 80 mg magnesium. Selain itu, kacang-kacangan tersebut juga mengandung serat dan lemak baik yang membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Gandum Utuh



Kalau kamu gemar mengkonsumsi sereal gandum utuh untuk sarapan, maka magnesium tubuh kamu sudah terpenuhi. Hal ini karena, terdapat sekitar 65 mg magnesium di setiap ons gandum utuh. Gandum utuh juga memiliki banyak selenium, vitamin B, dan serat yang baik untuk tubuh.

6. Sayuran Hijau


Sayuran hijau termasuk salah satu makanan mengandung magnesium. Jenis sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, kaya akan magnesium yang baik untuk kesehatan kamu. Pada setengah mangkuk bayam, mengandung sekitar 80 mg magnesium. Sedangkan dalam setengah mangkuk brokoli terdapat kurang lebih 12 mg magnesium.

7. Tahu dan Tempe



Kacang kedelai yang telah diolah menjadi makanan tempe, tahu, dan susu kedelai ini juga mengandung magnesium tinggi. Terdapat kurang lebih 60 mg magnesium dalam 100 gram tahu, tempe, dan segelas susu kacang kedelai. Tidak hanya itu, kedelai dan makanan olahan yang lainnya juga kaya akan kalsium, zat besi, dan selenium yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Ikan



Makanan mengandung magnesium terakhir adalah ikan. Banyak ikan yang mengandung magnesium, seperti ikan salmon. Pada tiga ons ikan salmon mengandung sekitar 25 mg magnesium. Ikan salmon juga mengandung banyak omega-3, vitamin B, protein, dan kalium yang bisa menurunkan risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung. Jika kurang menyukai ikan salmon, kamu bisa menggantinya dengan ikan tenggiri.

Pastikan ikan yang akan kamu konsumsi telah dimasak hingga benar-benar matang, sebab ikan mentah dan setengah matang mungkin masih mengandung kuman bahkan parasit yang bisa menyebabkan infeksi.

Itulah makanan mengandung magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengetahui informasi ini kamu bisa memenuhi kebutuhan magnesium tubuh kamu dengan konsumsi makanan di atas ya!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020