Inilah Minyak Canola Yang Sehatkan Jantung, Apa Saja Manfaatnya?

Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan melalui banyak cara. Mulai dari mengkonsumsi vitamin hingga berolahraga rutin bisa membantu kamu untuk menjaga kesehatan. Namun menurut para ahli, menjaga pola makan merupakan cara paling jitu untuk menjaga kesehatan. Penggunaan bahan makanan seperti sayuran, minyak canola, dan bahan bergizi tinggi lainnya dinilai mampu memberikan kesehatan yang diinginkan.
Di Indonesia, salah satu jenis makanan yang sering menyebabkan turunnya kondisi kesehatan adalah makanan yang mengandung minyak atau makanan yang digoreng. Sayangnya makanan ini bisa menimbulkan risiko penyakit jika dikonsumsi berlebihan. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu harus memilih bahan baku makanan yang sehat sehingga kamu tetap bisa mengkonsumsi makanan tersebut.

banner consideration shipping bg blue

Untuk meminimalisir efek samping makanan berminyak, kamu mengganti minyak yang digunakan dengan minyak yang lebih sehat. Salah satu jenis minyak yang banyak direkomendasikan oleh para ahli adalah kanola. Canola oil merupakan minyak nabati yang berasal dari biji tanaman brassica napus dengan Kanada sebagai negara produsen utama dari minyak ini. Ini dia beberapa manfaat minyak canola untuk kesehatan: 

1. Menyehatkan Jantung

Minyak kanola dikenal sebagai salah satu asupan makanan yang baik bagi kesehatan jantung. Minyak kanola memiliki kadar lemak jenuh yang sangat rendah sehingga kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah semakin menurun dan kadar kolesterol baik (HDL) semakin meningkat.
Jika kadar kolesterol jahat kamu lebih rendah dari kadar kolesterol baik yang kamu miliki, maka kondisi ini akan membuat jantung kamu lebih sehat karena tidak ada penumpukan lemak jahat pada darah sehingga kadar kolesterol jahat menurun. Selain itu, kandungan omega-3 pada canola oil juga bisa meningkatkan HDL dalam darah sehingga kondisi kesehatan jantung tetap terjaga dan risiko penyakit jantung bisa dihindari.

2. Mempertahankan Kondisi Sel Tubuh

Manfaat lain yang dimiliki minyak ini adalah terjaganya kondisi sel tubuh dari kerusakan. Minyak ini mengandung vitamin e yang memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam sel bisa membantu mempertahankan kondisi sel dan menghindari kerusakan akibat radikal bebas.
Selain untuk mempertahankan kondisi sel tubuh, kandungan lemak tak jenuh dalam minyak canola juga bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga risiko penyakit kronis akan lebih berkurang.

banner consideration promotion bg blue

3. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Minyak yang dicampurkan dalam bahan makanan memiliki kadar lemak jenuh dan lemak tak jenuh yang menentukan apakah minyak tersebut sehat atau tidak. Semakin tinggi kadar lemak jenuh, semakin berbahaya minyak tersebut terhadap kesehatan. Minyak kanola mengandung lemak jenuh yang lebih rendah dari lemak tak jenuh sehingga minyak ini tergolong minyak yang sehat.
Tingginya lemak tak jenuh pada minyak kanola juga bisa membantu menjaga kadar gula dalam darah sehingga risiko terkena diabetes lebih kecil. Jika dikonsumsi secara teratur, minyak kanola juga bisa meningkatkan kadar insulin dalam tubuh sehingga penderita gula darah tinggi bisa menghindari risiko diabetes secara perlahan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari canola oil. Untuk merasakan manfaat tersebut, kamu harus menggunakan canola oil ini dengan benar. Meski memiliki nutrisi yang baik, namun kandungan nutrisi tersebut akan rusak jika minyak digunakan dalam suhu lebih dari 200 derajat celcius.
Kesalahan penggunaan yang kamu lakukan dalam proses pengolahan makanan dan minyak canola justru bisa membuat makanan sehat kamu menjadi makanan yang membahayakan jiwa. Jadi, selalu berhati-hati dalam mengolah dan mengkonsumsi makanan ya, agar kamu bisa menyelamatkan jiwa kamu dan keluarga!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami