Inilah Manfaat Bawang Merah, Salah Satunya Jaga Gula Darah

Tak hanya berperan sebagai bumbu dapur, ternyata manfaat bawang merah sangat berguna untuk kesehatan. Salah satu famili rempah-rempah ini mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh dan mengandung banyak sekali senyawa-senyawa yang baik untuk proses metabolisme tubuh, seperti kalori, makronutrien, serta vitamin dan mineral. Bahkan bumbu dapur ini juga memiliki indeks glikemik rendah. Berikut beberapa manfaatnya bagi dunia kesehatan:

banner consideration shipping bg blue

1. Mencegah Penyakit Kanker

Bumbu ini mengandung unsur kimia aktif bernama quercetin. Zat ini merupakan salah satu bagian dari senyawa antioksidan dan memiliki peran dalam menangkal radikal bebas. Molekul yang kehilangan elektron akibat pemecahan homolitik tersebut mampu menjadi penyebab tumbuhnya sel kanker.
Dalam hal ini quercetin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan berbagai kanker, seperti pada usus, hati, prostat dan sebagainya dengan cara memerangi akar masalahnya, yaitu radikal bebas. Selain itu, kandungan senyawa antioksidan flavonoid serta sulfur di dalamnya mampu mencegah tumbuhnya tumor.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Jika kadar dalam tubuh mencapai 200 ml/dL, bisa dipastikan tubuh mengalami hiperglikemia atau kelebihan gula darah. Hal ini dapat menyebabkan munculnya diabetes yang juga bisa memicu berbagai penyakit kronis dan degeneratif (penurunan fungsi organ).
Sebuah penelitian oleh Environmental Health Insight menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang merah mentah terbukti mampu menjaga kadar gula darah. Di dalam bumbu dapur tersebut mengandung senyawa aktif quercetin dan sulfur yang bersifat sebagai antidiabetes.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol secara alami telah berada dalam tubuh dan mempunyai fungsi baik dalam menjalankan berbagai fungsi. Namun, kebaikannya dapat berubah menjadi jahat apabila terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berminyak. Alhasil mampu menyebabkan berbagai penyakit lain, seperti jantung.

banner consideration promotion bg blue

Dengan mengkonsumsi bumbu dapur ini, lemak jahat dalam tubuh dapat diturunkan kadarnya. Hal ini disebabkan oleh berbagai senyawa antioksidan seperti quercetin dan zat bioaktif lain. Selain itu, bisa dikombinasikan bersama makanan sehat agar kolesterol bisa turun dan kesehatan tetap terjaga.

4. Mempertahankan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung dapat ditimbulkan oleh adanya sumbatan pada pembuluh koroner sehingga peredarannya tidak bisa berjalan dengan maksimal. Adanya penyumbatan ini disebabkan karena timbulnya kolesterol atau lemak jahat dalam darah yang dapat mengganggu kinerja dari organ tersebut.
Di dalam bawang berwarna merah ini terkandung senyawa bernama allicin yang mampu memicu produksi enzim reduktase pada hati. Biomolekul berupa protein ini juga dapat membantu pengontrolan produksi kolesterol. Oleh karena lemak jahat tersebut bisa dikontrol, maka jantung tetap terjaga kesehatannya.

5. Mengobati Insomnia dan Memperbaiki Suasana Hati

Insomnia memang menjadi momok bagi sebagian besar orang, baik remaja maupun dewasa. Pasalnya, penyakit susah tidur ini selain menurunkan nafsu untuk beraktivitas juga dapat mempengaruhi suasana hati atau mood sehingga segala pekerjaan tidak bisa dikerjakan secara maksimal.
Kedua masalah tersebut disebabkan oleh hal yang sama, yaitu adanya stres dan depresi. Gangguan terhadap kejiwaan ini timbul karena adanya akumulasi homosistein sehingga dapat mengganggu terproduksinya hormon dopamine. Mengkonsumsi salah satu jenis bawang ini mampu meredakan penumpukan tersebut.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa ulasan mengenai manfaat bawang merah terhadap kesehatan tubuh manusia. Ternyata bumbu dapur satu ini memiliki keunggulan serta kandungan senyawa baik untuk menjaga kestabilan berbagai fungsi organ. Pastikan mengkonsumsinya agar terhindar dari segala penyakit.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami