Inilah Makanan & Minuman Terbaik Penurun Kolesterol

18 Mei 2017 @ 11:49:34
Inilah Makanan & Minuman Terbaik Penurun Kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah merupakan sesuatu yang perlu Anda perhatikan. Kadar kolesterol yang seimbang akan memastikan bahwa tubuh Anda berada dalam kondisi fit dan prima. Sebaliknya, kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu beberapa resiko penyakit berbahaya seperti jantung koroner dan stroke.

Untuk menjaga kolesterol dalam darah, lakukan 2 langkah pencegahan ini. Pertama, hitunglah kadar 3 jenis kolesterol (kolesterol total, kolesterol jahat (LDL), dan kolesterol baik) di dalam tubuh Anda. Langkah kedua, lakukan pencegahan sedini mungkin dengan mengonsumsi makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. 

Lalu, makanan apa yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah?

1. Oatmeal Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 5.3%

Untuk menjaga dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Anda bisa mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan sehat Anda. Penelitian mengatakan bahwa asupan oatmeal secara rutin mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekitar 5.3% dalam 6 minggu. Beta-Glutan dalam oatmeal dapat menyerap kolesterol jahat (LDL) dalam darah. 

2. Anggur Merah (Red Wine) Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 6%

Tak hanya nikmat, anggur merah juga dikenal sebagai minuman yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sebuah studi yang dilakukan oleh Department of Metabolism and Nutrition at Universidad Complutense de Madrid di Spanyol mengungkapkan bahwa anggur merah bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda hingga 6%. Anggur merah mengandung antioksidan yang baik untuk melawan kadar kolesterol LDL dalam darah.

3. Kacang-Kacangan Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 9.3%

Dibalik kerenyahannya, kacang-kacangan seperti kenari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda hingga 9.3% menurut American Journal of Clinical Nutrition. Hal ini dikarenakan kacang-kacangan seperti kenari kaya akan asam lemak omega 3 yang mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh. Hasil ini juga terjadi pada jenis kacang lain seperti kacang mede maupun kacang almond.

4. Teh Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat Hingga 10%

Teh bisa menjadi minuman nikmat yang bisa membantu melawan kolesterol jahat berlebih dalam tubuh Anda. Antioksidan yang terdapat dalam teh mampu membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda hingga 10% menurut USDA (US Department of Agriculture). Jenis teh terbaik yang bisa anda gunakan untuk menurunkan kolesterol jahat adalah jenis teh hitam. 

5. Cokelat Baik Untuk Menaikkan Kolesterol Baik Hingga 24%

Tak hanya nikmat, cokelat diketahui baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik hingga 24% dalam 12 minggu seperti penelitian yang dilakukan oleh AJCN pada 2007. Cokelat mengandung Plant Stenol (PS) dan Cocoa Flavanols (CF) yang berefek pada meningkatnya kolesterol baik dalam tubuh Anda. Jadi, mulailah mengonsumsi cokelat dari sekarang!  

6. Minyak Zaitun Cocok Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Minyak zaitun juga dikenal sebagai bahan masak yang baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Minyak zaitun mengandung asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids) yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Anda bisa mulai mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan sehat di atas atau makanan lainnya. Kebiasaan konsumsi makanan sehat ini tentunya harus diimbangi dengan gaya hidup sehat yang jauh dari kolesterol jahat. Mulailah jaga kesehatan Anda dengan mengonsumsi makanan yang menurunkan kolesterol Anda bersama lemonilo!


Ditulis oleh:

Artikel Terkait

Cara Tepat Ngemil Cokelat
Cokelat merupakan makanan favorit sebagian besar orang. Rasanya yang legit mampu memanjakan lidah dan memberikan rasa ba..
Nadia Gunawan
14 Desember 2017
Come and Say Hello to Our Lemonilo Crush Trio: Nino, Ilman, and Lale!
Di tengah banyaknya produk dan budaya makan yang tak sehat di masyarakat, Lemonilo, sebagai salah satu start up healthy ..
OT Handoko
30 November 2017
Apa Sih Manfaat Tidur Cukup Untuk Kecantikanmu?
Tidur cukup merupakan satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi perkembangan tubuh Anda. Fungsi tidur yang paling ..
OT Handoko
29 November 2017