Inilah Manfaat Minyak Kelapa Murni Untuk Kesehatan & Kecantikan

16 Mei 2020 @ 19:41:42
Salah satu jenis minyak yang sering dikonsumsi adalah minyak kelapa. Minyak kelapa banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menggoreng makanan. Selain untuk masakan, minyak kelapa juga diyakini dapat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan secara menyeluruh. Yuk, simak inilah manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan &  kecantikan berikut ini! 

1. Menjaga Kesehatan Jantung 



Manfaat dari minyak kelapa murni yang pertama adalah mampu membuat kesehatan jantung tetap terjaga. Minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang bertugas aktif menghentikan beragam masalah jantung seperti, kadar kolesterol tinggi dan hipertensi. Asupan minyak kelapa murni sudah teruji bisa membantu untuk menjaga profil lipid yang baik terhadap perempuan sebelum menopause. 

Namun, konsumsi asupan ini juga perlu diperhatikan terlebih dahulu. Apabila kadar kolesterol mengalami peningkatan, maka sebaiknya hentikan konsumsi dan konsultasikan ke dokter. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum ingin konsumsi minyak kelapa murni. 

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh 



Manfaat dari minyak kelapa murni selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena ia mengandung lipid antimikroba, asam laurat, asam kaprat, dan asam kaprilat, yang mempunyai sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus. 

Di dalam tubuh manusia, asam laurat akan diubah menjadi monolaurin yang bertugas melawan berbagai virus dan bakteri pemicu penyakit seperti, influenza, herpes, cytomegalovirus, sampai HIV. Selain itu, minyak kelapa murni juga mampu melawan bakteri berbahaya seperti, Listeria monocytogenes dan Helicobacter pylori, serta protozoa berbahaya seperti, Giardia lamblia. 

3. Mengobati Penyakit Alzheimer



Manfaat dari minyak kelapa murni berikutnya ialah mampu penyakit Alzheimer. Hal ini sudah teruji oleh riset kalau minyak kelapa murni dapat menambah kemampuan kognitif pada penderita Alzheimer. Kandungan MCT atau Medium Chain Triglycerides di dalamnya menjadi sumber keton yang sangat bagus bisa meningkatkan memori. Meskipun hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

4. Membantu Program Diet 



Manfaat minyak kelapa juga dapat membantu program penurunan berat badan alias diet. Jenis minyak kelapa dingin yang tidak dimurnikan untuk rambut, kulit, dan memasak, mempunyai asam lemak rantai pendek dan menengah yang mampu membantu untuk menurunkan berat badan. Minyak kelapa sudah teruji kalau ia mampu menurunkan bobot berlebih pada perut wanita. 

Minyak kelapa lebih gampang dicerna daripada minyak nabati lainnya dan membantu dalam fungsi yang sehat dari sistem tiroid dan endokrin. Bukan hanya itu, ia juga dapat menambah laju metabolisme tubuh dengan mengusir stres pada pankreas. Sehingga hal tersebut dapat membakar energi lebih banyak dan membantu seseorang mengurangi berat badan berlebih. 

5. Membuat Rambut Lebih Panjang dan Berkilau 



Manfaat minyak kelapa murni dapat membuat rambut lebih panjang dan berkilau dari sebelumnya. Ia hampir mirip seperti mentega yang dapat membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Manfaat lainnya, ia juga mampu meminimalisir kehilangan protein yang tidak baik untuk kesehatan dan kualitas rambut. Minyak kelapa murni memiliki berat molekul rendah, sehingga ia mampu menembus batang rambut dan menghentikan kerusakan pada rambut. 

6. Membuat Kulit Lebih Lembab 



Manfaat minyak kelapa murni dapat dipakai untuk melembabkan kulit area kaki, tangan, dan siku. Minyak kelapa juga bagus dipakai untuk melembabkan wajah bagi seseorang yang mempunyai jenis kulit kering. Manfaat lainnya adalah mampu membantu mengobati tumit yang pecah-pecah. Cara memakainya sangat mudah yakni cukup oleskan minyak kelapa ke tumit sebelum tidur, kemudian pakai kaus kaki. Lakukan cara ini sampai tumit halus kembali. 

7. Menjaga Rongga Mulut Menjadi Bersih 


Minyak kelapa murni juga bisa membantu membersihkan rongga mulut. Caranya adalah dengan berkumur memakai minyak kelapa murni. Metode ini juga dinilai sangat bermanfaat untuk membantu melindungi gigi dari bakteri pemicu gigi berlubang, mengobati gejala radang gusi, dan menjaga bakteri di dalam rongga mulut tetap stabil. 

Nah, itulah ulasan tentang berbagai manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan. Dengan menggunakan minyak kelapa murni ini, semoga dapat membuat kulit kita lebih cantik dan badan lebih sehat ya Lemonizen! 


Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020