Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Resep

Inilah Rahasia Cara Memasak Cumi Agar Empuk dan Tidak Alot

Rizki Indra
Rizki Indra
03 Jul 2020
Clock Icon
4 menit
cara memasak cumi
Memasak cumi memang gampang-gampang susah. Cumi adalah salah satu bahan makanan yang sensitif, karena itu dibutuhkan pengolahan yang tepat agar hasilnya sempurna. Cumi memiliki tekstur sangat kenyal, sehingga dibutuhkan cara memasak cumi yang tepat agar bisa disantap dengan nikmat. Jika diolah terlalu matang, cumi akan alot. Namun, jika dimasak terlalu sebentar, aroma amisnya bakal sangat terasa. Nah, inilah cara memasak yang bisa diterapkan: 
banner consideration shipping bg blue

1. Perhatikan Kualitas Cumi



Makanan laut (seafood) yang baik tentunya berasal dari bahan berkualitas baik, tak terkecuali untuk cumi. Sebelum membeli cumi, perhatikan tampilan dan aroma cumi dengan cara menekannya perlahan. Cumi berkualitas baik memiliki tekstur yang kenyal dan tidak licin atau berlendir saat dipegang. Selain itu, aroma garamnya juga masih kuat serta tidak mengeluarkan bau busuk yang pekat.

2. Cuci di Air Mengalir



Cumi yang dijual di pasar tradisional tentu tidak terjamin kebersihannya. Oleh karena itu, sebaiknya segera cuci cumi di bawah air mengalir sambil digosok seluruh permukaan dagingnya secara perlahan.

Lakukan cara ini beberapa kali hingga warna air cucian cumi tidak terlihat keruh, lalu tiriskan. Selain dapat menghilangkan kotoran yang masih menempel, proses ini juga berfungsi untuk mengurangi bau cumi yang cukup tajam.

3. Rendam dengan Air Bersih



Pasti kamu sudah tahu bahwa rasa asin dari olahan cumi in kuat sekali. Salah satu cara untuk menguranginya yaitu dengan merendam cumi asin di dalam air hangat.
Merendam cumi jangan terlalu lama, cukup 20 sampai 30 menit saja agar cita rasa asinnya tidak benar-benar hilang. Proses perendaman ini juga dapat membuat tekstur daging cumi menjadi lebih lembut dan tidak alot saat dimakan nanti.
banner consideration promotion bg blue

4. Jangan Tambah Garam



Sesuai dengan namanya, cumi asin dibuat dengan cara mengawetkan cumi-cumi dengan garam dalam jumlah banyak sehingga rasanya sangat asin. Untuk itu saat memasak cumi asin, sebaiknya tidak perlu lagi menambahkan garam. Hal ini bukannya bertambah enak, tambahan garam malah akan membuat cita rasa semakin asin dan kurang sedap.

5. Perhatikan Penyimpanan Cumi 



Cumi termasuk bahan makanan yang mudah busuk jika terlalu lama disimpan. Oleh sebab itu, jika setelah membersihkan cumi dan tidak segera dimasak, sebaiknya simpan di dalam freezer begitu selesai mencucinya. Simpan cumi di dalam wadah yang benar-benar kedap akan udara. Cumi maksimal hanya bisa disimpan 2 hari saja.

6. Jangan Dimasak Terlalu Lama



Agar tekstur dari cumi tetap empuk, sebaiknya jangan terlalu lama memasak cumi karena akan membuat dagingnya malah alot. Cukup masak cumi menggunakan api sedang hingga semua bumbu tercampur dan sajikan dalam keadaan hangat. Tidak perlu khawatir cumi menjadi kurang matang, sebab cumi sebenarnya adalah olahan cumi-cumi yang sudah matang sehingga tidak perlu dimasak dalam waktu cukup lama.

7. Cara Memasak Cumi yang Tepat



Cara memasak cumi bermacam-macam. Biasanya cara memasaknya berkaitan dengan bagaimana cara mengiris cumi. Beda cara memasak, harus juga irisannya. Berikut ini jenis-jenis irisan cumi dan cara memasaknya.

Cumi Bentuk Cincin
Cumi bentuk cincin dihasilkan dengan mengiris tubuh cumi bagian luar. Cumi bentuk cincin bisa diolah menjadi cumi masak mentega, isian sup kental, dan cumi goreng. 
Cumi Utuh Dikerat 
Cumi utuh dikerat khusus untuk masak dengan dibakar. Untuk membuat cumi panggang ini cukup kerat memanjang kulit cumi agar bumbu lebih mudah meresap. Teknik mengerat kulit cumi bisa digunakan untuk masakan lain yang menggunakan cumi utuh juga.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Demikian rahasia cara memasak cumi yang bisa kamu coba agar hasil masakanmu empuk dan tidak alot. Dengan mengetahui tips ini, maka olahan cumi yang kamu buat bisa menjadi lezat dan sempurna. Selamat mencoba! 

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.