Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

Inilah Manfaat Buah Ceri yang Jarang Diketahui Sebelumnya

Rizki Indra
Rizki Indra
09 May 2021
Clock Icon
3 menit
Banyak manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh.

Banyak orang yang belum mengetahui manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh. Buah yang seringkali tumbuh di pekarangan rumah bahkan di tepi jalan ini meski mudah dijumpai, terkadang buah ceri kerap diabaikan dan dianggap tidak memiliki nilai. Padahal, ada banyak manfaat dari buah ceri bagi kesehatan tubuh.

banner consideration shipping bg blue

Hal ini karena segudang kandungan nutrisi seperti vitamin, antioksidan, bahkan antibiotik alami yang terkandung di dalamnya yang baik untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:

1. Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Stabil


Orang dengan berat badan berlebih seringkali memiliki kadar kolesterol tinggi. Supaya kadar kolesterolnya tetap stabil, dalam memilih makanan harus diperhatikan. Salah satunya dengan menambahkan buah ceri sebagai bagian dari diet sehat untuk mengendalikan berat badan kamu. Manfaat buah ceri ini didapatkan dari senyawa antosianin yang menurunkan trigliserida di hati. Menurunnya kadar lemak darah tersebut dapat melindungi kamu dari penyakit jantung.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Tekanan darah tinggi sering terjadi akibat dari gaya hidup yang tidak sehat, seperti makanan tinggi garam, tinggi lemak, dan merokok. Untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi ini, kamu bisa memanfaatkan kandungan nitric oxide yang ada dalam buah ceri. Kandungan ini dapat melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah kamu.

3. Mencegah Kambuhnya Radang Sendi dan Asam Urat


Radang sendi atau arthritis dan penyakit asam urat adalah kondisi yang sering terjadi dan membuat seseorang terhambat untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena gejala yang mengganggu. Orang dengan kondisi ini perlu menjaga pola hidupnya agar gejalanya tidak sering kambuh. Salah satunya dengan memperhatikan pilihan makanan yang sehat.

banner consideration promotion bg blue

Nah, buah ceri ternyata memiliki manfaat yang dibutuhkan bagi orang dengan asam urat dan radang sendi. Konsumsi buah ceri segar secara rutin bisa mencegah kambuhnya gejala radang sendi tersebut dan dapat mengembalikan konsentrasi asam urat plasma ke tingkat normal.

4. Mengurangi Stres Oksidatif


Stres oksidatif adalah pertanda dari tingkat radikal bebas lebih tinggi dibandingkan pertahanan tubuh. Kondisi ini membuat kerusakan sel-sel dalam tubuh. Biasanya stres oksidatif terjadi akibat tubuh terpapar radikal bebas, seperti molekul pada polusi udara, asap rokok tembakau, asap rokok elektrik atau vape. Untungnya, stres oksidatif ini bisa kamu atasi dengan konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah ceri.

Manfaat antioksidan pada ceri manis maupun ceri asam dapat membantu mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif, membantu menurunkan tekanan darah, dan membantu menjaga kesehatan jantung.

5. Menjaga Kesehatan Mental


Kandungan antosianin dan antioksidan, seperti polifenol pada buah ceri ternyata bermanfaat untuk kesehatan mental kamu. Nutrisi ini dapat melindungi sel-sel otak kamu dari kerusakan oksidatif dan meningkatkan fungsi otak dalam memori.

Selain itu, konsumsi buah ceri secara rutin juga dapat memperbaiki kualitas tidur, yang mana berkaitan erat dengan kesehatan mental. Ketika kamu kurang tidur, biasanya memiliki suasana hati yang buruk di keesokan harinya. Pada jangka panjang, kurang tidur bisa menyebabkan kamu mudah stres dan berisiko terkena gangguan mental.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat buah ceri untuk kesehatan tubuh yang jarang diketahui. Setelah membaca informasi ini, diharapkan kamu bisa mengkonsumsi ceri sebagai bagian dari buah yang bermanfaat untuk tubuh kamu ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.