Inilah Makanan Mengandung Magnesium yang Baik Buat Kesehatan Tubuh Kita

Magnesium termasuk salah satu zat yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tergolong ke dalam jenis mineral, magnesium diperlukan untuk mentransmisi impuls saraf, mengatur suhu tubuh, memproduksi energi, dan juga menguatkan struktur tulang dan gigi. Agar kebutuhan magnesium tubuh kita selalu terpenuhi, maka kita harus mengkonsumsi berbagai makanan mengandung magnesium. Apa saja makanan sumber magnesium itu? Yuk simak ulasan berikut.

banner consideration shipping bg blue

1. Cokelat Hitam

Sumber makanan magnesium yang pertama adalah coklat hitam. Kandungan magnesium dari satu batang coklat hitam seberat 1 ons (28 gram) sekitar 65 mg. Selain itu, coklat hitam juga kaya akan antioksidan, zat besi, dan serat prebiotik yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.

2. Pisang

Makanan dengan kandungan magnesium selanjutnya adalah pisang. Buah kesukaan banyak orang yang sering dijadikan hidangan penutup ini mengandung sekitar 35 mg magnesium. Namun, jangan sampai buah pisang dijadikan jus. Hal ini karena proses penghalusan pisang menjadi jus akan berpotensi menghilangkan sebagian nutrisi penting yang terkandung di dalamnya.

3. Alpukat

Dari satu buah alpukat berukuran sedang memiliki kandungan magnesium sekitar 50 mg. Alpukat juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, seperti kalium, lemak sehat, vitamin K, dan vitamin B yang dapat mencegah anemia. Sama halnya dengan pisang dan buah-buahan yang lain, alpukat juga sebaiknya tidak dikonsumsi dalam bentuk jus, karena akan menyebabkan beberapa nutrisi hilang.

4. Kacang-kacangan

Makanan kacang-kacangan, seperti kacang almond dan kacang mete mengandung magnesium yang tinggi. Pada 1 ons kacang tersebut, mengandung sekitar 80 mg magnesium. Selain itu, kacang-kacangan tersebut juga mengandung serat dan lemak baik yang membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga kadar gula darah tetap stabil.

banner consideration promotion bg blue

5. Gandum Utuh

Kalau kamu gemar mengkonsumsi sereal gandum utuh untuk sarapan, maka magnesium tubuh kamu sudah terpenuhi. Hal ini karena, terdapat sekitar 65 mg magnesium di setiap ons gandum utuh. Gandum utuh juga memiliki banyak selenium, vitamin B, dan serat yang baik untuk tubuh.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk salah satu makanan mengandung magnesium. Jenis sayuran hijau, seperti bayam dan brokoli, kaya akan magnesium yang baik untuk kesehatan kamu. Pada setengah mangkuk bayam, mengandung sekitar 80 mg magnesium. Sedangkan dalam setengah mangkuk brokoli terdapat kurang lebih 12 mg magnesium.

7. Tahu dan Tempe

Kacang kedelai yang telah diolah menjadi makanan tempe, tahu, dan susu kedelai ini juga mengandung magnesium tinggi. Terdapat kurang lebih 60 mg magnesium dalam 100 gram tahu, tempe, dan segelas susu kacang kedelai. Tidak hanya itu, kedelai dan makanan olahan yang lainnya juga kaya akan kalsium, zat besi, dan selenium yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Ikan

Makanan mengandung magnesium terakhir adalah ikan. Banyak ikan yang mengandung magnesium, seperti ikan salmon. Pada tiga ons ikan salmon mengandung sekitar 25 mg magnesium. Ikan salmon juga mengandung banyak omega-3, vitamin B, protein, dan kalium yang bisa menurunkan risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung. Jika kurang menyukai ikan salmon, kamu bisa menggantinya dengan ikan tenggiri.
Pastikan ikan yang akan kamu konsumsi telah dimasak hingga benar-benar matang, sebab ikan mentah dan setengah matang mungkin masih mengandung kuman bahkan parasit yang bisa menyebabkan infeksi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah makanan mengandung magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengetahui informasi ini kamu bisa memenuhi kebutuhan magnesium tubuh kamu dengan konsumsi makanan di atas ya!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami